Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal tema 2 kelas 3 kurikulum 2013 – dunia guru 87

 Soal tema 2 kelas 3 kurikulum 2013 – dunia guru 87

soal tema 2 – peserta didik kelas 3 akan mengadakan kegiatan penilaian soal tema 2 , apabila mereka telah menyelesaikan pembelajaran tema 2 di kelas. Soal tema 2 ini akan menjadi tolak ukur penilaian peserta didik dalam tema 2 .

Soal tema 2 kelas 3 kurikulum 2013
Foto oleh Max Fischer dari Pexels

keberhasilan kegiatan penilaian soal tema 2 ini sangat ditentukan oleh kegiatan belajar mengajar mereka di dalam kelas. Setelah peserta didik menyelesaikan soal tema 2, peserta didik akan masuk ke kegiatan remidial dan kegiatan pengayaan yang harus kita laksanakan sebagai guru kelas.

Kita sebagai seorang guru pasti tidak menginginkan peserta didik kita mengikuti kegiatan remidial, karena kegiatan remidial ini mengindikasikan peserta didik belum mampu mencapai target yang telah kita tentukan. Peserta didik yang belum mampu mencapai target, akan mengikuti kegiatan remidial agar peserta didik tersebut mampu mencapai target yang telah di tentukan dan bisa mengikuti kegiatan pengayaan dengan teman – temannya.

Kita sangat mengharapkan peserta didik kita bisa mengikuti kegiatan pengayaan, karena jika peserta didik mengikuti kegiatan pengayaan berarti peserta didik telah mampu mencapai target yang telah kita tentukan. Sehingga kita hanya akan mengarahkan dan membimbing peserta didik agar lebih memahami materi tema 2 melalu kegiatan pengayaan.

Agar peserta didik tidak mengikuti kegiatan remidial, kita sebagai seorang  guru harus bisa membimbing dan mengarahkan peserta didik agar mampu menyerap materi tema 2 ini secara maksimal. Maka dari itu kita harus bisa menguasai kelas kita selama pembelajaran berlangsung, agar materi tema 2 ini bisa tersampaikan dengan baik.

Dengan tercapainya target dari soal tema 2 ini, akan secara tidak langsung akan mendongkrak hasil penilaian peserta didik di akhir semester nanti. 

Soal tema 2 kelas 3

Dalam rangka mencapai target soal tema 2, kita harus menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan menjadi patokan kita dalam mengajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran akan tercantum kegiatan kegiatan yang harus kita laksanakan selama pembelajaran berlangsung, hal ini akan memudahkan kita dalam melaksanakan tugas di kelas. 

Untuk membantu bapak ibu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran , saya telah menyediakan rencana pelaksanaan pembelajaran kelas 3 tema 2 dalam blog saya . harapan saya RPP ini bisa membantu bapak ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Selain itu administrasi guru kelas 3 juga telah saya sediakan dalam blog saya www.duniaguru87.com .

Bapak ibu guru kelas 3, selain rencana pelaksanaan pembelajaran yang harus kita miliki sebelum diadakannya kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Kita juga harus mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik – baiknya agar tujuan dari soal tema 2 ini bisa terpenuhi.

Kita bisa menggunakan media pembelajaran untuk memaksimalkan penyampaian suatu materi. Media yang biasa saya gunakan untuk materi menyayangi tumbuhan dan hewan adalah media gambar. Media gambar lebih mampu menarik perhatian peserta didik , karena akan memancing rasa keingin tahuan peserta didik terhadap gambar yang kita tampilkan di dalam kelas.

Usahakan agar media gambar tersebut berwarna karena lebih menarik dan lebih enak di pandang mata. Pada setiap gambar yang saya tampilkan akan saya selingi dengan kegiatan tanya jawab, dengan tujuan untuk memotivasi semangat dan keaktifan setiap peserta didik di kelas.

Selain media gambar, saya juga sering menggunakan media pembelajaran berupa video singkat. Media pembelajaran berupa video ini akan saya kombinasikan dengan media gambar yang telah saya siapkan. Untuk materi menyayangi tumbuhan dan hewan ini, saya akan mencarikan video singkat tentang cara merawat tumbuhan dan hewan. Selain itu juga saya akan mencarikan video tentang tumbuhan dan  hewan - hewan yang tidak terawat.

Soal pat kelas 3 tema 2

Yang saya harapkan dengan penggunaan media pembelajaran di atas, peserta didik akan belajar berpikir kritis dan juga belajar mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka.

Sebelum kita menyiapkan suatu media pembelajaran, kita harus tahu dulu materi tema 2 ini akan membahas tentang apa. Materi tema 2 ini akan membahas tentang menyayangi tumbuhan dan hewan, dan materi ini akan di pecah lagi kedalam beberapa subtema diantaranya manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia ( sub tema 1 ), manfaat hewan bagi kehidupan manusia ( sub tema 2 ), menyayangi tumbuhan ( sub tema 3 ), dan menyayangi hewan ( sub tema 4 ).

Materi ini sangat penting untuk di serap oleh peserta didik, karena materi ini akan menanamkan sikap menyayangi tumbuhan dan hewan yang ada di sekitarnya. Kita harus bisa mengarahkan peserta didik untuk belajar merawat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar mereka, karena fungsi dari hewan dan tumbuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu juga kita harus bisa membimbing peserta didik untuk tidak merusak lingkungan di sekitarnya, karena hal tersebut akan mengganggu keseimbangan ekosistem alam.

Download soal tema 2 kelas 3

Bapak ibu guru kelas 3 bisa mengunduh contoh soal tema 2 di LINK di bawah ini.

Soal tema 2 kelas  3 subtema 1 ( LINK )
Soal tema 2 kelas 3 subtema 2 ( LINK )
Soal tema 2 kelas 3 subtema 3 ( LINK )
Soal tema 2 kelas 3 subtema 4 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal tema 2 kelas 3 kurikulum 2013 yang bisa saya uraikan, semoga saja artikel ini bisa membantu bapak ibu guru kelas 3.