Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menurunkan berat badan dengan cepat ala dunia guru 87

Cara menurunkan berat badan dengan cepat ala dunia guru 87

Menurunkan berat badan – kita pasti sering mendengar kata langsing  atau singset, yang biasanya tergambar dari dua kata ini adalah program diet yang ketat atau mungkin olahraga yang over dosis, atau mungkin juga jenis jenis makanan yang sangat tidak mengundang selera makan.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat ala dunia guru 87
Foto oleh Laura Tancredi dari Pexels

Tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah di tengah jalan ketika tengah berusaha diet. Rasa takut biasanya akan muncul, ketika kita diharuskan untuk mematuhi program olahraga yang telah di tentukan karena dirasakan terlalu berat untuk di lakukan.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

Dibawah ini telah dunia guru rangkum beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat, yang bisa teman - teman terapkan dengan mudah

1. Air Putih

Tips menurunkan berat badan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih.  Kegunaan air putih untuk menjaga kesehatan memang tidak diragukan lagi khasiatnya, termasuk juga dengan menurunkan berat badan.

Dalam beberapa studi menyatakan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi air putih ½ liter sebelum makan, akan berimbas pada berkurangnya nafsu makan sehingga konsumsi kalori bisa lebih di tekan lagi.

2. Rajin Olahraga

Cara kedua yang bisa kita lakukan ketika ingin menurunkan berat badan adalah dengan cara rajin berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang direkomendasikan untuk kita ketikantengah mengikuti program menurunkan berat badan, jenis – jenis olahraga tersebut antara lain joging, bersepeda, angkat beban, dan juga berenang. Dengan rajin berolahraga akan menaikkan metabolisme tubuh kita, hal ini akan menyebabkan meningkatnya kalori yang bisa di bakar

Saran dunia guru adalah pilihlah olahraga yang kalian sukai dan usahakan untuk di lakukan secara continou.  Tapi jangan sampai teman – teman terlalu memaksakan tubuh, karena tidak baik juga bagi kesehatan.

3. Piring berwarna merah

Ilmu psikolog memang sangatlah unik, karena piring yang berwarna merah mampu menekan nafsu makan dibandingkan dengan jenis piring yang berwarna biru dan putih. Kemungkinannya adalah warna merah ini lebih sering di cerna otak sebagai kode untuk berhenti ataupun stop,  dengan secara tidak langsung hal ini akan mendorong kita untuk berhenti makan.

4. Makan dengan teratur

Tips ke empat dalam rangka menurunkan berat badan adalah dengan cara mengatur jam makan kita, hal ini akan membuat kita tidak akan cepat merasa lapar. Sebagai contohnya , apabila kita tidak sempat untuk sarapan akan membuat tubuh kita menjadi lemas ketika beraktivitas, hal ini akan membuat kita cepat merasa lapar dan juga akan membuat kita makan dalam porsi yang lebih banyak pada siang hari sehingga program diet kita menjadi gagal.

Maka dari itu, usahakanlah untuk makan secara teratur setiap harinya mulai dari sarapan pagi, makan siang , dan juga makan malam.

5. Mengkonsumsi Protein

Mengkonsumsi protein yang banyak memiliki efek yang besar pada nafsu makan. Protein yang terdapat pada daging akan mengenyangkan kita, selain itu juga akan mampu menekan rasa lapar dan juga akan membantu kita dalam menekan masuknya kalori.

6. Istirahat yang cukup dan menghindari setres

Istirahat yang cukup dan menghindari setres mempunyai hubungan dengan nafsu makan kita dan juga dengan berat badan.  Hormon ghrelin dan juga hormon leptin yang terdapat dalam tubuh akan kacau apabila tubuh kita kurang istirahat, sehingga nafsu makan kita akan menjadi meningkat.

Selanjutnya adalah hormon cortisol, hormon cortisol ini akan meningkat apabila kita tengah merasa setres. Dengan tidak seimbangnya hormon cortisol ini akan membuat kita merasa lapar dan memuaskan diri dengan makanan – makanan yang tidak sehat.

7. Piring yang kecil

Tips menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah dengan cara menggunakan piring yang kecil ketika makan. Dengan menggunakan piring yang kecil dipercaya mampu mengecoh otak kita, seakan – akan makanan yang telah kita ambil terasa lebih banyak.

Kebalikannya, apabila kita menggunakan piring yang lebih besar akan membuat otak kita beranggapan bahwa makanan yang kita konsumsi masih sedikit, hal ini akan berimbas pada jumlah porsi makanan yang kita konsumsi.

8. Menghindari barang elektronik

Hal ini pasti sering kita lakukan ketika sedang makan, misalnya makan sambil bermain games, sambil menonton tv, atau sambil bermain hp. Tanpa kita sadari hal ini akan membuat kita tidak bisa menikmati makanan yang tengah kita konsumsi, sehingga porsi makanan yang kita konsumsi menjadi lebih banyak daripada biasanya.

9. Mengkonsumsi makanan yang banyak serat

Viscous fiber adalah serat yang mampu mengurangi berat badan manusia, karena sifat dari serat ini yang akan menjadi gel saat menyatu dengan air.

Viscous fiber ini akan membuat lambung kita menjadi penuh sehingga perlu waktu lama untuk di serap oleh tubuh. Hal ini akan membuat kita merasa tidak lapar.

Makanan – makanan yang harus di Hindari

Jenis makanan yang harus di hindari saat mengikuti program menurunkan berat badan antara lain 

1. Es krim
2. Kue
3. Kentang goreng
4. Minuman kemasan
5. Makanan siap saji