Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usus Bermasalah di tandai dengan 7 penyebab ini yang perlu untuk kita ketahui

Usus Bermasalah di tandai dengan 7 penyebab ini yang perlu untuk kita ketahui
Foto oleh Sora Shimazaki: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-menderita-sakit-perut-5938354/


Usus Bermasalah di tandai dengan 7 penyebab ini yang perlu untuk kita ketahui

Usus bermasalah -  usus merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tanpa adanya usus , kita akan mengalami kesulitan di dalam menyerap nutrisi – nutrisi yang ada pada makanan. Masalah pada usus biasanya terjadi karena gaya hidup kita yang tidak sehat, sehingga akan dapat mengakibatkan penurunan performa dari usus kita. hal ini tentu saja akan berimbas kepada kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

7 tanda dari usus yang bermasalah

Usus adalah salah satu organ tubuh yang akan sangat berperan besar terhadap sekresi dari beberapa jenis hormon dan juga sistem dari kekebalan tubuh kita, maka dari itu di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum beberapa gejala yang mungkin akan muncul ketika usus kita bermasalah

1. Kesehatan kulit

Selain karena kebiasaan kita yang kurang menjaga kesehatan kulit, masalah seperti jerawat, gatal – gatal, eksim, dan lainya juga mungkin bisa terjadi karena usus bermasalah. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kita yang tidak bisa maksimal di dalam menyerap nutrisi – nutrisi dari makanan.

2. Gangguan dari pencernaan

Masalah seperti perut kembung yang terus menerus, nyeri pada bagian perut, hingga terjadinya diare bisa saja di sebabkan oleh tidak seimbangnya bakteri yang ada di dalam usus. Jika kita mengalami hal ini , meskipun kita telah menjaga pola makan yang sehat, sangat di sarankan untuk memeriksakannya kedokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi.

3. Gampang sakit

Usus kita memiliki bakteri yang berperan untuk menyerap makanan dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika usus kita bermasalah, akan mengganggu keseimbangan dari bakteri / mikroba dan berimbas kepada menurunnya kekebalan tubuh sehingga kita akan lebih mudah untuk sakit.

Jika kita sangat gampang untuk terserang penyakit seperti batuk, pilek, flu atau juga meriang mungkin saja penyebabnya adalah usus kita yang bermasalah.

4. Ketagihan mengkonsumsi makanan yang manis

Dengan tidak seimbangnya bakteri yang ada pada usus kita akan memicu keinginan kita untuk mengkonsumsi makanan dan miuman yang manis dan tinggi akan gula. Hal ini tentu akan berimbas kepada peningkatan berat badan dan juga kemungkinan untuk terjangkit diabetes.

5. Gangguan suasana hati

Usus yang bermasalah tidak hanya akan mengganggu kekebalan tubuh kita, tapi juga akan dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mental kita.  hal ini bisa terjadi karena 70% produksi dari hormon serotonin kita berasal dari organ yang namanya usus. 

Hormon ini lebih kita kenal dengan hormon bahagia yang akan sangat mempengaruhi kesehatan dari mental dan juga suasana hati. Jika hormon ini mengalami gangguan , maka kita akan lebih mudah untuk mengalami depresi, setres, hingga gangguan kecemasan.

6. Peningkatan dari kadar gula darah kita

Peningkatan dari kadar gula darah kita bisa mengakibatkan resistensi insulin yang biasanya terjadi karena pola makan yang tinggi akan kalori dan juga gula, atau bisa juga terjadi karena gangguan dari pankreas. Tapi dengan tingginya kandungan dari gula darah juga akan memicu terjadinya usus bermasalah.

Keadaan ini akan memicu tidak seimbangan bakteri sehingga akan mempengaruhi metabolisme tubuh kita.

7. Bau mulut

Bau mulut tidak hanya bisa terjadi karena malasnya membersihkan gigi. Bau mulut juga bisa menjadi pertanda bahwa usus kita sedang mengalami masalah. Jika kita mengalami gangguan pencernaan, akan dapat memproduksi aroma – aroma yang tidak sedap dan akan keluar melalui mulut kita.

Demikianlah pembahasan dari tanda tanda dari usus yang bermasalah, dunia guru 87 sangat menyarankan agar kita bisa menjaga kesehatan usus agar tubuh kita menjadi lebih sehat dan bisa melakukan aktivitas dengan maksimal.