Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Administrasi guru kelas 3 SD Kurikulum 2013 revisi 2021/2022

 

Administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 revisi 2021/ 2022

Salam Sejahtera bagi kita semua, bapak ibu guru kelas 3 sekolah dasar pasti tengah mempersiapkan administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 revisi 2021/2022. Yang akan bapak ibu guru gunakan sebagai pegangan dalam mengarungi semester 2 tahun ajaran 2021 2022 ini. Oleh karena itu ijinkanlah saya pada kesempatan kali ini, untuk membagikan administrasi guru kelas 3 yang saya miliki.

administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 revisi 2021/ 2022
administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 revisi 2021/ 2022


Administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 revisi 2021/2022 yang akan bapak ibu guru susun ini, adalah senjata yang akan bapak ibu gunakan dalam mendidik dan membimbing peserta didik dalam semester 2. Karena tanpa administrasi ini bisa di anggap seperti pergi berperang tanpa membawa senjata, alias menyetor nyawa saja.

Bapak ibu guru kelas 3 yang saya hormati, sangat besar tanggung jawab kita untuk mengantarkan anak anak kita untuk menyelesaikan dan menuntaskan materi pembelajaran di semester 2 ini. Oleh karena itu saya sangat berharap kepada bapak dan ibu guru kelas 3, agar menyiapkan administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 revisi 2021/2022 ini dengan sebaik baiknya. Karena semakin baik administrasi yang bapak ibu guru susun akan semakin baik pula hasil yang bisa di dapatkan oleh bapak ibu guru beserta peserta didik di dalam kelas.

Administrasi guru kelas 3 sd

Ada banyak sekali berkas yang harus kita lengkapi dalam menyusun administrasi guru kelas 3 sd antara lain, Prota dan promes, RPP, kalender pendidikan, silabus , jurnal harian mengajar,dan masih banyak lagi berkas yang termasuk kedalam administrasi guru kelas 3 ini. Tapi pada kesempatan kali ini,  saya tidak akan membagikan RPP dan prota promes pada artikel kali ini. Saya sengaja memisahkan 3 berkas ini di luar administrasi yang saya bahas kali ini, tapi jangan kecewa dulu, bapak ibu guru bisa mencari RPP dan prota promes di blog ini , dalam artikel yang lain.

Bapak ibu guru kelas 3 yang saya hormati dan saya banggakan, sebelum kita menyusun administrasi guru kelas 3 sd ini, kita harus mengkaji terlebih dahulu kalender pendidikan yang telah di bagikan oleh dinas tempat bapak dan ibu guru bertugas.

Langkah selanjutnya dalam menyusun administrasi guru kelas 3 sd, setelah selesai mengkaji kalender pendidikan adalah menyusun Prota dan Promes. Secara garis besarnya prota bisa kita katakan sebagai susunan waktu pembelajaran, yang kita susun dalam jangka waktu satu tahun untuk mencapai target yang ingin di capai. Sedangkan promes adalah bagian dari prota yang dilaksanakan selama satu semester penuh, dan yang perlu kita ketahui bahwa Prota dan Promes ini adalah dasar kita dalam menyusun administrasi guru kelas berikutnya.

Administrasi guru kelas 3

Setelah selesai menyusun Prota dan Promes, langkah selanjutnya dalam melengkapi administrasi guru kelas 3 adalah menyusun silabus. Silabus ini bisa dikatakan sebagai rencana pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu yang mencakup kompetensi dasar, indikator, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran, penguatan pendidikan karakter yang ingin di capai, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Bapak ibu guru yang saya hormati dan saya banggakan setelah selesai menyusun silabus,yang bisa bapak ibu kerjakan selanjutnya dalam melengkapi administrasi guru kelas 3 adalah menyusun RPP dan jurnal harian mengajar. Seperti yang kita ketahui RPP yang sekarang sedang berlaku adalah RPP 1 lembar yang mengikuti surat edaran nomor14 tahun 2019 dari pemerintah. Dengan adanya RPP satu lembar ini akan memudahkan bapak ibu dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Selain yang saya telah bahas tadi , masih banyak administrasi guru kelas 3 yang harus bapak ibu guru lengkapi seperti buku kas kelas 3, buku kas ini sangat penting karena buku kas ini bertugas untuk merangkum keuangan yang ada di kelas kita. Biasanya keuangan yang ada di kelas akan kita gunakan untuk keperluan kelas kita , seperti pembelian alat kebersihan, pembelian kapur / spidol, dan lain sebagainya. Dan kita juga bisa melibatkan peserta didik dalam mengelola buku kas kelas ini, karena akan mengajarkan mereka berorganisasi dan belajar dasar koperasi sejak usia dini.

Selain itu dalam administrasi guru kelas 3 juga harus ada buku penilaian, karena buku penilaian ini adalah gambaran perkembangan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kita didalam kelas. Semakin baik nilai yang tercantum dalam buku penilaian, semakin berhasil pula kita dalam menyampaikan suatu materi. Dan apabila ada beberapa siswa yang belum mencapai target ketika mengikuti penilaian , kita bisa melaksanakan kegiatan remidial terhadap anak anak tersebut agar tujuan yang kita harapkan dapat tercapai. Bagi anak anak yang telah melampaui standar minimal penilaian yang telah kita laksanakan, bisa kita berikan kegiatan pengayaan yang bertujuan untuk memperkaya atau memperdalam pemahaman anak anak terhadap suatu materi.

Download administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013

Di bawah ini adalah Link download administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013, yang bisa bapak ibu guru kelas 3 unduh. Silahkan klik kata LINK untuk memulai pengunduhan.

Silabus kelas 3 tema 5 ( LINK )

Silabus kelas 3 tema 6 ( LINK )

Silabus kelas 3 tema 7 ( LINK )

Silabus kelas 3 tema 8 ( LINK )

Jurnal harian mengajar tema 5 kelas 3 ( LINK )

Jurnal harian mengajar tema 6 kelas 3 ( LINK )

Jurnal harian mengajar tema 7 kelas 3 ( LINK )

Jurnal harian mengajar tema 8 kelas 3 ( LINK )

Buku bimbingan dan penyuluhan kelas 3 ( LINK)

Buku kas kelas 3 ( LINK )

Buku mutasi kelas 3 ( LINK )

Buku penilaian kelas 3 semester 2 ( LINK )

Buku tamu kelas 3 ( LINK )

Daftar Inventaris kelas 3 ( LINK )

Denah tempat duduk kelas 3 ( LINK )

Grafik absen murid kelas 3 ( LINK )

Struktur organisasi kelas 3 ( LINK )

Buku supervisi guru kelas 3 ( LINK )

Pengambilan raport dan pengembalian raport kelas 3 ( LINK )

Kalender Pendidikan Provinsi Bali ( LINK )

Demikianlah LINK download administrasi guru kelas 3 sd kurikulum 2013 yang bisa saya bagikan ke bapak ibu guru kelas 3. Besar harapan saya administrasi yang telah saya bagikan ini bisa membantu bapak ibu dalam melaksanakan tugas di dalam kelas, karena tujuan dan kebahagiaan kita sama, yaitu melihat peserta didik kita antusias ketika mengikuti pembelajaran di kelas dan mampu memenuhi target yang telah kita tentukan sebelumnya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya karena telah berkunjung ke blog www.duniaguru87.com, dan semoga saja bapak ibu tidak jera untuk kembali lagi berkunjung ke blog ini. Karena saya akan berusaha dengan keras agar bisa memenuhi apa yang diperlukan oleh bapak ibu guru. Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.