Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Makanan pemicu kanker yang perlu kita hindari – dunia guru 87

6 Makanan pemicu kanker yang perlu kita hindari – dunia guru 87
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

6 Makanan pemicu kanker yang perlu kita hindari – dunia guru 87

Makanan pemicu kanker – penyakit kanker adalah jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, penyakit kanker adalah salah satu penyumbang angka kematian terbanyak di dunia. Dan tanpa kita sadari pola hidup kita yang salah bisa menjadi salah satu penyebab terjangkitnya penyakit berbahaya ini.

Dan sudah menjadi rahasia umum, bahwa biaya pengobatan yang di perlukan untuk mengobati jenis penyakit ini tidaklah sedikit. Kita harus merogok kantong dalam – dalam apabila penyakit ini menyerang kita suatu saat nanti.

Makanan dan minuman pemicu kanker

Dunia guru 87 telah merangkum beberapa makanan dan minuman yang bisa menjadi salah satu pemicu kita terjangkit penyakit kanker, makanan dan minuman tersebut diantaranya

1. Makanan cepat saji 

Dikutip dari hellosehat.com, salah satu makanan pemicu kanker adalah makanan cepat saji/ junk food. Jenis makanan ini memiliki kadar lemak , gula dan garam yang sangat tinggi yang akan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Kebiasaan kita yang sering mengkonsumsi makanan jenis junk food ini, akan lebih membuat kita kelebihan berat badan. Apalagi jika teman – teman malas untuk berolahraga, kemungkinan untuk terjadinya obesitas akan semakin tinggi.

Dengan meningkatnya berat badan kita, kita akan lebih mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit, Salah satunya adalah penyakit kanker. Penyakit kanker yang kemungkinan menjangkit kita – kita yang mengalami obesitas adalah kanker ginjal / kanker prostat.

2. Minum – minuman bersoda

Minuman jenis ini adalah minuman yang paling banyak di gemari oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Apalagi minuman bersoda ini disajikan dalam keadaan dingin, wah mantap bener rasanya sampai tak ingin berhenti untuk meminumnya. Tapi yang menjadi persoalannya adalah minuman bersoda merupakan jenis minuman yang sangat tidak di rekomendasikan untuk di konsumsi.

Dalam minuman yang bersoda ada kadar gula yang sangat tinggi. Gula yang terdapat dalam minuman bersoda ini berasal dari sirup jagung, seperti yang kita ketahui bahwa sirup jagung ini memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi. Jenis gula ini juga sangat sulit untuk di cerna tubuh.

Yang terjadi apabila kita terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda , adalah organ tubuh kita yaitu hati akan bekerja ekstra kerang untuk mampu mengolahnya. Selain hal tersebut, zat pewarna yang terdapat dalam minuman ini juga akan menjadi pemicu terciptanya penyakit kanker pada organ pencernaan kita.

3. Makanan yang memiliki rasa asin

Dikutip dari artikel hallodoc.com Makanan pemicu kanker berikutnya adalah jenis makanan yang memiliki rasa asin, atau sengaja diasinkan, atau mungkin juga di asapi, jenis makanan ini memiliki fungsi sebagai pengawet dan juga sebagai bahan pewarna makanan. Akan tetapi tubuh kita akan mengubahnya menjadi N – nitroso yang akan berkaitan dengan meningkatnya kemungkinan kanker .

4. Keripik kentang 

Makanan jenis ini juga sebenarnya termasuk kedalam kategori junk food, karena sangat mudah dan cepat untuk kita dapatkan. Seperti yang kita ketahui bahwa keripik kentang yang beredar di sekitar kita memiliki varian rasa yang berbeda – beda. Begitu juga warnyanya yang sangat menggoda mata.

Tanpa kita ketahui makanan jenis ini juga merupakan salah satu makanan pemicu kanker yang harus kita hindari. Kandungan lemak trans yang tinggi, begitu juga dengan bahan pengawet, pewarna  dan kandungan garam di dalamnya merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit kanker.

5. Daging merah

Walaupun kandungan nutrisi pada daging merah sangat tinggi, alangkah baiknya kita mampu untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi daging merah.

Karena apabila kita terlalu sering mengkonsumsi daging merah, akan menyebabkan timbulnya atau munculnya berbagai penyakit diantaranya kanker, obesitas, dan yang lainnya. Apalagi, jika kita suka mengkonsumsi daging bakar , kemungkinan kita terjangkit penyakit kanker pankreas agar sangat meningkat.

6. Alkohol 

Selain minuman bersoda, minuman beralkohol juga merupakan salah satu makanan pemicu kanker. Mengkonsumsi minuman beralkohol  secara berlebihan dan terus menerus, akan sangat meningkatkan kemungkinan kita untuk terjangkit penyakit kanker mulut, payudara, dan juga kanker perut.

Cara mencegah kanker

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam rangka untuk mencegah kita terkena penyakit kanker. Cara tersebut antara lain

1. Rajin berolahraga,
2. Mengkonsumsi makanan yang sehat,
3. Menghindari rokok dan juga alkohol,
4. Mengurangi konsumsi lemak 
5. Dll.

Demikianlah artikel tentang 6 Makanan pemicu kanker yang perlu kita hindari. Semoga saja dengan adanya artikel ini , kita bisa menghindari makanan dan minuman yang mampu untuk memicu terjadinya penyakit jantung.

Dan semoga saja kita selalu mampu untuk menjaga kesehatan kita dan juga orang – orang yang ada di sekitar kita. Karena kesehatan itu mahal, alangkah baiknya kita harus tetap menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih. Dan sampai jumpa lagi di tips sehat lainnya.