Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Bahaya permen yang perlu kita ketahui

3 Bahaya permen yang perlu kita ketahui
Foto oleh Oleksandr Pidvalnyi: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-wanita-memegang-lollipop-1540408/


3 Bahaya permen yang perlu kita ketahui

Bahaya permen – permen merupakan salah satu cemilan favorit dari semua orang. Baik itu anak – anak hingga orang tua sangat menggemari cemilan ini.  tidak sedikit orang yang mengkonsumsi permen ini untuk mengurangi rasa bosan, atau hanya sekedar menjadi pemeriah ketika kita bersantai ria. Tapi yang perlu kita ketahui bahwa permen termasuk kedalam cemilan yang tidak baik untuk kesehatan.

Kandungan berbahaya yang ada di dalam permen

Banyak orang yang tidak menyadari akan bahaya dari mengkonsumsi permen. Karena menganggap bahwa permen yang berukuran kecil ini tidak akan membawa imbas yang jelek terhadap tubuh.

Di bawah ini ada beberapa kandungan berbahaya permen yang telah di rangkum oleh dunia guru 87 antara lain

  • Terdapat sukrosa dan glukosa

Seperti yang telah kita ketahui kandungan utama dari permen adalah gula. Gula yang ada di dalam permen ini biasanya berasal dari gula pasir dan juga sukrosa. Dari kedua bahan inilah yang menjadi asal muasal nama kembang gula.

Selain kedua kandungan tersebut, ternyata di dalam permen juga terdapat kandungan gula lain yaitu glukosa.  Kandungan ini akan membuat tekstur permen menjadi lembut.

  • Terdapat kandungan sakarin / siklamat

Selain kandungan yang telah di bahas diatas, di dalam permen juga terdapat sakarin. Sakarin ini memiliki rasa yang sangat manis dan juga getir, tetapi jenis permen yang memakai bahan ini sudah mulai sulit untuk kita temukan.

  • Terdapat kandungan sitrat

Kandungan asam sitrat ini biasanya terdapat pada permen – permen yang memiliki rasa buah buahan. Sensasi yang kita dapatkan untuk permen yang memiliki kandungan asam sitrat adalah rasa masam.

  • Pewarna

Untuk menambahkan kesan menarik pada permen, permen akan di berikan pewarna atau zat pewarna seperti karmin dan erythrosine. Dua kandungan inilah yang akan memberikan warna pada permen yang kita konsumsi.

  • Zat – zat lainnya

Selain kandungan yang telah di jabarkan diatas, biasanya permen akan ditambahkan susu, tapi dengan jumlah yang sangat rendah. Selain susu, permen juga biasanya akan ditambahkan ekstrak dari kopi dan lemak nabati, gel. Yang menjadi permasalahannya adalah kandungan ini akan dapat meningkatkan kandungan gula di dalam permen.

Bahaya permen jika kita konsumsi secara berlebihan

Permen memiliki bahaya yang tidak bisa kita anggap remeh, di bawah ini adalah beberapa bahaya dari permen jiki kita konsumsi secara berlebihan antara lain:

  • Dampaknya sama seperti junkfood

Tidak sedikit orang yang beranggapan junk food ini hanya berupa makanan makanan siap saji seperti pizza, burger, french fries dan lain sebagainya. Ternyata permen juga termasuk kedalam jenis makanan junk food. Kandungan kalori dari permen memang rendah yaitu kisaran 20 calori, tapi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan mengakibatkan kelebihan asupan kalori.

Salah satu efek sampingnya adalah berat badan yang akan meningkat, sehingga akan meningkatkan kemungkinan kita untuk terkena penyakit seperti diabetes dan juga kardiovaskular. Kedua penyakit ini adalah penyakit yang berbahaya dan menjadi salah satu penyebab kematian di Indonesia.

  • Pola makan yang rusak

Ternyata hobi kita mengkonsumsi permen bisa merusak pola makan harian kita. hal ini bisa terjadi karena kandungan gula yang ada di dalam permen akan menurunkan keinginan kita untuk mengkonsumsi sayuran dan juga buah buahan. Hal ini tentu tidak akan baik bagi kesehatan kita.

  • Penyebab rusaknya gigi

Salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada gigi adalah kandungan gula yang ada di dalam permen. Apalagi jika permen yang kita konsumsi memiliki tekstur yang lengket dan mampu untuk menempel pada gigi. Hal ini akan menimbulkan gigi yang berlubang.