Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota dan Promes Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2021

 Prota Promes Kelas 6 K13

salam sejahtera bagi kita semua, Prota promes kelas 6 k13 adalah salah dua perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mempersiapkan pembelajaran di kelas. Prota dan promes ini akan mencakup semua kegiatan pembelajaran selama setahun penuh, dan akan menjadi gambaran rencana pelaksanaan pembelajaran kita di dalam kelas

Prota dan Promes Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2021
Prota dan Promes Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2021


kita tahu dan sadar prota promes kelas 6 k13 yang kita susun ini akan menjadi tolak ukur dalam kesuksesan kita dalam melaksanakan pembelajaran dalam setahun penuh, maka dari itu prota dan promes ini harus kita persiapkan sebaik baiknya agar apa yang kita harapkan dapat tercapai dengan sempurna dan akan menjadi sebuah kebanggaan bagi kita karena apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan anak anak dengan baik

Prota Promes Kelas 6 Tahun 2021

sebelum kita menyusun prota promes kelas 6 tahun 2021 ini, kita harus tahu apa sih itu Prota dan Promes yang dikatakan sebagai administrasi yang sangat penting untuk kita miliki. Secara garis besarnya prota itu adalah  susunan waktu pembelajaran dalam kurun waktu satu tahun kedepan untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah di tetapkan

baca juga

Sedangkan promes adalah bagian dari administrasi pembelajaran yang menjadi dasar dalam penyusunan administrasi kelas yang akan kita susun kedepannya. Prota promes kelas 6 tahun 2021 ini juga harus di susun sesuai dengan karakteristik dan kemampuan anak didik kita agar apa yang kita susun bisa sepenuhnya tercapai. Jangan sampai bapak ibu menyusun prota dan promes yang tidak bisa di ikuti oleh anak anak, ini akan menjadi beban bagi anak anak dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga akan timbul rasa malas dan setres di dalam diri anak anak kita yang akan berakibat langsung pada kegiatan pembelajaran dikelas.

Prota Kelas 6 Semester 2

dalam penyusunan Prota , kita harus mengetahui langkah langkah yang harus di ikuti agar Prota kelas 6 semester 2 yang kita susun ini sesuai dengan aturan yang berlaku

yang pertama yang harus kita lakukan adalah menelaah kalender pendidikan, menandai hari libur, permulaan tahun ajaran baru, dan waktu belajar yang efektif. Ini sangat penting agar prota kelas 6 semester 2 yang kita susun tidak bertabrakan dengan tanggal merah dan waktu belajar yang tidak efektif, dengan menelaah kalender kita bisa tahu berapa hari efektif yang bisa kita optimalkan dalam penyusunan prota.

Langkah selanjutnya adalah mendistribusikan alokasi waktu yang tersedia kedalam materi materi yang akan di sampaikan, dengan mempertimbangkan pemberian ulangan harian, ulangan tengah semester, hingga ulangan semester. Selain itu kita juga harus mempertimbangkan kepadatan suatu materi dalam penyusunan prota kelas 6 semester 2

Promes Kelas 6 Semester 2

Dalam penyusunan Promes, kita juga harus mengetahui juknis penyusunan program semester. Sehingga kita bisa menyusunnya sesuai dengan aturan yang berlaku, dan tidak menyimpang dari aturan aturan tersebut.

selain itu kita juga harus berpatokan pada kalender pendidikan, karena kalender pendidikan inilah yang akan menentukan pembagian waktu yang akan kita input kedalam prota promes kelas 6 k13. Dengan adanya kalender pendidikan, kita akan lebih mudah dalam menyusun administrasi ini.

Langkah pertama dalam penyusunan Promes kelas 6 semester 2 adalah menganalisis kompetensi isi dan kompetensi dasar yang sesuai dengan kelompok usia anak didik kita yang akan kita ajarkan. Ini bertujuan agar KI KD yang kita susun sesuai dengan kebutuhan yang harus terpenuhi pada usia anak  tersebut.

Langkah selanjutnya adalah penyusunan tema yang akan tercantum dalam promes kelas 6 semester 2, tema ini harus di sesuaikan dengan semester yang akan di bahas. Karena sekarang adalah semester 2 maka tema yang kita susun adalah tema tema yang ada di semester 2 antara lain menuju masyarakat sehat, kepemimpinan, bumiku, dan menjelajah angkasa luar. Tema tema ini harus kita susun sesuai dengan urutan tema yang telah di tetapkan susunannya.

baca juga

Setelah menyusun tema, langkah selanjutnya dalam menyusun promes kelas 6 semester 2 adalah mengembangkan tema tema tersebut kedalam sub sub tema, saya ambilkan contoh tema 8 yaitu bumiku. Dalam tema bumiku ini terdapat beberapa sub tema yang harus kita isi dalam promes antara lain perbedaan waktu dan pengaruhnya, bumiku dan musimnya, bumi matahari dan bulan.ini adalah sub tema yang kita kembangkan dari tema bumiku.

Promes kelas 6 semester 2 ini harus juga tedapat waktu pelaksanaan ulangan harian, dan untuk pelaksaannya itu tergantung kebijakan dari bapak ibu guru sendiri, biasanya dalam promes pelaksanaan ulangan harian akan di lakukan setelah kita menyelesaikan sebuah subtema. Untuk jumlah soalnya itu juga tergantung kebijakan dari bapak ibu dan kreasikanlah soal soal tersebut agar bisa menjadi gambaran seberapa jauh keberhasilan kita dalam menyampaikan materi yang akan kita berikan penilaian.

Langkah yang paling penting dalam penyusunan Promes kelas 6 semester 2 adalah menentukan alokasi waktu yang akan kita tetapkan dalam setiap subtema. Disini kita akan membagi materi materi yang kita anggap padat dan materi yang kita anggap ringan. Untuk materi yang kita anggap padat kita bisa mengalokasikan waktu lebih banyak agar materi tersebut bisa tersampaikan dengan baik dan benar.

Langkah terakhir dalam penyusunan promes kelas 6 semester 2 adalah pemberian identitas diri pembuat Promes, jangan sampai promes yang kita buat tertera identitas yang bukan identitas diri kita, ini akan menjadi koreksi bagi kepala sekolah dan instansi yang terkait dan menjadi tanda tanya tentang kevalidan data administrasi yang kita buat, maka dari itu sangat penting untuk mencantumkan identitas diri kita dalam penyusunan Promes kelas 6 semester 2. Dengan pencantuman identitas diri akan mematenkan promes tersebut menjadi hak milik kita dan kita sebagai penyusunnya.

 

Download Prota Promes Kelas 6 K13

Dibawah ini adalah link download prota promes kelas 6 k13 yang bisa bapak ibu guru download untuk melengkapi administrasi yang sudah bapak ibu miliki

Prota kelas 6 ( LINK )

Promes kelas 6 semester 2 ( LINK )

Demikianlah yang  bisa saya bagikan kali ini, besar harapan saya contoh prota dan promes kelas 6 semester 2 ini bisa membantu bapak dan ibu guru dalam melaksanakan tugas di sekolah masing masing. Prota dan promes ini tidak bisa langsung bapak ibu pakai dalam mengajar, karena bapak ibu harus menyesuaikannya dengan karakteristik dan kemampuan anak anak didik bapak ibu guru. Maka dari itu Prota dan promes kelas 6 semester 2 ini harus bapak ibu modifikasi lagi agar bisa sesuai dengan kebutuhan kelas bapak ibu guru

Akhir kata saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya karena telah berkunjung ke blog ini dan semoga bapak ibu tidak kapok berkunjung kesini, karena di blog ini terdapat semua administrasi guru kelas yang bisa membantu bapak ibu dalam mengajar. Seperti kata saya tadi, dengan administrasi yang lengkap akan sangat menunjang pembelajaran kita di kelas karena tujuan utama kita adalah keberhasilan anak anak . keberhasilan ini adalah kepuasan tersendiri yang kita miliki dan harus tetap menjadi motivasi kita kedepannya agar bisa berjuang lebih keras lagi. . Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.