Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal tematik kelas 3 sd tema 4 kurikulum 2013 baru

 Soal tematik kelas 3 sd tema 4 kurikulum 2013 baru

Soal tematik – pelaksanaan soal tematik ini harus di lakukan, karena soal tematik inilah yang akan menjadi gambaran kita dalam memberikan penilaian peserta didik di akhir semester nantinya. Soal tematik tema 4 ini akan di gabung dengan hasil soal tematik tema – tema lainnya, hasil dari penilaian tengah semester hingga ulangan semester.

Soal tematik kelas 3 sd tema 4 kurikulum 2013 baru
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Kesemua nilai tersebut akan di gabungkan menjadi satu, dan akan menjadi nilai akhir peserta didik kelas 3 di semester 1. Selain nilai – nilai tersebut, ada beberapa hal yang bisa menjadi penentu hasil belajar peserta didik di akhir semester. Salah satunya adalah prilaku peserta didik itu sendiri, maka dari itu kita sebagai seorang guru harus bisa membimbing dan mengarahkan peserta didik agar tidak melanggar peraturan – peraturan yang berlaku sehingga nilai mereka tidak akan di rusak oleh prilaku mereka sendiri.

Karena pentingnya hasil dari pelaksanaan soal tematik ini, kita harus bisa melaksanakan pembelajaran yang baik dan benar dan bisa di serap dengan baik oleh peserta didik. langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk mewujudkannya adalah yang pertama mengkondisikan kelas dan menguasai kelas.

Hal ini sangat penting dalam kegiatan belajar peserta didik, karena peserta didik akan lebih mudah dalam menyerap materi apabila kelasnya tersebut bersih dan kondusif. Sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya kita memeriksa dahulu , apakah kelas kita sudah siap melaksanakan pembelajaran atau belum. Selain hal tersebut, kita juga harus bisa menguasai kelas kita agar kelas kita tetap kondusif selama pembelajaran berlangsung, sehingga kemungkinan besarnya hasil dari pelaksanaan soal tematik kelas 3 ini dapat tercapai sesuai dengan target yang telah kita tentukan.

Soal tema 4 kelas 3 sd

Setelah kita mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan bersih, kita juga harus bisa membangkitkan semangat belajar peserta didik kita di dalam kelas. Entah itu berupa nyanyian, yel – yel, atau apapun yang bisa membangkitkan semangat belajar anak – anak kita.

Setelah kita mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik, tugas kita adalah menjaga semangat tersebut agar tidak padam  selama pembelajaran berlangsung. Hal yang sering saya lakukan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran, dengan bantuan media pembelajaran ini peserta didik akan bisa di pastikan lebih mampu menjaga konsentrasi belajar mereka. Sehingga tujuan dari soal tema 4 kelas 3 sd ini bisa tercapai.

Media yang biasa saya gunakan adalah berupa video pembelajaran singkat yang bisa menggambarkan kewajiban dan hakku. Dengan bantuan video pembelaranan ini , peserta didik akan di latih visual dan pendengaran mereka dalam menangkap isi dari video singkat tersebut. Dengan bantuan video singkat ini juga akan membuat kondisi kelas kita lebih kondusif , karena fokus peserta didik tertuju pada video yang tengah kita putar.

Selain itu saya juga sering menggunakan media pembelajaran berupa gambar, gambar yang  saya gunakan ini harus berwarna dan saya anggap mampu menarik minat peserta didik. Dalam pelaksanaannya, saya akan menyelipkan beberapa pertanyaan pada setiap gambar yang saya tampilkan. Harapan saya dengan kegiatan ini , peserta didik akan mampu berpikir kritis dan kreatif. Sehingga target dari soal tematik ini akan dengan mudah di capai.

Latihan soal kelas 3 tema 4 

Selain media pembelajaran, model pembelajaran juga akan menjadi penentu keberhasilan suatu pembelajaran, pemilihan model pembelajaran yang tepat akan sangat membantu peserta didik dalam menyerap materi yang akan kita ajarkan.

Model pembelajaran yang biasa saya gunakan untuk tema 4 ini adalah model pembelajaran berbasis masalah, karena media pembelajaran ini saya anggap lebih cocok dengan materi kewajiban dan hakku. Selain itu , model pembelajaran ini juga sudah sesuai dengan media pembelajaran yang telah saya bahas di atas. 

Tujuan saya menggunakan model pembelajaran ini adalah agar peserta didik mampu mengatasi suatu masalah, selain itu dengan bantuan model pembelajaran ini peserta didik akan lebih mudah berkomunikasi dengan guru dan juga akan mampu mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik .

Bapak ibu guru pasti telah mengenal dan mengetahui tema 4 kelas 3 ini. tema 4 kelas 3 ini akan membahas tentang kewajiban dan hakku, dan dalam tema ini terdapat 4 subtema diantaranya kewajiban dan hakku di rumah ( subtema 1 ), kewajiban dan hakku di sekolah ( subtema 2 ), kewajiban dan hakku dalam bertetangga ( subtema 3 ), dan kewajiban dan hakku sebagai warga negara ( subtema 4 ).

Soal tematik ini akan mencakup ke empat subtema di atas, sehingga kita harus mampu merangkum materi tema 4 ini kedalam soal tematik agar kita mampu menilai sejauh mana peserta didik mampu menyerap materi yang telah kita berikan.

Di bawah ini adalah contoh soal tematik yang bisa bapak ibu guru pakai sebagai gambaran seperti apa soal yang akan bapak ibu guru susun nantinya. Usahakan soal yang bapak ibu guru susun sesuai dengan materi yang akan atau telah bapak ibu guru sampaikan di kelas, karena tujuan kita adalah mengukur daya serap peserta didik.

Download soal kelas 3 tema 4

Soal kelas 3 tema 4 subtema 1 ( LINK )
Soal kelas 3 tema 4 subtema 2 ( LINK )
Soal kelas 3 tema 4 subtema 3 ( LINK )
Soal kelas 3 tema 4 subtema 4 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal tematik kelas 3 sd tema 4 kurikulum 2013 baru ini saya sampaikan. Sampai jumpa di lain kesempatan.