Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP PJOK KELAS 6 SEMESTER 2 k13 baru

 RPP PJOK KELAS 6 SEMESTER 2 k13 baru

RPP PJOK -  Pendidikan jasmani , olahraga, dan kesehatan atau lebih dikenal dengan istilah PJOK adalah salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar. Mata pelajaran ini akan di ampu oleh guru olahraga yang ada di sekolah, karena materi – materi yang terdapat dalam RPP PJOK ini akan lebih spesifik terhadap materi jasmani , olahraga dan juga kesehatan.

RPP PJOK KELAS 6 SEMESTER 2 k13 baru
Foto oleh Kindel Media dari Pexels

Pada semester 2 ini, materi Pjok akan membahas tentang aktivitas air ( renang gaya dada ), konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan penyakit yang tidak menular, prosedur latihan kebugaran jasmani, rangkaian gerak dominan senam, dan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah mengikuti irama dan ayunan lengan.

Aktivitas air renang gaya dada adalah salah satu materi yang harus di input kedalam RPP PJOK semester 2. Tujuan dari materi ini adalah peserta didik mampu menerapkan keterampilan salah satu gaya renang yang bertujuan sebagai dasar dasar dalam menyelamatkan diri. Selain itu dalam RPP ini, peserta didik ditargetkan untuk mampu menyimak dan memperagakan materi aktivitas air ( renang gaya dada ). Maka dari itu aktivitas air renang gaya dada ini harus di sampaikan dengan sebaik baiknya agar peserta didik mampu menerapkan apa yang menjadi target dari materi RPP PJOk semester 2.

RPP Penjaskes sd kelas 6 semester 2

Konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan penyakit tidak menular, merupakan salah satu materi PJOK yang ada di kelas 6 semester 2 yang harus kita input kedalam RPP PJOK. Dalam materi ini diharapkan peserta didik mampu mejelaskan konsep pemeliharaan diri dan orang lain terhadap penyakit menular dan juga penyakit tidak menular, selain itu peserta didik diharapkan mampu menjelaskan arti penyakit menular dan penyakit tidak menular, dan semua yang berhubungan dengan penyakit menular dan tidak menular mulai dari penularan dan juga cara menjaga kesehatan terhadap penyakit.

Yang paling penting dari materi ini adalah peserta didik mampu menjelaskan cara penularan penyakit menular dan tidak menular sehingga peserta didik mampu mempraktikkan gaya hidup sehat dalam rangkan menjegah terjangkitnya suatu penyakit.

Selain dua materi di atas, dalam pjok kelas 6 semester 2 juga terdapat materi prosedur latihan kebugaran jasmani. Dalam materi ini akan membahas tentang jenis jenis latihan kebugaran jasmani yang sangat di butuhkan oleh tubuh dalam rangka menjaga kesehatan dan menjahui diri dari berbagai jenis penyakit. Materi yang akan di bahas antara lain menghitung denyut jantung, menghitung kemampuan push up setiap peserta didik, dan menghitung kelentukan tungkai.

Dalam materi prosedur latihan kebugaran jasmani ini juga akan membahas tentang tata cara lari cepat 50 meter. Yang di harapkan dari materi ini adalah peserta didik mampu menerapkan lari cepat 50 meter dengan baik dan benar sesuai dengan aturan – aturan yang berlaku.

RPP PJOK semester 2

Materi selanjutnya yang akan di bahas dalam RPP PJOK adalah rangkaian gerak dominan senam. Melalui pembahasan RPP ini anak – anak  ditarketkan agar mampu untuk menjelaskan prosedur - prosedur gerak dominan dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas – aktivitas senam. Hal ini sangatlah penting untuk dapat di kuasai oleh peserta didik, karena materi ini akan dijumpai lagi oleh peserta didik di kelas – kelas yang lebih tinggi.

Materi terakhir yang akan di bahas dalam RPP PJOK semester 2 adalah variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah mengikuti irama dan ayunan lengan. Dalam materi ini , peserta didik akan belajar tentang rangkaian gerak dasar langkah kaki yang bertema tentang budaya daerah dan juga nasional yang mengikuti irama atau ketukan tanpa musik/ dengan musik .

Kelima materi tersebut diatas akan menjadi isi dari RPP PJOK semester 2 di kelas 6. Kita harus bisa menyusun RPP PJOK ini dengan sebaik – baiknya agar penyempaian atau pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang telah bapak ibu guru tentukan.

Download RPP PJOK semester 2

1. Aktivitas air renang gaya dada ( LINK )

2. Konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan penyakit yang tidak menular ( LINK )

3. Prosedur latihan kebugaran jasmani ( LINK )

4. Rangkaian gerak dominan senam ( LINK )

5. Variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah mengikuti irama dan ayunan lengan ( LINK )

Demikianlah RPP Pjok kelas 6 semester 2 k13 baru yang bisa saya bagikan kali ini, semoga saja artikel ini bisa membantu guru – guru olahraga dalam melaksanakan tugas di kelas 6.