Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Administrasi Guru Kelas 6 K13 Semester 2

 Administrasi Guru Kelas 6 SD

Salam Sejahtera bagi kita semua, bapak ibu guru kelas 6 SD pasti sedang mencari administrasi guru kelas 6 sd, pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk membagikan administrasi guru ini, tujuan saya membagikan administrasi guru kelas 6 ini adalah untuk membantu bapak ibu dalam melengkapi administrasi kelas yang harus bapak ibu guru lengkapi.

Mengingat pentingnya administrasi guru kelas 6 SD ini, saya telah berusaha merangkum semua administrasi yang kiranya di butuhkan oleh guru/ wali kelas 6. semuanya yang saya dapatkan bisa dilihat pada link di bawah, yang sekiranya administrasi tersebut bisa melengkapi keperluan dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

Seperti yang kita tahu bahwa anak anak kita di kelas 6 sekolah dasar, sedang mengalami masa puber awal dan sedang mencari jati diri. Oleh karena itu kita memiliki tanggung jawab yang besar dalam membimbing dan mengarahkan mereka agar dalam pencarian jati diri ini tidak menyurutkan semangat belajar anak didik kita, maka dari itu kita membutuhkan administrasi guru kelas 6 sd dalam menunjang pembelajaran kita di dalam kelas

Administrasi Guru Kelas 6 K13 

Dalam administrasi guru kelas 6 k13 banyak berkas yang harus kita penuhi atau kita lengkapi antara lain bimbingan dan penyuluhan, buku kas, buku mutasi, buku penilaian, buku tamu, daftar infentaris kelas, denah tempat duduk, grafik absen siswa, jurnal harian pembelajaran, pengambilan dan pengembalian raport, silabus, struktur organisasi, RPP, PROTA PROMES. Untuk RPP , PROTA dan PROMES tidak saya sediakan pada halaman ini, saya pisahkan di artikel lain yang bisa bapak ibu cek di blog saya www.duniaguru87.com

Administrasi Guru Kelas 6 K13 Semester 2
Administrasi Guru Kelas 6 K13 Semester 2


Bimbingan dan penyuluhan adalah salah satu berkas yang harus kita lengkapi dalam administrasi guru kelas 6 k13, karena dengan berkas bimbingan dan penyuluhan ini kita bisa mengetahui anak anak yang butuh bimbingan lebih dari pada anak anak kita yang lain. Dengan adanya bimbingan yang intens kita harapkan anak anak kita bisa berkembang dengan baik dan tidak melakukan kegiatan atau prilaku diluar peraturan yang telah di tetapkan di sekolah bapak dan ibu

Administrasi Guru Kelas 6 SD k13 

Buku kas juga merupakan bagian administrasi guru kelas 6 SD k13 yang harus bapak ibu guru miliki. Dengan adanya buku kas, kita tahu keuangan yang dimiliki oleh kelas kita. Tugas kita disini adalah mendatanya dan menggunakannya untuk keperluan kelas. Dalam pengelolaan keuangan kelas ini kita bisa melibatkan anak anak kelas kita, ini bertujuan agar anak anak bisa belajar lebih dini tentang pengelolaan dana keuangan.

Selanjutnya dalam administrasi guru kelas 6 sd k13 ini kita harus juga memiliki struktur organisasi yang jelas, ini bertujuan agar anak anak kita bisa tahu perangkat perangkat kelas yang mereka miliki. Selain mereka tahu siapa saja teman teman mereka yang mendapatkan tugas menjadi perangkat kelas, mereka juga  harus tahu kewajiban yang harus dilakukan oleh perangkat tersebut. Dengan adanya perangkat kelas ini akan melatih mereka untuk belajar berorganisasi sejak usia dini.

Administrasi Guru Kelas 6 K 13 

Jurnal harian pembelajaran juga merupakan bagian penting dalam administrasi guru kelas 6 K13. Dalam jurnal harian pembelajaran ini kita akan menyusun materi materi yang akan kita berikan pada hari tersebut. Dalam jurnal harian pembelajaran tertera secara jelas materi pokok yang harus kita berikan pada hari itu, kegiatan pembelajaran apa saja yang bisa kita lakukan pada hari itu, dan penilaian yang sesuai dengan materi yang kita ajarkan. Untuk kegiatan pembelajaran ini bisa kita modifikasi lagi saat kita mengajar, boleh kita menambahkan kegiatan pembelajaran apabila kegiatan yang kita susun sudah tercapai, dan kegiatan ini juga bisa kita kurangi jika kegiatan pembelajaran yang kita susun ini kita rasa terlalu berat untuk diselesaikan pada hari itu. Berikutnya adalah penilaian, dalam penilaian ini adalah kebijakan dari bapak ibu sendiri. Penilaian seperti apa yang ingin bapak ibu adakan untuk kelas yang di ajar.

Selanjutnya dalam administrasi guru kelas 6 k 13 ini hal yang harus kita miliki adalah grafik absen siswa. Grafik absen siswa ini menjadi gambaran kelengkapan siswa kita di dalam kelas, kita akan mengetahui seberapa sering anak anak kita tidak hadir di kelas ketika kita mengajar. Dan jika grafik beberapa anak anak kita menunjukkan penurunan kehadiran, hal yang pertama kita lakukan adalah melakukan konsultasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat langkah langkah apa yang harus kita lakukan agar grafik absen anak ini menjadi normal kembali.

Dan masih banyak lagi administrasi guru kelas 6 k 13 yang harus bapak ibu lengkapi dalam mempersiapkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Selain untuk melengkapan untuk menunjang kegiatan kita , administrasi yang kita miliki ini akan di periksa oleh kepala sekolah. Maka kita juga harus memiliki berkas supervisi, berkas supervisi ini akan diisi oleh kepala sekolah yang menandakan kita telah diperiksa kelengkapan administrasi kelasnya. Jika ada kekurangan yang di tulis oleh kepala sekolah, kita wajib untuk melengkapi administrasi yang kurang tersebut. Aministrasi kelas ini juga akan dipakai ketika sekolah kita akan melaksanakan Akreditasi sekolah, maka dari itu besar harapan saya agar bapak ibu bisa dan telah melengkapi administrasi kelas.

Download Administrasi Guru Kelas 6 SD Kurikulum 2013 

Di bawah ini adalah link  download administrasi guru kelas 6 sd kurikulum 2013 yang bisa bapak unduh dan bapak ibu edit untuk keperluan kelengkapan administrasi kelas

Bimbingan dan Penyuluhan kelas 6 semester 2 ( LINK )

Buku kas kelas VI semester 2 ( LINK )

Buku mutasi kelas VI  ( LINK )

Buku nilai kelas 6 semester 2 ( LINK )

Buku tamu kelas 6 semester 2 ( LINK )

Daftar infentaris kelas 6 semester 2 ( LINK )

Denah tempat duduk kelas 6 semester 2 ( LINK )

Grafik absen murid kelas 6 semester 2 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 6 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 7 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 8 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 9 ( LINK )

Pengambilan dan pengembalian raport kelas 6 ( LINK )

Silabus tema 6 ( LINK )

Silabus tema 7 ( LINK )

Silabus tema 8 ( LINK )

Silabus tema 9 ( LINK )

Struktur organisasi kelas VI ( LINK )

Supervisi ( LINK )

Kalender pendidikan provinsi bali 2021 2022 ( LINK )

Demikianlah administrasi yang bisa saya bagikan kali ini , besar harapan saya administrasi yang telah saya bagikan ini bisa membantu bapak ibu dalam melaksanakan tugas di kelas dengan baik dan sepenuh hati

Akhir kata saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya, selain administrasi kelas, dalam blog ini sudah saya sediakan administrasi guru lainnya seperti prota promes dan RPP yang dibutuhkan oleh bapak ibu guru dari kelas 1 sampai kelas 6. Karena dengan administrasi yang lengkap akan sangat menunjang kita dalam mengajar di kelas. . Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.

kalau ada umurku panjang boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur yang panjang boleh kita berjumpa lagi.