Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat dari buah blackberry yang perlu kita ketahui

10 Manfaat dari buah blackberry yang perlu kita ketahui
Foto oleh Ir Solyanaya: https://www.pexels.com/id-id/foto/blackberry-di-atas-meja-892808/


10 Manfaat dari buah blackberry yang perlu kita ketahui

Blackberry – buah ini mempunyai rasa yang asam, manis, dan juga lezat ketika kita konsumsi secara langsung ataupun ketika kita olah dalam bentuk makanan maupun minuman. Selain rasanya yang menggugah selera, ternyata buah blackberry ini memiliki segudan manfaat , di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum beberapa manfaat dari blackberry yang perlu kita ketahui

Kandungan dari buah Blackberry

Buah blackberry memiliki nama latin rubus fruticosus adalah salah satu tanaman dari suku rosaceae. Buah ini merupakan salah satu alternatif yang bagus bagi Anda yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat. Di dalam 1 cangkir blackberry terdapat 62 calori, 1 gram lemak, dan 14 gram karbohidrat.

Selain itu blackberry pun memiliki kadar glycemic indeks yang sangat rendah dan juga terdapat berbagai vitamin dan juga mineral. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah blackberry antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin K, serat, kalsium, mangan, dan zat besi.

Manfaat dari buah blackberry

Buah blackberry mempunyai beragam kandungan yang sangat tubuh butuhkan. Hal inilah yang membuah buah ini bisa kita konsumsi setiap harinya. Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari buah blackberry antara lain :

  • Alternatif yang bagus untuk diet

Tak dapat kita pungkiri bahwa dengan mengkonsumsi buah – buahan sangat bagus untuk menerunkan berat badan, tapi tidak semua buah buahan baik untuk kita gunakan sebagai opsi penurun berat badan.

Buah blackberry ini merupakan salah satu opsi terbaik bagi kita yang ingin menurunkan berat badan. Selain rasanya yang lezat, buah blackberry ini sangat rendah akan kalori dan kaya akan kandungan seratnya. Sehingga bisa kita gunakan sebagai makanan penurun berat badan.

  • Pengontrol kolesterol

Manfaat lainnya dari buah blackberry ini adalah sebagai pengontrol kadar kolesterol tubuh.  Buah blackberry ini tidak memiliki kandungan kolesterol. Selain itu buah ini juga akan membantu kita untuk memperlambat penyerapan lemak ke dalam darah. Hal ini di sebabkan oleh kandungan serat yang tinggi yang ada di dalam buah blackberry ini.

  • Pencegah osteoforosis

Buah blackberry merupakan salah satu buah yang dapat menjaga kesehatan tulang dan mampu untuk mencegah terjadinya ostedoforosis. Di dalam buah blackberry ini terdapat vitamin K yang sangat berperan di dalam metabolisme tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. 

Di dalam buah blackberry juga memiliki mangan yang cukup tinggi. Mangan ini sangat beguna untuk formasi dari kolagen yang  merupakan protein yang sangat penting untuk penyusunan tulang, kulit, dan juga otot maupun sendi 

  • Untuk melancarkan pencernaan

Dengan mengkonsumsi blackberry dengan rutin akan mampu untuk melancarkan pencernaan. Di dalam satu cup blackberry kita akan mendapatkan 31% serat.  Jumlah ini tergolong banyak, dan akan sangat membantu saluran pencernaan kita sehingga bisa berfungsi dengan lebih baik lagi.

  • Sangat baik untuk diabetes

Buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Seperti yang kita ketahui di dalam blackberry terdapat karbohidrat yang sangat rendah. Kadar GI yang berkisar antara 25 inipun sangat aman untuk para penderita diabetes. Selain itu serat yang terdapat di dalam buah blackberry ini akan membantu memperlambat tubuh kita di dalam menyerap gula ke darah.

  • Membuat normal pembekuan darah

Didalam buah blackberry, terdapat vitamin K yang sangat di butuhkan dalam pembekuan darah. Yang perlu kita ketahui bahwa jika tubuh kita kekurangan vitamin K ini, tubuh kita akan sangat mudah untuk memar, terjadi pendarahan ketika Mens, dan mungkin saja bisa terdapat darah di dalam tinja atau urin kita. di dalam satu porsi buah blackberry terdapat 29mcg vitamin K yang akan memenuhi sepertiga kebutuhan harian kita akan vitamin K

  • Untuk kesehatan mulut

Ini adalah manfaat lain dari buah blackberry. Buah blackberry mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi kita. seperti yang dilansir oleh healtline,  terdapat sebuah penelitian yang membuktikan buah blackberry memiliki sifat anti bakteri dan juga anti inflamasi terhadap jenis – jenis bakteri yang akan memicu munculnya penyakit pada mulut. Buah blackbery ini juga di percaya dapat mengendalikan penyakit pada gusi dan juga gigi yang berlubang.

  • Sistem imun tubuh akan meningkat

Buah blackberry ini memiliki kandungan antioksidan dan juga nutrisi yang cukup tinggi yang sangat dipercaya akan dapat meningkatkan imun tubuh kita. Di dalam buah blackberry terdapat vitamin C yang akan berperan sebagai anti oksidan. Selain itu fungsi lain dari vitamin C ini adalah dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit dan mampu untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

  • Cocok untuk di konsumsi oleh ibu hamil

Salah satu buah yang sangat cocok untuk di konsumsi oleh ibu hamil adalah buah blackberry ini. 

Buah ini memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil antara lain dapat memenuhi vitamin dan juga mineral. Kebutuhan nutrisi ibu hamil sangatlah tinggi, karena akan dipergunakan untuk pertumbuhan janinnya. 

  • Sangat baik untuk kesehatan kulit kita

Manfaat lainnya dari buah blackberry ini adalah mampu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. buah blackberry ini mampu untuk membantu kita untuk mencegah kerutan kulit. Antioksidan yang ada di dalam buah blackberry ini akan dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini.

Seperti yang kita ketahui buah blackberry ini juga memiliki kandungan nutrisi yang akan membantu tubuh kita untuk membantu pembentukan kolagen. Kolagen ini sendiri akan berfungsi untuk menjaga kekencangan dan juga elastisitas kulit kita.

Demikianlah pembahasan tentang 10 manfaat dari buah blackberry yang perlu untuk kita ketahui. Semoga saja artikel ini akan membantu kita di dalam menjaga kesehatan. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.