Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP PJOK kelas 5 semester 2 k13 terbaru

rpp pjok kelas 5 semester 2 k13 terbaru
Foto oleh cottonbro dari Pexels

 RPP PJOK kelas 5 semester 2 k13 terbaru

RPP PJOK – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK adalah rencana pembelajaran PJOK yang akan di terapkan di kelas ataupun di lapangan. RPP ini di susun agar pelaksanaan pembelajaran PJOK bisa berjalan dengan baik dan teratur, selain itu dengan adanya RPP ini kita bisa lebih mudah menyempaikan suatu materi pelajaran.

RPP PJOK kelas 5 ini di susun di awal semester dengan berpatokan pada kalender pendidikan Prota dan Promes, dan juga silabus. Maka dari itu, sebelum bapak ibu guru menyusun RPP PJOK, bapak ibu guru harus menyelesaikan atau merampungkan Prota dan promes , silabus terlebih dahulu.

Pembelajaran PJOK sangat penting bagi peserta didik, karena dengan pelajaran PJOK peserta didik mengetahui tentang seluk beluk seputar olahraga. Selain itu dalam pelajaran pjok juga terdapat tata cara merawat kesehatan tubuh, yang harus di ketahui oleh peserta didik dan juga harus bisa di terapkan pada kehidupan sehari – hari.

Dalam RPP PJOK kelas 5 semester 2 ini akan membahas tentang aktivitas gerak yang berirama, bahaya dari merokok, minum – minuman keras, dan juga bahaya dari Narkotika. Selain itu dalam RPP PJOK ini juga terdapat kebersihan alat reproduksi, renang gaya dada, dan juga senam yang menggunakan alat. Kelima materi inilah yang akan kita input kedalam RPP PJOK kelas 5 semester 2.

RPP PJOK kelas 5 semester 2

Materi yang akan kita bahas pertama disini adalah aktivitas gerak berirama, materi ini memiliki beberapa tujuan yang harus kita capai diantaranya peserta didik harus bisa menjelaskan prosedur – prosedur kombinasi gerak – gerak dasar langkah kaki, ayunan lengan.

Selain itu peserta didik harus mampu mempraktekkan kombinasi gerak dasar langkah kaki dan juga ayunan lengan. Harapan kita sebagai guru PJOK, tujuan tujuan dari RPP ini mampu tercapai ketika peserta didik telah menyelesaikan pembelajaran di lapangan ataupun di kelas. Demi tercapainya tujuan pembelajaran dari RPP ini, kita bisa menggunakan bantuan media pembelajaran berupa video gerak berirama yang bisa di tonton dan bisa juga langsung dengan praktek.

Biasanya dalam materi ini, saya akan lebih banyak melaksanakan kegiatan praktek atau kegiatan lapangan di bandingkan dengan kegiatan pembahasan materi. Kegiatan praktek lebih saya pilih karena, dengan kegiatan praktek peserta didik akan langsung mempraktekkan gerak berirama tersebut, selain itu peserta didik secara tidak langsung akan melaksanakan latihan fisik tanpa mereka ketahui.

Materi kedua yang terdapat dalam RPP PJOK kelas 5 semester 2 ini adalah bahaya merokok, minum – minuman keras dan juga narkotika. Kita mulai dari bahaya merokok, kita bisa mengenalkan kepada peserta didik tentang kandungan – kandungan apa saja yang terdapat dalam rokok, setelah itu kita bisa membahas tentang bahaya rokok bagi kesehatan manusia dan orang orang di sekitarnya. Harapan kita setelah menyelesaikan materi ini, peserta didik mampu mengetahui bahaya rokok dan menjauhi rokok dari kehidupan sehari – hari.

RPP PJOK kelas 5

Selain itu minum – minuman keras juga merupakan masalah yang ada di masyarakat Indonesia, sehingga kita harus bisa menanamkan ke peserta didik tentang bahaya minum minuman keras bagi kesehatan. Selain itu kita juga harus bisa mengarahkan peserta didik agar menjauhi minum minuman keras , karena tidak ada untungnya juga bagi mereka.

Yang terakhir adalah bahaya narkotika, norkotika ini adalah barang yang di larang di Indonesia dan juga di dunia. Dalam RPP ini kita akan membahas tentang bahaya dari mengkonsumsi narkotika, dan juga kita harus bisa mengarahkan dan memperdalam pengetahuan peserta didik tentang narkotika.

Materi berikutnya yang harus kita bahas dalam RPP PJOK kelas 5 semester 2 adalah kebersihan alat reproduksi. Tujuan yang ingin di capai dari RPP ini adalah agar peserta didik mampu menyebutkan bagian alat reproduksi manusia, selain itu peserta didik juga diharapkan mampu menyebutkan fungsi dari alat reproduksi manusia, peserta didik juga harus mampu menjelaskan fungsi menjaga kebersihan alat reproduksi, dan yang terakhir adalah peserta didik di harapkan mampu mengetahui penyakit alat reproduksi manusia yang terjadi karena tidak menjaga kebersihan.

Selain materi yang telah saya jabarkan di atas, dalam RPP PJOK kelas 5 juga terdapat materi renang dengan gaya dada, dan juga senam dengan menggunakan alat. Semua materi ini harus bisa kita susun dengan sebaik – baiknya agar mampu di serap dengan mudah oleh peserta didik.

Selain itu dengan bantuan RPP PJOK, peserta didik mampu mengikuti kegiatan penilaian dengan baik dan mampu melewati batas minimal nilai yang telah bapak ibu guru tentukan. Nilai PJOK ini akan di gabung dengan Nilai nilai lainnya seperti nilai tema, nilai bahasa daerah, nilai agama, nilai bahasa inggris, dan juga nilai – nilai lainnya. Maka dari itu kita sangat berharap agar peserta didik mampu menyerap materi – materi yang kita berikan di lapangan, sehingga nilai yang peserta didik dapatkan mampu mencapai target.

Download RPP PJOK kelas 5

1. Aktivitas gerak berirama ( LINK )
2. Bahaya merokok, minum minuman keras, dan Narkotika ( LINK )
3. Kebersihan alat reproduksi ( LINK )
4. Renang gaya dada ( LINK )
5. Senam menggunakan alat ( LINK )

Demikianlah artikel tentang RPP PJOK kelas 5 semester 2 k13 terbaru, yang bisa dunia guru bagikan. Terimakasih juga karena bapak ibu guru telah berkunjung ke www.duniaguru87.com .