Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Pemicu Sakit kepala bagian belakang yang tidak banyak di ketahui

 7 Pemicu Sakit kepala bagian belakang yang tidak banyak di ketahui

Sakit Kepala – Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala bagian belakang, walaupun rasa sakit kepala ini bisa reda dengan sendirinya, tidak sedikit orang yang beranggapan sakit kepala ini berkaitan dengan masalah kesehatan seperti kolesterol dan hipertensi. 

7 Pemicu Sakit kepala bagian belakang yang tidak banyak di ketahui
Foto oleh Pelageia Zelenina dari Pexels

Di bawah ini akan dunia guru jabarkan beberapa penyebab terjadinya sakit pada kepala bagian belakang

7 penyebab sakit kepala bagian belakang

Tidak sedikit pakar yang menyatakan kolesterol dan hipertensi sebagai silent killer. Gejala penyakit ini tidak bisa kita rasakan dengan jelas dan mungkin saja tiba tiba berakibat serius pada kesehatan kita. Berarti pernyataan tentang sakit kepala bagian belakang ini berhubungan dengan penyakit kolesterol dan hipertensi belum dapat di pastikan kebenarannya.

Di bawah ini adalah 7 penyebab terjadinya sakit kepala bagian belakang yang harus kita waspadai.

1. Terjadinya peradangan pembuluh darah

Penyebab pertama terjadinya sakit kepala bagian belakang adalah peradangan pembuluh darah atau lebih dikenal dengan istilah giant cell arteritis. Giant cell arteritis ini terjadi pada pembuluh darah yang terdapat pada kepala bagian belakang atau bisa juga terjadi pada areal mata. Rasa yang timbul adalah rasa nyeri dan munculnya perasaan tidak nyaman.

2. Pendarahan pada otak

Pendarahan pada otak atau yang sering di sebut dengan pendarahan subarachnoid juga merupakan salah satu pemicu terjadinya sakit kepala bagian belakang, terkadang sakit kepala yang terjadi karena pendarahan pada otak ini akan timbul secara tiba – tiba. 

Terjadinya pendarahan pada otak ini di sebabkan oleh banyak aspek, terkadang hal ini terjadi karena cedera pada kepala. Dan hanya bisa dicek menggunakan CT- Scan , untuk melihat kondisi cedera pada kepala dan juga untuk menentukan seperti apa penanganan medis yang harus di lakukan.

3. Migrain

Migrain merupakan salah satu pemicu terjadinya sakit kepala bagian belakang. Dalam beberapa kasus, keadaan ini bisa mengakibatkan timbulnya rasa mual dan muntah – muntah. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan garam atau MSG. Kebiasaan berolahraga yang over juga mampu memicu terjadinya sakit kepala bagian belakang, maka dari itu alangkah baiknya jangan sampai kita terlalu memforsis tenaga kita ketika berolahraga.

4. Sakit kepala karena tegang

Sakit kepala karena tegang ini merupakan hal yang lumrah dan hampir semua orang pernah mengalaminya, hal ini bisa terjadi karena rutinitas kita di kantor yang mewajibkan kita berlama – lama di depan komputer, atau mungkin juga karena kita tidak mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari, atau bisa jadi karena kita terlambat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sakit kepala bagian belakang ini biasanya bisa di obati dengan cukup beristirahat saja dan bisa di bantu dengan obat pereda rasa nyeri.

5. Masalah otot leher

Pada saat otot leher kita mengalami problem, kemungkinan terjadinya sakit kepala bagian belakang akan meningkat. Masalah pada otot leher ini biasanya terjadi karena kebiasaan kebiasaan kita yang buruk dan di lakukan secara terus menerus, sehingga kemungkinan terjangkitnya sakit kepala bagian belakang akan semakin besar.

6. Tumor 

Penyakit Tumor dalam beberapa kasus sering di kaitkan dengan sakit kepala bagian belakang, hal ini tidak bisa kita anggap remeh dan harus di tangani oleh tim medis.

7. Terlalu sering mengkonsumsi obat sakit kepala

Mengkonsumsi obat sakit kepala ketika kita mengalami sakit kepala memang tidak salah, tetapi jika kita mengkonsumsi obat sakit kepala ini secara terus menerus ( sering ) dan dalam jangka waktu yang lama akan semakin memperburuk kondisi sakit kepala kita.

Tips menghilangkan sakit kepala bagian belakang

1. Memperbanyak konsumsi air putih
2. Mengkompres kepala yang sakit menggunakan es
3. Mengkompres leher dengan menggunakan kompres hangat
4. Menghindari tekanan pada kepala
5. Rehat di tempat yang minim sinar
6. Istirahat yang cukup
7. Memijat kepala
8. Mengkonsumsi teh atau kopi hangat
9. Mengkonsumsi obat 
10. dll

Demikianlah artikel tentang 7 Pemicu Sakit kepala bagian belakang yang tidak banyak di ketahui yang bisa dunia guru 87 bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman untuk mengetahui penyebab terjadinya sakit kepala bagian belakang dan bagaimana cara mengatasinya.