Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP PJOK kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 – dunia guru 87

rpp pjok kelas 4 semester 2 kurikulum 2013
Foto oleh Ron Lach dari Pexels

 RPP PJOK kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 – dunia guru 87 

RPP PJOK – PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di kelas 4 sekolah dasar. Mata pelajaran PJOK ini biasanya kebanyakan di adakan di luar kelas, dan membutuhkan ruang yang luas dalam pelaksanaanya.

RPP PJOK ini adalah  salah satu administrasi guru PJOK, yang harus di lengkapi agar dapat melaksanakan tugas dengan baik di sekolah. RPP ini sangat penting untuk di susun dan di miliki, karena dengan bantuan RPP ini pembelajaran PJOK yang kita berikan bisa lebih terurut dan teratur sehingga sesuai dengan waktu yang tersedia dan yang lebih penting adalah lebih mudah di tangkap oleh peserta didik.

Dalam menyusun RPP PJOK ini, kita harus memiliki administrasi dasar yaitu Prota dan Promes. Kita tidak akan bisa menyusun suatu Rencana pelaksanaan pembelajaran apabila belum memiliki Prota dan promes, karena dengan adanya prota dan promes kita akan tahu susunan waktu yang tersedia.

Hal ini akan memudahkan kita dalam penyusunan RPP PJOK, karena kita tinggal membagi materi yang ada menjadi beberapa bagian agar sesuai dengan waktu yang tersedia selama semester 2 ini. Selain Prota dan Promes, kita juga harus berpatokan pada silabus. Karena isi  silabus akan lebih terperinci lagi, sehingga kita bisa lebih mudah lagi dalam menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran.

RPP PJOK kelas 4 Semester 2

Bapak Ibu guru PJOK, bapak ibu guru harus bisa menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik dan mampu membuat peserta didik lebih mudah dalam menyerap suatu ilmu. RPP PJOK merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.

Dengan bantuan Rencana pelaksanaan pembelajaran, kita bisa dengan mudah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. maka dari itu sebelum kita menyusun RPP PJOK kelas 4 semester 2, kita harus tahu terlebih dahulu materi – materi apa saja yang terdapat dalam kelas 4 semester 2.

Materi materi pjok yang terdapat di kelas 4 antara lain aktivitas gerak berirama, aktivitas senam lantai, jenis cedera dan cara penanggulangannya, prilaku terpuji dalam kehidupan sehari – hari , dan renang.

Materi aktivitas gerak berirama ini adalah salah satu materi yang harus kita buatkan rencana pelaksanaan pembelajaran, agar materi ini bisa tersampaikan dengan baik sehingga peserta didik mampu menjelaskan prosedur – prosedur berbagai aktivitas gerak yang berirama dan juga agar peserta didik mampu melaksanakan latihan gerak secara berirama.

Selain materi aktivitas gerak berirama, di kelas 4 semester 2 terdapat materi aktivitas senam lantai. Biasanya materi ini akan sangat mudah untuk di serap oleh peserta didik, karena mereka menganggap materi ini sangat menarik dan sangat seru untuk di lakukan secara bersama – sama. Tujuan yang ingin di capai dari materi aktivitas senam lantai ini adalah peserta didik mampu mempraktekkan gerakan senam lantai secara individu.

RPP PJOK kelas 4

Jenis cedera dan cara penanggulangannya juga merupakan salah satu materi pjok di kelas 4 yang harus kita buatkan RPP PJOK. Tujuan yang ingin kita capai dari RPP PJOK ini adalah peserta didik mampu menyusun sebuah laporan yang isinya tentang macam – macam cedera, selain itu peserta didik diharapkan mampu melaksanakan pertolongan pertama pada teman yang cedera.

Materi selanjutnya adalah prilaku terpuji dalam kehidupan sehari hari, biasanya materi ini akan di sampaikan oleh guru pjok di dalam kelas dalam jam teori Pjok. Tujuan dari materi ini adalah agar peserta didik mampu menerapkan sikap – sikap yang terpuji sehingga kondisi kelas dan sekolah menjadi kondusif.

Materi yang terakhir adalah renang. Hampir semua orang menggemari aktivitas renang termasuk kita, begitu juga dengan anak anak yang sangat menggemari air. Maka dari itu saya sangat optimis materi ini akan sangat menarik dan sangat di gemari oleh peserta didik.

Download RPP PJOK kelas 4 semester 2

Aktivitas gerak berirama ( LINK )
Aktivitas senam lantai ( LINK )
Jenis cedera dan cara penanggulangannya ( LINK )
Prilaku terpuji dalam kehidupan sehari – hari ( LINK )
Renang ( LINK )

Demikianlah artikel tentang RPP PJOK kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 yang bisa dunia guru bagikan kali ini, sampai jumpa di artikel – artikel berikutnya.