Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara jitu mencegah kanker

5 Cara jitu mencegah kanker
Foto oleh Anna Shvets: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-tangan-berwarna-merah-muda-memegang-3900468/


5 Cara jitu mencegah kanker

Kanker – salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia adalah penyakit kanker. Yang menjadi permasalahnya adalah gaya hidup yang buruk menjadi pemicu munculnya penyakit ini. oleh karena itu kita harus bisa menerapkan gaya hidup yang sehat agar bisa terhindar dari bahaya penyakit yang menyeramkan ini. lalu cara apa sajakah yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari penyakit kanker?

Cara ampuh yang bisa kita lakukan untuk bisa mencegah penyakit kanker

Terdapat banyak faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker ini, salah satu contohnya adalah faktor keturunan atau bisa juga faktor lingkungan.  Andai saja kita bisa menerapkan gaya hidup yang sehat, akan sangat mampu untuk menekan risiko kemungkinan untuk terjangkit penyakit ini.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang telah dunia guru 87 rangkum untuk bisa menghindari terjangkitnya penyakit kanker

Mengurangi minuman bersoda

Tak bisa kita pungkiri bahwa minuman bersoda adalah salah satu minuman yang bisa melepas dahaga, karena rasanya yang segar. Tapi semakin sering kita mengkonsumsi minuman bersoda ini, semakin tinggi juga risiko kita untuk terjangkit penyakit kanker.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan methylimidazole yang terdapat di dalam pewarna minuman tersebut. Kandungan inilah yang akan dapat meningkatkan risiko dari kanker seperti kanker paru – paru dan juga leukimia. Maka dari itu sangat di sarankan agar kita bisa mengurangi konsumsi minuman bersoda, bahkan jika bisa kita harus menghindarinya.

Polusi Udara

Salah satu polusi udara yang berbahaya adalah gas buangan dari kendaraan bermotor. Kandungan yang terkandung di dalam gas buangan kendaraan bermotor antara lain karbondioksida, karbonmonoksida, hidrokarbon, dan lain sebagainya. Polusi udara ini akan menjadi salah satu penyebab munculnya kanker kulit dan juga kanker pernafasan.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan masker, ketika kita beraktifitas di luar ruangan.

  • Mengurangi penggunaan kosmetik

Tidak bisa kita pungkiri banyak kosmetik yang beredar di pasaran memakai bahan – bahan kimia seperti bishpenol A/ BPA dan juga paraben. Kandungan – kandungan seperti inilah yang akan mengganggu hormon di dalam tubuh kita. jika kita terlalu sering terpapar kandungan ini, akan sangat di mungkinkan kita bisa terjangkit kanker payudara dan masalah jantung.

  • Mengurangi penggunaan pewangi ruangan

Salah satu cara untuk membuat ruangan rumah menjadi wangi adalah dengan menggunakan pengharum ruangan,  karena dengan menggunakan pengharum ruangan akan menjauhkan kita dari aroma – aroma yang tidak sedap. Tapi yang perlu kita ketahui adalah penggunaan pengharum ruangan yang berlebihan akan dapat memicu munculnya kanker di dalam tubuh kita.

Pengharum mobil pun juga sama dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk terjangkit penyakit kanker. Hal ini bisa terjadi karena peweangi ruangan dan juga pewangi mobil bisa menjadi sumber polutan. Polutan inilah yang akan menjadi salah satu penyebab kita bisa terjangkit penyakit kanker.

Maka dari itu sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan dari pengharum ruangan dan juga pengharum mobil. Kita bisa mengakalinya dengan membuka sirkulasi udara, agar udara segar bisa masuk kedalam ruangan.

  • Mengurangi konsumsi sate

Sate adalah salah satu makanan favorit kita di Indonesia, makanan ini mencakup semua kalangan. Rasa sate yang nikmat dan gurih akan sangat memicu nafsu makan kita. 

Tapi yang perlu kita ketahui adalah sate ini tidak boleh kita konsumsi terus menerus, hal ini bisa terjadi karena kandungan atom karbon dan karsinogen  yang ada di dalam sate tersebut akan meningkat ketika terdapat bagian – bagaian sate yang gosong.

Selain hal tersebut. Ketika kita memangggang sate, pasti ada bagian lemaknya yang akan menetes pada arang. Hal ini akan memicu munculnya asap  yang mengandung PAH yang menjadi penyebab munculnya penyakit kanker.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mengurangi konsumsi makanan – makanan yang di bakar. Kita bisa menggantinya dengan di rebus atau di kukus.

Demikianlah pembahasan artikel tentang 5 cara jitu mencegah kanker yang bisa kita lakukan. semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam membuat kehidupan yang lebih baik lagi.