Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara jitu mengatasi Diare

6 Cara jitu mengatasi Diare
Foto oleh Sora Shimazaki: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-menderita-sakit-perut-5938368/


6 Cara jitu mengatasi Diare

Diare – ini adalah salah satu gangguan yang terjadi di bagian pencernaan yang sangat menggangu. Diare akan membuat tubuh kita menjadi tidak nyaman, karena kita diharuskan untuk bolak balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Aktivitas harian kita pun akan terganggu, hal ini tentu akan menggangu produkitvitas kita di tempat kerja.

Cara Jitu mengatasi diare dengan cepat

Para penderita diare akan mengalami buang air besar yang berkali – kali, bahkan pada beberapa kasus di sertai dengan muntah – muntah dan tubuh juga akan terasa lemas. Hal ini akan menyebabkan si penderita mengalami dehidrasi, sehingga harus cepat ditangani agar diare ini bisa mereda.

Di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum beberapa cara mengatasi diare  dengan cepat antara lain

  • Dengan mengkonsumsi probiotik

Ketika kita tengah mengalami diare, dunia guru 87 sangat menyarankan agar kita bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Beberapa makanan yang memiliki probiotik tinggi antara lain seperti tempe dan juga yoghurt

Probiotik ini akan menyeimbangkan bakteri baik yang ada di dalam usus. Hal ini tentu akan membuat usus kita kembali sehat. Selain itu fungsi lain dari probiotik adalah menghindarkan usus kita dari infeksi yang mungkin saja berbahaya bagi tubuh

  • Suplemen yang terdapat zink

Jika diare yang kita alami termasuk di dalam kategori akut, alangkah baiknya kita mengkonsumsi suplemen yang terdapat zink didalamnya, hal inni bertujuan untuk membantu meredakan kondisi dari epitel yang ada di dalam usus. 

Selain itu suplemen ini juga akan membantu tubuh kita untuk menyerap natrium dan juga membantu tubuh kita untuk tidak membuang mineral klorida. Tujuannya adalah agar usus yang ada di dalam tubuh kita bisa lebih baik lagi di dalam menyerap air. Hal ini tentu akan bisa mengatasi dehidrasi dan juga diare yang kita alami

  • Tidak mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam

Tak dapat kita pungkiri bahwa makanan yang pedas atau asam sangat menggugah selera makan bagi sebagian orang. Tapi alangkah baiknya kita bisa menghindari jenis makanan ini ketika kita mengalami diare, karena makanan ini akan membuat diare menjadi lebih parah lagi.

Selain itu dunia guru 87 sangat mengharapkan kita agar jangan dulu utnuk mengkonsumsi makanan yang menggunakan pemanis buatan dan juga makanan yang berminyak karena mampu untuk memperburuk diare yang kita alami.

  • Mengkonsumsi buah buahan yang memiliki kandungan pektin

Buah buah yang memiliki kandungan pektin antara lain apel dan juga pir. Buah jenis ini akan membantu penyerapan air. Hal ini akan membantu mengatasi kotoran – kotoran yang berbentuk cairan. Dan tentu akan dapat untuk mengatasi diare.

  • Minum Air Putih

Ketika diare melanda, tubuh kita akan kehilangan cairan dalam jumlah yang sangat banyak. Kondisi ini akan mengakibatkan tubuh kita mengalami dehidrasi dan akan fungsi dari organ tubuh tidak akan bisa berjalan dengan normal. Karena inilah sangat disarankan untuk bisa mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak agar kita bisa mengatasi kekurangan cairan.

  • Mengkonsumsi obat diare

Jika diare yang kita alami cukup menggangu, tidak ada salahnya kita bisa mengkonsumsi obat diare. Selain oabt diare, kita juga bisa mengkonsumsi oralit agar kita bisa mengatasi masalah pencernaan ini dengan cepat.

Demikianlah pembahasan artikel tntang 6 cara jitu mengatasi diare, semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam mengatasi diare yang tengah melanda.