Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Administrasi Guru Kelas 5 Semester 2

Administrasi guru kelas 5 kurikulum 2013

Salam sejahtera bagi kita semua, bapak ibu guru elas 5 sekolah dasar pasti tengah bingung mencari administrasi guru kelas 5 kurikulum 2013 semester 2, kelengkapan administrasi kelas akan menjadi senjata utama kita dalam mengarungi pembelajaran semester 2. Dengan lengkapnya administrasi kelas kita pasti akan merasa semakin siap dalam mengajar, karena apa yang kita butuhkan sudah kita siapkan jauh sebulum kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Administrasi guru kelas 5 kurikulum 2013 ini harus kita persiapkan dengan matang dan lengkap, karena tanpa adanya administrasi kelas pembelajaran yang kita lakukan akan berantakan, banyak materi yang tidak tersampaikan dengan baik, penilaian yang kita lakukan tidak akan jelas arah tujuannya. Maka dari itu saya harapkan sebelum bapak ibu guru masuk kedalam kelas , bapak ibu guru sudah mempersiakan administrasi yang akan di terapkan pada hari itu.

Administrasi Guru Kelas 5 Semester 2
Administrasi Guru Kelas 5 Semester 2


Administrasi guru kelas 5

Dalam administrasi guru kelas 5, hal yang pertama harus kita miliki adalah kalender pendidikan. Kita harus menelaah kalender pendidikan yang telah kita miliki, kita harus mengecek jumlah hari efektif yang ada dalam kalender tersebut, setelah kita mengecek hari efektif tersebut kita akan bisa mempersiapkan administrasi lainnya dengan berpatokan pada kalender pendidikan ini, tapi yang harus kita tahu kalender pendidikan setiap daerah di Indonesia pasti akan berbeda beda hari efektif belajarnya, ini disebabkan oleh perbedaan budaya dan hari libur pada setiap daerah. Oleh karena itu kita harus memakai kalender pendidikan yang sesuai dengan daerah tempat kita bertugas.

baca juga


Setelah kita selesai menelaah kalender pendidikan, hal yang bisa kita lakukan selanjutnya dalam administrasi guru kelas 5 adalah menyusun jurnal harian mengajar. Jurnal harian mengajar ini harus berpatokan pada kalender pendidikan, jangan sampai kita menyusun tanggal pelaksanaan  jurnal harian mengajar pada hari libur dan tanggal merah, ini akan mengakibatkan jurnal harian yang telah kita susun menjadi berantakan. Jurnal harian mengajar adalah garis besar dari kegiatan yang akan kita lakukan di dalam kelas, jadi dalam penyusunan jurnal harian mengajar kita harus berpatokan juga pada kemampuan peserta didik kita.

Selanjutnya yang bisa kita susun dalam administrasi guru kelas 5 adalah  buku penilaian, tujuan dari penyusunan buku penilaian ini adalah untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas, buku penilaian akan menjadi gambaran hasil belajar anak anak di kelas dan menjadi tolak ukur kita dalam pemberian remidial dan pengayaan agar semua peserta didik kita dapat menyelesaikan materi sesuai dengan harapan kita sebagai pendidik.

Administrasi guru kelas 5 k13

Silabus juga merupakan bagian dari administrasi guru kelas 5 k13 yang sangat penting untuk kita miliki, karena dalam silabus tertera indikator pembelajaran yang ingin kita capai, selain indikator di dalam silabus juga terdapat kegiatan pembelajaran yang akan kita lakukan di dalam kelas. Dalam silabus juga terdapat penilaian, penilaian dalam silabus yang bapak ibu susun ini tergantung pada kondisi kelas dan juga tergantung pada bapak ibu guru, penilaian seperti apa yang ingin bapak ibu berikan kepada peserta didik.

Bapak Ibu guru yang saya hormati, bagian selanjutnya dalam administrasi guru kelas 5 k13 adalah supervisi, supervisi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kesiapan bapak ibu dalam melengkapi administrasi kelas, dan yang bertugas sebagai penilai dari kelengkapan administrasi kelas ini adalah kepala sekolah bapak ibu sendiri, pemerikasaan supervisi ini bisa terjadi kapan saja, semua tergantung kapan kepala sekolah bapak ibu ingin memeriksa kelengkapan administrasi. Maka dari itu alangkah baiknya sebelum bapak ibu guru kelas diperiksa kelengkapan administrasinya bapak ibu sudah siap.

Administrasi guru kelas 5 sd kurikulum 2013

Inventaris kelas juga berperan penting dalam penyempurnaan administrasi guru kelas 5 sd kurikulum 2013, karena inventaris kelas merupakan gambaran inventaris apa saja yang bapak ibu miliki dikelas. Semua barang ,buku dan semua yang ada di dalam kelas wajib untuk bapak ibu masukkan dalam inventaris kelas dan mencantumkan kondisi dari barang tersebut. Selain menginput data inventaris kelas, bapak ibu guru juga wajib untuk menjaga dan merawat inventaris yang ada di kelas. Ini bertujuan agar inventaris yang kita miliki bisa kita pakai lagi pada tahun tahun berikutnya.

Selain administrasi yang telah saya jabarkan tadi, masih banyak administrasi guru kelas 5 sd kurikulum 2013 yang harus bapak ibu guru penuhi, untuk link downloadnya bisa bapak ibu scroll kebawah dan bapak ibu lakukan pengunduhan.

Download administrasi guru kelas 5 sd kurikulum 2013

Di bawah ini adalah link download administrasi guru kelas 5 sd kurikulum 2013 yang bisa bapak ibu download untuk melengkapi administrasi bapak ibu guru

1.       BUKU TAMU ( LINK )

2.       BUKU SUPERVISI ( LINK )

3.       BUKU MUTASI MURID ( LINK )

4.       GRAFIK DAN ABSENSI MURID ( LINK )

5.       STRUKTUR ORGANISASI KELAS ( LINK )

6.       DENAH RUANG KELAS ( LINK )

7.       DAFTAR INVENTARIS KELAS ( LINK )

8.       DAFTAR PENERIMAAN DAN PENGEMBALIAN RAPORT ( LINK )

9.       BUKU KEUANGAN ( LINK )

10.   BUKU BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ( LINK )

11.   BUKU PENILAIAN ( LINK )

12.   Silabus  tema 6 ( LINK )

13.   Silabus tema 7 ( LINK )

14.   Silabus tema 8  ( LINK )

15.   Silabus tema 9 ( LINK )

16.   JURNAL MENGAJAR HARIAN tema 6 ( LINK )

17.   JURNAL MENGAJAR HARIAN TEMA 7 ( LINK )

18.   JURNAL MENGAJAR HARIAN TEMA 8 ( LINK )

19.   JURNAL MENGAJAR HARIAN TEMA 9 ( LINK )

20.   Kalender pendidikan BALI ( LINK )

Demikianlah administrasi guru kelas 5 k13 yang bisa saya bagikan, besar harapan saya administrasi guru kelas ini bisa membantu bapak ibu dalam melaksanakan pembelajaran yang baik dan benar. Karena dengan administrasi yang lengkap akan sangat menunjang pembelajaran bapak ibu guru di kelas. Dan bapak ibu saya yakin jika bapak ibu memiliki administrasi guru kelas yang lengkap akan meningkatkan kepercayaan diri bapak ibu dalam mengajar di kelas.

baca juga

Dan dengan memiliki administrasi guru kelas 5 k13 yang lengkap ini, bapak ibu bisa membagikan administrasi yang bapak ibu miliki kepada teman teman bapak ibu yang belum memiliki administrasi. Karena kita adalah mahluk sosial , kita tidak bisa hidup sendiri dan tidak mungkin kita bisa memenuhi semua yang kita inginkan sendiri, kali ini kita memiliki administrasi kelas yang lengkap, tapi suatu saat pasti ada yang kita butuhkan dan kita tidak bisa untuk memenuhi nya sendiri. Kita butuh bantuan teman teman sejawat kita dalam membantu kita.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya, dan besar harapan saya bapak ibu bisa berkunjung lagi ke blog ini, karena di blog ini bapak ibu tidak hanya akan menemukan administrasi guru kelas 5 k13 tapi semua administrasi dari kelas 1 sampai kelas 6. Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.