Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 tanda tubuh ketika kita mengkonsumsi garam berlebih yang sangat perlu untuk kita ketahui

5 tanda tubuh ketika kita mengkonsumsi garam berlebih yang sangat perlu untuk kita ketahui
Foto oleh Đá Cuội: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-asia-mengerjakan-garam-2345521/


5 tanda tubuh ketika kita mengkonsumsi garam berlebih yang sangat perlu untuk kita ketahui

Garam – garam merupakan bumbu makanan yang hampir kita gunakan di setiap makanan yang kita masak. Selain itu garam ini juga bisa kita temukan pada makanan – makanan lain, termasuk juga makanan yang ada di dalam kemasan yang sangat mudah untuk kita jumpai di toko maupun swalayan. Masalahnya adalah mengkonsumsi garam yang berlebihan akan tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Tanda – tanda tubuh kelebihan garam

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi garam yang berlebihan akan mampu untuk menyebabkan terjadinya hipertensi atau lebih kita kenal dengan hipertensi.  Masalah kesehatan ini akan dapat mengakibatkan kita untuk bisa terkena penyakit seperti stroke dan juga jantung. Maka dari itu alangkah baiknya kita bisa membatasi konsumsi garam ini.

Dibawah ini adalah beberapa tanda dari tubuh kita yang kelebihan garam

1. Sakit kepala

Jika kita sering mengalami gejala sakit kepala tanpa alasan yang jelas, alangkah baiknya kita bisa mengatur konsumsi garam harian kita. jika konsumsi garam kita lumayan tinggi, kemungkinan sakit kepala ini terjadi karena hal ini.

Sakit kepala bisa terjadi karena kandungan yang ada di dalam garam. Kandungan seperti natrium ini akan dapat memicu  terjadinya perubahan ukuran dari pembuluh darah, khususnya pembuluh darah yang akan menuju otak kita. jika sampai pembuluh darah ini mengalami penyempitan, akan sangat mungkin untuk kita mengalami sakit kepala.

2. Sering buang air kecil

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam akan dapat meningkatkan intensitas kita untuk buang air kecil. Dalam penelitian dari nagasaki university yang di lakukan pada tahun 2017, mengemukakan bahwa konsumsi garam yang berlebihan akan dapat meningkatkan intensitas dari buang air kecil.

Hal ini tentu akan sangat mengganggu bagi orang orang yang sudah lanjut usia karena bisa mengganggu istirahat mereka.

3. Merasakan sensasi kembung

Dengan mengkonsumsi garam yang berlebihan, akan dapat meningkatkan kadar natrium yang ada di dalam tubuh.  Hal ini tentu akan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Garam yang ada di dalam tubuh kita akan dapat menahan dan juga mengikat cairan, hal ini akan mengakibatkan munculnya sensasi kembung yang cukup tidak nyaman dan akan berlangsung lama. 

4. Makanan akan menjadi hambar

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi garam akan dapat mengganggu indra pengecap kita. hal ini tentu akan mempengaruhi rasa makanan kita pada makanan dengan kadar gula yang rendah, makanan tersebut akan lebih terasa hambar.

5. Terjadinya pembenggakan pada beberapa bagian tubuh

Dengan mengkonsumsi garam yang berlebihan akan dapat menyebabkan terjadinya retensi cairan yang akan berujung kepada terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh kita seperti bagian jari – jari,  bagian mata, dan bisa saja juga terjadi pembengkakan pada bagian kaki.

Demikianlah pembahasan dari tanda – tanda tubuh kita yang mengalami kelebihan garam, semoga saja dengan terbitnya artikel ini, kita bisa menjaga kandungan garam yang sesuai dengan kebutuhan dari tubuh kita. kita sangat mengetahui pengaruh besar dari kesehatan terjadap aktivitas kita

Maka dari itu untuk bisa melakukan aktivitas yang maksimal, kita juga harus bisa untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain artikel tentang kesehatan, di dalam blog dunia guru 87 juga telah di sediakan kebutuhan – kebutuhan dari guru di dalam melaksanakan tugas dan juga kewajibannya di dalam kelas.