Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota Promes Kelas 2 Semester 2 k13

Prota Promes Kelas 2 Semester 2 k13

Salam sejahtera bagi kita semua, bapak ibu guru kelas 2 saat ini pasti tengah menyusun Prota Promes kelas 2 semester 2 K13, Prota dan Promes ini juga akan bapak dan ibu guru pakai dalam menyusun administrasi guru kelas lainnya. Sehingga ijinkan saya pada kesempatan kali ini untuk membagikan Prota dan Promes kelas 2 ke bapak dan Ibu guru.

Prota Promes Kelas 2 Semester 2 k13
Prota Promes Kelas 2 Semester 2 k13

Bapak ibu guru yang saya hormati dan saya banggakan, Prota dan Promes kelas 2 semester 2 k13 ini seperti yang saya katakan tadi , adalah dasar atau pondasi awal dalam menyusun administrasi guru kelas yang lainnya.  Dan kita juga tahu administrasi guru kelas itu sangatlah banyak , sehingga dalam Penyusunan Prota dan Promes ini, bapak ibu guru harus melaksanakan semaksimal mungkin agar administrasi yang akan di susun setelah menyusun Prota dan Promes tidak menjadi berantakan.

Dalam menyusun Prota Promes kelas 2 semester 2 k13 ini, harus berpatokan pada kalender pendidikan. Kenapa saya bisa katakan seperti itu, karena dalam kalender pendidikan terdapat pembagian waktu belajar efektif dan tanggal merah. Sehingga sebelum kita menyusun Prota dan Promes ini, hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah mengkaji tanggal yang ada di dalam kalender pendidikan kita.

Prota Promes Kelas 2 Semester 2 2021

Dan yang saya garis bawahi adalah, gunakanlah kalender pendidikan yang telah di sebarkan oleh daerah tempat bapak dan ibu guru bertugas. Jangan sampai bapak ibu guru menggunakan kalender pendidikan daerah lain untuk menyusun Prota Promes Kelas 2 Semester 2 2021, ini akan menyebabkan Prota dan Promes Anda menjadi tidak berguna. Karena tanggal tanggal yang bapak ibu input tersebut tidak sesuai dengan kalender yang berlaku di daerah tersebut.

Bapak Ibu guru yang saya hormati dan saya banggakan, sebelum kita lanjutkan pembahasan tentang Prota Promes Kelas 2 Semester 2 2021 ini . kita harus tahu dahulu apa itu Prota dan Apa itu Promes, secara garis besarnya Prota adalah susunan waktu pembelajaran yang kita susun dan kita pergunakan setahun penuh, sedangkan Promes adalah bagian dari Prota yang hanya berlaku selama satu semester saja.

Sebelum kita menginput hari efektif pembelajaran, dalam berkas Prota Promes Kelas 2 Semester 2 2021 ini, kita harus menginput terlebih dahulu tema yang ter sedia dalam satu tahun ( Prota ) antara lain hidup rukun ( tema 1 ), bermain dilingkunganku ( tema 2 ), tugasku sehari hari ( tema 3 ) , hidup bersih dan sehat ( tema 4 ) , pengalamanku ( tema 5 ), merawat hewan dan tumbuhan ( tema 6 ) , kebersamaan ( tema 7 ) dan keselamatan di rumah dan sekolah ( tema 8 ). Kedelapan tema inilah yang harus kita input kedalam format kolom tema Prota.

Sedangkan untuk Promes, yang harus kita masukkan atau kita input ke dalam format kolom promes antara lain Pengalamanku ( tema 5 ), merawat hewan dan tumbuhan ( tema 6 ), kebersamaan ( tema 7 ), dan keselamatan di ruman dan di sekolah. Ke empat tema inilah yang harus kita input kedalam format kolom promes, yang akan kita jadikan berkas Prota Promes Kelas 2 Semester 2 2021.

Setelah selesai menginput Tema tersebut, langkah selanjutnya adalah menginput subtema yang menjadi bagian tema yang telah kita bahas tadi. Setiap tema terdiri dari 4 subtema , sehingga dalam Prota yang harus kita input adalah 32 subtema yang harus kita input kedalam Prota Promes Kelas 2 Semester 2 2021.

Dan untuk promes berarti subtema tersebut yaitu 32 ini kita bagi 2 , sehingga subtema yang harus kita input dalam promes berjumlah 16 subtema. Setelah selesai menginput tema dan subtema, langkah selanjutnya yang harus bapak ibu kerjakan adalah menginput jumlah pembelajaran dalam sebuah subtema. Biasanya setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran, sehingga dalam Prota terdapat 48 pembelajaran ,sedangkan dalam promes terdapat 24 pembelajaran.

Prota dan Promes kelas 2 sd kurikulum 2013

Tapi tidak menutup kemungkingan dalam menyusun prota promes kelas 2 sd kurikulum 2013 ini jumlah pembelajaran dalam subtema berbeda beda, ini bisa terjadi apabila suatu materi bapak ibu anggap agak padat. Sehingga membutuhkan jumlah pembelajaran yang lebih banyak dibandingkan dengan subtema lainnya, ini adalah kewenangan dari bapak ibu guru selaku guru kelasnya. Karena hanya bapak dan ibu guru saja yang tahu seperti apa karakteristik peserta yang tengah diajar, percuma saja  apabila kita memaksakan jumlah pembelajaran yang telah kita tetapkan , akan tetapi hasil yang di dapatkan tidak maksimal.

Bapak ibu guru kelas 2, dalam menyusun Prota Promes kelas 2 sd kurikulum 2013 ini , langkah yang terakhir adalah penempatan identitas pembuat dibawah prota dan promes yang telah disusun. Dengan adanya identitasi ini akan memperkuat posisi bapak dan ibu guru sebagai pemilik prota dan promes tersebut. Dan jangan lupa sebelum lanjut ketahap berikutnya, bapak ibu harus menghadap terlebih dahulu ke kepala sekolah untuk meminta tanda tangan untuk mengesahkan Prota dan Promes yang telah bapak ibu guru susun.

Prota dan Promes Kelas 2 SD

Bapak dan ibu guru yang saya hormati dan saya banggakan, dibawah ini adalah LINK download Prota dan Promes kelas 2 SD yang bisa bapak Ibu unduh, dan silahkan untuk mengklik kata LINK untuk memulai  pengunduhan.

Prota kelas 2 ( LINK )

Promes kelas 2 semester 2 ( LINK )

Demikianlah Prota dan promes kelas 2 SD yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, besar harapan saya prota dan promes ini bisa membantu bapak ibu guru, dalam menjalankan kewajiban di sekolah.  Dan semoga saja Prota dan promes yang telah saya bagikan ini bisa di jadikan dasar atau pedoman bapak dan ibu guru kelas 2 dalam menyusun administrasi guru kelas lainnya.

Selain Prota dan promes kelas 2 SD , dalam blog www.duniaguru87.com ini telah saya sediakan administrasi guru kelas dari kelas 1 hingga kelas 6, RPP mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, bank soal juga mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, dan yang tidak kalah penting adalah media pembelajaran berupa power point yang akan bisa menunjang kegiatan pembelajaran yang bapak dan ibu guru laksanakan di dalam kelas.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya karena telah berkunjung ke BLOG ini , dan semoga saja bapak ibu guru tidak kapok dan mau kembali lagi berkunjung kesini. Dan saya harapkan bapak ibu guru mau kembali berkunjung ke blog ini karena saya akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa memenuhi semua kebutuhan bapak ibu guru.  Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.