Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota dan Promes Kelas 4 Semester 2

Prota Promes Kelas 4

Bapak ibu guru kelas 4 kali ini pasti tengah sibuk mencari Prota Promes kelas 4 Semester 2, dan kebetulan sekali saya juga guru kelas 4 , dan kebetulan juga saya telah memiliki Prota Promes yang akan saya gunakan di kelas. Maka dari itu jika bapak dan ibu guru tidak keberatan, ijinkan saya untuk membagikan Prota dan Promes yang saya gunakan di dalam kelas yang saya  ampu.

Prota Promes kelas 4 adalah gambaran dasar seperti apa pembelajaran yang akan terjadi di dalam kelas selama satu tahun penuh dan satu semester penuh. Prota dan promes ini harus kita susun secara teliti, dengan mempertimbangkan banyak aspek.

Prota dan Promes Kelas 4 Semester 2
Prota dan Promes Kelas 4 Semester 2


Prota Promes K13 SD Kelas 4 Semester 2

Secara Garis Besarnya Prota promes k13 sd kelas 4 semester 2 ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penyusunan administrasi, yang akan kita susun selanjutnya seperti Silabus, RPP, Jurnal harian mengajar guru dan lain lainnya. Semua ini bergantung pada penyusunan Prota dan Promes, dengan kata lain jika prota promes tersusun dengan urut dan baik akan berimbas pula pada penyusunan administrasi kelas lainnya.

Bapak ibu jangan hanya tahu kalau Prota itu Program tahunan dan Promes adalah Program semester, tapi Bapak Ibu harus tahu apa itu Prota dan Promes tersebut sehingga bapak ibu lebih gampang dalam penyusunan Prota Promes kelas 4 semester 2 ini.

Bapak Ibu guru, dapat saya gambarkan Prota adalah garis garis besar materi yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun, dan di kembangkan oleh kita sendiri. Sedangkan Promes adalah bentuk penjabaran dari program tahunan yang telah kita susun sebelumnya, yang memuat juga gambaran kegiatan pembelajaran dan pencapaian yang ingin di raih dalam satu semester. Oleh karena itu Prota Promes k13 SD kelas 4 semester 2 ini sangat penting dalam kesuksesan kita di dalam kelas

Prota Kelas 4 SD

selanjutnya kita akan membahas Prota kelas 4 SD, dalam penyusunan Prota kelas 4 ini kita harus tahu tema apa saja yang ada di kelas 4 sekolah dasar antara lain : tema 1 ( Indahnya kebersamaan ), tema 2 ( selalu berhemat energi ), tema 3 ( Peduli terhadap Mahkluk hidup), tema 4 ( berbagai pekerjaan ), tema 5 ( Pahlawanku ), tema 6 ( cita citaku ), tema 7 ( Indahnya Keragaman di negeriku ), tema 8 ( daerah tempat tinggalku), dan tema 9 ( kayanya negeriku ).

Setelah kita mengetahui tema tema yang ada di kelas 4 dan telah kita input ke dalam bagan yang tersedia, langkah selanjutnya  adalah kita membedah tema tema tersebut dan mencari subtema yang tersedia dalam setiap Tema. Ini penting dalam penyusunan Prota kelas 4 SD karena dari subtema ini akan menentukan langkah selanjutnya

Ya langkah selanjutnya dalam penyusunan Prota kelas 4 SD ini adalah membagi subtema yang tersedia kedalam beberapa pembelajaran, biasanya setiap subtema ini akan dibagi menjadi 6 pembelajaran. Tapi ini tidak baku, seandainya beberapa subtema dalam pembelajaran kelas 4 ini bapak ibu guru anggap terlalu padat, bapak ibu bisa menambah pembelajaran di kelas. Dan harus sesuai dengan ketersediaan waktu dalam kalender pendidikan.

Setelah selesai kita menentukan jumlah pembelajaran yang bisa kita terapkan di setiap subtema dalam Prota kelas 4 SD. Langkah selanjutnya adalah alokasi waktu yang bisa kita berikan kepada jumlah pembelajaran di setiap subtema tersebut, alokasi waktu biasanya hanya di wakilkan dengan tulisan 1 hari atau 1 minggu. Ini sudah mewakilkan alokasi waktu yang akan kita masukkan kedalam subtema yang ada di kelas 4 sekolah dasar.

Promes Kelas 4 SD

Selanjutnya yang kita bahas berikutnya adalah Promes kelas 4 SD, dalam Promes ini langkah pertama yang kita lakukan adalah mengidenfikasi tema apa saja yang tersedia dalam semester 2 ini. Dalam semester 2 ini tersedia beberapa tema pembelajaran antara lain tema 6 ( cita citaku ), tema 7 ( Indahnya Keragaman di negeriku ), tema 8 ( daerah tempat tinggalku), dan tema 9 ( kayanya negeriku ).

Setelah selesai mengidentifikasi dan menginput tema yang tersedia dalam semester 2 ini, yang harus dilakukan sekarang  dalam menyusun Promes kelas 4 SD adalah menginput sub sub tema dari tema 6 hingga tema 9 tersebut. Sebenarnya sih hampir sama antara Prota dan Promes, bedanya hanya dari masa berlakunya administrasi ini. Prota berlaku satu tahun penuh, sedangkan promes hanya berlaku 6 bulan atau satu semester.dan lagi satu bedanya, untuk Promes lebih terperinci daripada Prota, tanggal pelaksanaannya lebih jelas terpangpang , sehingga kita lebih mudah dalam membaca Program semester yang telah kita susun ini.

Dan sebagai penutup dalam penyusunan Promes ini adalah pemberian identitas pemilik Promes kelas 4 SD tersebut. Identitas kita di sebelah kanan dan identitas kepala sekolah akan ada di sebelah kiri. Dan ingat bapak ibu sebelum meminta pengesahan Prota promes ini, tanda tangan bapak ibu harus lebih dahulu terisi daripada tanda tangan kepala sekolah, jangan sampai terbalik, kepala sekolah yang menandatangani duluan baru kita. Itu tidak sopan namanya bapak ibu,dan itu sering terjadi kepada saya, sungguh malu sebenarnya, tapi ya namanya penyakit lupa mau bagaimana lagi, nasi juga sudah menjadi bubur, tinggal kita makan saja.

Download Prota Promes Kelas 4 Semester 2

Di bawah ini adalah Link download  prota promes kelas 4 semester 2 yang bisa bapak ibu guru unduh 

Prota kelas 4 ( LINK )

Promes Kelas 4 Semester 2 ( LINK )

Demikianlah Download Prota Promes kelas 4 SD yang bisa saya bagikan, semoga saja Prota dan promes yang sudah saya bagikan ini, bisa menjadi gambaran dan tolak ukur dalam penyusunan administrasi kelas 4 lainnya.

Besar harapan saya Prota promes kelas 4 Sd ini bisa bapak ibu pakai, karena kebahagiaan saya adalah ketika apa yang saya berikan bisa berguna untuk sesama. Dan saya sadar tujuan akhir kita sama, ya tujuan kita sama yaitu mencerdaskan bangsa dan negara ini. Guru menjadi pilar utama penunjang lahirnya generasi hebat yang bisa mencerahkan nasib bangsa kita ini.

Dalam blog ini tidak hanya tersedia prota promes kelas 4 saja, tapi semua administrasi kelas bisa bapak ibu guru temukan di sini. Mulai dari RPP, Silabus dan masih banyak lagi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, termasuk juga kumpulan soal soal yang akan membantu kita dalam melaksanakan penilaian , mulai dari penilaian harian, penilaiain pertema, penilaian tengah semester, hingga penilaian akhir semester. . Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.