Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Mitos Telur dan fakta kebenarannya - duniaguru87

 5 Mitos Telur dan fakta kebenarannya - duniaguru87

Mitos telur – telur merupakan makanan yang paling banyak di gemari oleh masyarakat di Indonesia dan juga di Dunia. Dan tak dapat dipungkiri sangat banyak mitos tentang telur yang beredar di masyarakat, dan belum tentu mitos – mitos tersebut terbukti kebenarannya.

5 Mitos Telur dan fakta kebenarannya
Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

5 mitos telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Selain protein, dalam telur juga terdapat vitamin, lemak, dan juga asupan kalori yang sangat di perlukan oleh tubuh manusia. Dan banyak makanan yang lezat berasal dari olahan telur.

Di bawah ini dunia guru 87 telah merangkum 7 mitos telur yang telah beredar di masyarakat.

1. Anjuran tidak mengkonsumsi kuning telur

Mitos telur yang pertama adalah anjuran tidak mengkonsumsi kuning telur, karena menurut mitos yang beredar kuning telur mengandung lemak jahat dan tinggi akan kandungan kolesterol. Faktanya adalah kuning telur merupakan salah satu makanan sehat yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia, karena dalam kuning telur terdapat lemak dan juga protein yang termasuk ke dalam nutrisi yang sehat. 

Kuning telur akan membantu kita membangun otot dan membantu kita dalam rangka menjaga kekuatan tulang

2. Telur menjadi penyebab meningkatnya kolesterol

Mitos telur yang ke dua adalah kolesterol yang di sebabkan oleh kuning telur. Faktanya adalah memang benar kuning telur terdapat kandungan kolesterol, tapi tak berarti kita tidak boleh mengkonsumsinya. Selama masih dalam kewajaran, konsumsi telur malahan akan menjaga kolesterol kita tetap seimbang.

Tapi bagi para penderita kolesterol tinggi, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan boleh tidaknya mengkonsumsi telur.

3. Gizi telur coklat lebih baik daripada telur putih

Mitos telur yang ketiga adalah banyak orang yang menganggap bahwa gizi yang terdapat dalam telur coklat lebih baik dibandingkan dengan gizi pada telur putih. Faktanya adalah warna telur tidak ada hubungannya dengan kandungan gizi yang ada di dalamnya

4. Mengkonsumsi telur bisa menyebabkan jerawat

Terdapat banyak makanan termasuk telur yang dipercaya oleh masyarakat sebagai penyebab munculnya jerawat. Faktanya adalah telur bukan merupakan pemicu timbulnya jerawat di wajah.

tapi bagi beberapa orang yang memiliki masalah alergi, telur merupakan salah satu pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan kita.

5. Mengkonsumsi telur membahayakan kesehatan ginjal

Mitos telur yang kelima adalah efek samping telur terhadap kesehatan ginjal. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi telur bisa mengganggu kesehatan ginjal, tapi faktanya adalah dengan mengkonsumsi telur akan membuat ginjal kita lebih sehat lagi.

Di bawah ini dunia guru membagikan jenis jenis telur yang bisa di konsumsi manusia, karena kandungannya yang mampu dan di butuhkan oleh tubuh dalam rangka menjaga kesehatan tubuh.

Jenis jenis telur telur konsumsi

1. Telur ayam
2. Telur kalkun
3. Telur bebek
4. Kaviar
5. Telur angsa
6. Telur burung puyuh
7. Telur burung unta

Dari beberapa jenis telur yang telah di sebutkan di atas, telur ayamlah yang menjadi primadona dan paling banyak di cari oleh masyarakat Indonesia. 

Demikianlah artikel tentang 7 Mitos Telur dan fakta kebenarannya yang bisa dunia guru 87 bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman dalam mengungkapkan mitos yang selama ini beredar di sekitar kita.