Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar menulis dengan 6 cara jitu di jamin anak cepat bisa menulis

Belajar Menulis Dengan 6 Cara Jitu di Jamin Anak Cepat bisa Menulis

Belajar menulis – salah satu tugas kita sebagai orang tua adalah mengajarkan anak untuk bisa menulis, dan pasti bapak ibu telah memiliki trik khusus untuk mengajarkan anak menulis dengan baik dan cepat.

Belajar menulis dengan 6 cara jitu di jamin anak cepat bisa menulis
Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Belajar menulis merupakan kegiatan yang harus dilakukan anak dan harus dikuasai oleh anak, karena anak - anak kita akan menempuh pendidikan di sekolah. Kita pasti tidak ingin anak – anak kita tertinggal dari teman – temannya, oleh karena itu dunia guru 87 merangkum beberapa cara yang bisa bapak ibu terapkan dirumah dalam rangka mengajarkan anak belajar menulis.

Belajar menulis dengan 6 cara jitu

Dibawah ini adalah 6 cara belajar menulis yang bisa bapak ibu terapkan di rumah antara lain 

1. Menyediakan tempat menulis yang nyaman

Dalam kegiatan belajar menulis, bapak ibu sebagai orang tua harus bisa menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar menulis. Kurangi gangguan - gangguan yang bisa mengganggu konsentrasi anak ketika  belajar menulis, dan buat anak menjadi nyaman ketika belajar menulis. Hal ini akan membantu anak lebih cepat bisa menulis.

2. Melatih anak untuk memegang alat tulis

Memegang alat tulis adalah hal yang penting untuk di laksanakan ketika kita mengajarkan anak anak untuk belajar menulis. Sebelum belajar menulis kita harus bisa memberi contoh cara menggunakan alat tulis yang baik dan benar, agar ketika menulis anak anak tidak akan cepat lelah dan akan membuat tulisannya menjadi lebih rapi lagi.

3. Belajar menulis dengan cara menjiplak tulisan

Mengajarkan anak anak menulis bisa dilakukan dengan cara menjiplak suatu tulisan. Sediakanlah sebuah tulisan yang akan di jiplak, dan selembar kertas tipis yang hampir tembus pandang. Langkah selanjutnya adalah menempelkan atau menumpuk tulisan tersebut dengan kertas tipis yang telah di sediakan, selanjutnya tinggal kita tugaskan anak anak untuk menjiplak tulisan – tulisan yang  terlihat tersebut. Dari kegiatan ini anak anak akan belajar menemukan pola dari setiap huruf.

4. Belajar Menulis dengan cara menebalkan huruf 

Dalam belajar menulis bapak ibu bisa menerapkan cara menebalkan huruf.  Bapak ibu bisa membelikan anak anak buku khusus menulis yang banyak tersedia di toko buku, atau bapak ibu juga bisa mengeprintkan tulisan tulisan tipis dari komputer lalu menugaskan anak anak untuk menebalkan tulisan tulisan tersebut. Anak anak akan belajar menemukan sendiri pola pola dari setiap hurup tersebut.

5. Belajar menulis huruf demi huruf

Untuk cara ini, bapak ibu bisa memulainya dengan mencontohkan cara membuat satu huruf dan menugaskan mereka untuk mengikuti cara tersebut berkali kali hingga mereka bisa membuat huruf tersebut. Setelah mereka bisa membuat suatu huruf, kita bisa melanjutkannya dengan huruf lainya hingga mereka bisa. Cara ini harus kita lakukan terus menerus, agar anak anak terbiasa untuk menulis.

6. Memberikan hadiah untuk memotivasi

Anak anak biasanya akan  lebih termotivasi melakukan sesuatu ketika kita  memberikan hadiah imbalan saat mereka bisa menyelesaikan  suatu kegiatan. Tapi yang perlu di tekankan adalah kita tidak boleh mebiasakan kegiatan ini, karena anak anak akan akan menjadi malas melakukan sesuatu yang tidak ada imbalannya. Pemberian imbalan ini bisa kita lakukan pada waktu waktu tertentu saja  misalnya ketika konsentrasi anak anak terbagi atau menurun.

Kendala yang di hadapi ketika belajar menulis

Mengajarkan anak menulis adalah pekerjaan yang susah susah gampang untuk dilakukan, ada beberapa kendala yang akan kita hadapi dalam mengajarkan anak anak  untuk menulis, kendala kendala tersebut antara lain.

Yang pertama adalah waktu yang banyak dikeluarkan ketika anak  belajar menulis. Anak yang baru belajar menulis akan menulis dengan sangat lambat, hal ini akan memunculkan rasa bosan pada anak dan diri kita sendiri sebagai orang tua. Langkah yang bisa kita lakukan adalah menyediakan ruangan yang nyaman selama kegiatan belajar menulis dan mungkin juga bisa dengan cara memutarkan musik musik terapi untuk menumbuhkan konsentarasi anak dan kenyamanan anak ketika belajar menulis.

Yang kedua adalah anak – anak sering mengganti tangan kanan dan tangan kiri ketika sedang belajar menulis. Disini kita harus bisa membimbing anak untuk mengatahui fungsi tangan kanan dan tangan kiri, dan mengarahkan anak anak untuk menggunakan tangan kanan dalam belajar menulis.

Yang ketiga adalah anak – anak mengalami kesulitan ketika belajar menulis beberapa huruf dengan benar. Biasanya anak- anak yang baru belajar menulis, akan menuliskan beberapa huruf secara terbalik. Peran kita disini adalah membiasakan anak anak untuk menulis huruf dengan benar secara pelan pelan, agar anak anak tidak cepat bosan ketika belajar menulis.

Yang ke empat adalah anak – anak merasa tidak tertarik untuk menulis. Hal ini sering terjadi, karena pengaruh kebiasaan menggunakan gadget. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi penggunaan gadget di rumah, dan memberi contoh dengan cara kita juga ikut menulis. Seperti yang kita ketahui anak anak adalah peniru yang sangat baik, apapun yang dilakukan oleh orang tuanya akan di ikuti oleh anak anak.

Demikianlah cara cara yang bisa saya bagikan kepada bapak ibu, dalam kegiatan mengajarkan menulis pada anak. Semoga saja cara cara ini bisa membantu bapak ibu  dalam mendidik anak di rumah. Bapak ibu juga bisa mengunjungi channel youtube saya untuk mengetahui info info seputar tutorial komputer, hp, dan lain sebagainya.