Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh manusia yang belum banyak orang ketahui

 7 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh manusia yang belum banyak orang ketahui

Manfaat pisang – buah pisang adalah buah yang paling gampang di temui di Indonesia. Buah pisang tidak hanya bisa kita temui di toko – toko buah, tapi bisa kita dapatkan dari kebun di rumah kita ( kalau kita menanamnya hehe ). Buah pisang ini memiliki rasa yang manis dan bisa mengenyangkan, banyak pakar – pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa buah pisang adalah buah yang mampu memberikan andil yang besar bagi kesehatan tubuh manusia.

10 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh manusia yang belum banyak orang ketahui
Foto oleh Kimona dari Pexels

Manfaat buah pisang bagi tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam buah pisang antara lain kalium, potasium, zat besi, serat, bermacam vitamin, dan juga magnesium. Hal inilah yang membuat buah pisang dikategorikan sebagai superfood yang sangat menyehatkan.

Dibawah ini adalah manfaat pisang yang telah di rangkum oleh dunia guru, sebagai motivasi kita agar lebih rajin lagi mengkonsumsi buah pisang.

1. Sumber energi tubuh

Buah pisang mengandung gula alami dan juga serat, yang bisa membantu tubuh kita menjadi berenergi. Hal ini dapat di artikan bahwa dengan mengkonsumsi buah pisang akan membuat tubuh kita bertenaga sehingga mampu melakukan aktifitas sehari – hari.

Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi dua buah pisang, mampu mensuplai energi bagi tubuh sehingga mampu berjalan selama 90 menit. Hal ini membuktikan bahwa manfaat pisang memanglah sangat besar bagi tubuh manusia.

2.Kesehatan otak manusia 

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, buah pisang ini mengandung kalium yang sangat tinggi. Kalium ini sangatlah baik untuk kesehatan otak manusia, diantaranya mampu membuat kita bisa berpikir dengan lebih baik, konsentrasi kita juga akan lebih meningkat, dan juga tidak akan mudah lupa.

Selain kalium, dalam buah pisang juga terdapat magnesium yang tingkat kandungannya tinggi.  Magnesium ini akan membantu meningkatkan fungsi otak sehingga otak kita bisa lebih baik lagi dalam mengirim sinyal. Magnesium ini juga memastikan hadirnya NMDA  yang mampu memaksimalkan tumbuh kembang otak anak anak,sehingga akan meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

3. Salah satu opsi diet

Manfaat pisang yang berikutnya adalah salah satu opsi bagi kita yang tengah menjalani program diet. Buah pisang mengandung karbohidrat resistant strach  yang mampu mengenyangkan perut kita dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga bagi sebagian orang menggunakan buah pisang sebagai opsi diet yang sehat.

4. Mengurangi setres

Dalam buah pisang, terdapat vitamin B6 dan asam amino triptofan yang mampu merangsang terciptanya hormon serotonin yang mampu mengurangi setres, mampu mendorong pikiran dan juga tubuh kita untuk menjadi lebih rileks lagi, dan pada akhirnya akan membuat kita menjadi lebih berbahagia lagi.

5. Kandungan antioksidan yang tinggi

Manfaat pisang yang ke lima adalah kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan adanya kandungan antioksidan ini akan merangsang kekebalan tubuh menjadi lebih baik lagi, sehingga mampu mengurangi efek buruk dari radikal bebas. Banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa antioksidan mampu meningkatkan katekit dan juga hormon dopamine yang mampu mencegah setres dan terjadinya peradangan.

6. Menyehatkan saluran pencernaan

Manfaat pisang yang ke enam adalah mampu menyehatkan saluran pencernaan manusia. Buah pisang kaya akan serat, fungsi serat ini sudah banyak diketahui sebagai pencegah masalah sembelit, perut kembung, dan juga gangguan gangguan lainnya. Serat yang terkandung dalam buah pisang adalah serat pektin yang mampu menekan terjangkitnya penyakit kangker usus besar.

7. Pengendali kadar gula darah

Seperti yang kita ketahui bahwa buah pisang ini memiliki rasa yang manis, tapi jangan salah buah pisang ini adalah salah satu pengendali gula darah agar tetap seimbang.

Demikianlah artikel 10 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh manusia yang belum banyak orang ketahui yang bisa dunia guru bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman.