Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 efek samping kurang makan sayuran yang perlu kita perlu kita ketahui

7 efek samping kurang makan sayuran yang perlu kita  perlu kita ketahui
Foto oleh Eva Bronzini: https://www.pexels.com/id-id/foto/memasak-pisau-segar-sayur-mayur-7225580/


7 efek samping kurang makan sayuran yang perlu kita  perlu kita ketahui

 Sayuran -  tidak dapat kita pungkiri bahwa sayuran merupakan salah satu makanan yang sehat dan tinggi akan nutrisi. tapi kenyataannya tidak sedikit orang yang tidak menggemari konsumsi sayur-sayuran. hal ini bisa terjadi karena rasa sayuran yang tidak senikmat ketika kita mengkonsumsi daging ataupun makanan gorengan yang menjadi permasalahannya adalah jika kita tidak bisa mencukupi kebutuhan harian sayuran akan berdampak negatif bagi tubuh kita .

 efek negatif kurang mengkonsumsi sayuran

 badan kesehatan dunia sangat menyarankan agar kita bisa mencukupi kebutuhan sayuran yaitu 400 gram setiap harinya. jika kita tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan harian sayuran akan  berimbas pada tubuh kita. di bawah ini adalah beberapa efek negatif yang telah dunia guru 87 rangkum antara lain

  •  mudah merasa lelah

Rasa mudah lelah ini tidak hanya terjadi ketika kita kurang tidur atau beraktivitas yang terlalu berat. Beberapa pakar menyatakan rasa lelah ini bisa disebabkan oleh kekurangan asupan sayuran harian.

  •  Perut kembung

Dengan mengkonsumsi sayuran akan mengurangi kemungkinan kita untuk terkena perut kembung hal ini bisa terjadi karena sayuran akan membantu pencernaan kita untuk bisa berjalan dengan lancar. sedikit info sayuran kubis bisa menyebabkan perut kembung apabila kita konsumsi dengan berlebihan.

  •  sering sakit

sering sakit bisa terjadi karena pola makan kita yang buruk. pola makan yang buruk ini bisa saja terjadi karena konsumsi sayuran yang kurang di dalam sayuran terdapat vitamin dan juga antioksidan Yang sangat mempengaruhi kondisi imun tubuh kita.

  • Mudah cemas

 tanpa kita sadari, kemalasan kita untuk mengkonsumsi sayuran dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk terkena kesehatan mental. hal ini bisa terjadi karena tubuh akan lebih mudah mengalami peradangan dan juga rasa stress ketika asupan dari nutrisi yang terdapat di dalam sayuran dan juga buah-buahan tidak tercukupi.

 di dalam sayuran terdapat asam folat yang mempunyai fungsi sebagai perangsang dari hormon  dopamine  hormon inilah yang berfungsi untuk membuat kita merasa bahagia dan juga rileks yang terjadi jika kita mengalami kekurangan hormon ini adalah kita lebih mudah untuk merasa cemas, stress dan gangguan suasana hati lainnya.

  •  Munculnya masalah  gusi berdarah

Kurangnya mengkonsumsi sayuran dapat menyebabkan gusi berdarah hal ini bisa terjadi karena tubuh kita tidak mendapatkan vitamin C yang cukup yang akan berimbas kepada gusi kita  seperti memar-memar pembengkakan hingga terjadinya pendarahan. cara mengatasinya sangatlah mudah yaitu dengan mempersering atau memperbanyak konsumsi sayuran yang mengandung vitamin C seperti bayam, kol,  brokoli, dan juga paprika.

  •  kesulitan diet

 ketika kita kekurangan asupan serat yang ada pada sayuran dan juga buah-buahan, tubuh kita pun akan lebih mudah merasa lapar. Hal ini tentu akan memancing kita untuk melakukan kegiatan ngemil yang tidak sehat, sehingga akan menyebabkan berat badan tubuh kita menjadi sulit untuk turun.

  •  Pikun

Kurangnya asupan nutrisi yang terdapat di dalam sayuran akan membuat otak kita tidak bisa bekerja  secara maksimal. Hal ini tentu berimbas kepada daya ingat kita yang akan semakin berkurang.

Demikianlah pembahasan tentang efek samping dari kurangnya mengkonsumsi sayuran yang perlu kita ketahui semoga saja artikel ini akan bisa membantu kita untuk bisa menjaga kesehatan yang lebih baik lagi. Ingatlah kawan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat