Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat buah cermai yang perlu kita ketahui

10 Manfaat buah cermai yang perlu kita ketahui
10 Manfaat buah cermai yang perlu kita ketahui

10 Manfaat buah cermai yang perlu kita ketahui

Buah cermai – buah ini masih sedikit memiliki penggemar karena rasanya yang asam – asam sepat. Tapi yang perlu kita ketahui adalah buah cermai ini sangat kaya akan manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. Pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan merangkum beberapa manfaat dari buah cermai

Kandungan dari buah Cermai

Nama latin dari buah ini adalah phyllanthus acidos yang merupakan buah yang di golongkan dalam buah beri. Buah cermai ini berbentuk bulat dan hijau  dan memiliki rasa yang asam, biasanya buah cermai ini digunakan sebagai manisan buah, tapi untuk masa sekarang masih jarang untuk kita bisa menemukan manisan dari buah ini

Kandungan dari buah cermai ini antara lain

Seng

Zat besi

Kalsium

Polifenol

Fosfor

Tannin

Riboflavin

Vitamin A

Thiamin

Vitamin B kompleks

Vitamin C

Manfaat dari Buah Cermai  yang perlu kita ketahui

Di bawah ini adalah manfaat dari buah cermai yang bisa dunia guru 87 yang bisa dunia guru 87 rangkum, manfaat – manfaat tersebut antara lain

1. Mengobati Diabetes

Untuk para penderita diabetes, mengkonsumsi buah cermai sangatlah di rekomendasikan agar bisa menjaa kadar gula kita tetap stabil. Buah cermai ini akan menghasilkan mineral kromium yang akan berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas sel kita  terhadap insulin yang menyebabkan glukosa kita bisa terkontrol lebih baik

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan kita rajin mengkonsumsi buah cermai, akan mampu untuk meningkatkan kesehatan dari organ pencernaan kita, sehingga kita bisa terhindar dari gangguan – gangguan pencernaan seperti diare, radang usus, dan lain sebagainnya.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan serat yang ada di dalam buah cermai. Biasanya gangguan pencernaan bisa terjadi karena kurangnya serat harian yang kita konsumsi.

3. Diuretik

Manfaat buah cermai berikutnya adalah sebagai deuretik yang akan merangsang tubuh kita agar bisa menyerap lebih banyak lagi cairan yang akan memperlancar proses kencing, hal ini akan mengakibatkan racun – racung yang ada di tubuh tidak menumpuk.

4. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang kita ketahui kolesterol merupakan salah satu musuh bagi kita semua, karena kolesterol ini akan menjadi salah satu pemicu terjadinya atau munculnya masalah – masalah / penyakit yang serius seperti stroke, hipertensi, dan juga jantung.

Kolesterol jahat ini biasanya di hasilkan oleh makanan  yang kita konsumsi sehari hari, makanan yang kaca lemak atau minyak. Salah satu cara untuk bisa menjaga kadar kolesterol tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah cermai ini.

Buah cermai mampu untuk menurunkan kadar kolesterol, karena adanya kandungan zat anti oksidan yang mempunyai tugas untuk membatasi oksidari dari kolesterol yang jahat.

5. Mengobati Infeksi

Buah cermai ini juga kaya akan vitamin C, sehingga bisa kita jadikan sebagai pembasmi bakteri dan juga virus. Asam laktat yang terdapat di dalam buah cermai juga berfungsi sebagai anti bakteri sehingga manfaat dari buah ini sangatlah penting  untuk mengatasi infeksi

6. Salah satu opsi diet

Buah cermai ini memiliki kadar kalori yang rendah, sekitar 44 kalori per 100 gram buah cermai. Buah ini juga kaya akan serat sehingga sangat di rekomendasikan untuk kita yang tengah menjalani program diet. Buah cermai ini akan menghasilkan efek kenyang sehingga kita tidak akan mudah untuk lapar.

7. Mencegah kanker

Salah satu cara agar kita tidak terkena penyakit kanker adalah dengan mengkonsumsi buah cermai ini. buah cermai dikatakan sebagai salah satu buah yang bisa mencegah kanker karena kandungan anti oksidan yang terdapat di dalam buah ini. 

Seperti yang kita ketahui anti oksidan ini akan mampu untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas

8. Meningkatkan kesuburan

Buah cermai ini juga sangat membantu kaum pria, karena manfaatnya adalah meningkatkan kesuburan kita. kandungan yang ada di dalam buah cermai ini dapat meningkatkan kualitas dari sperma pria, baik itu dari pergerakan hingga jumlah dari sperma. Maka dari itu bagi yang sedang ingin memiliki momongan alangkah baiknya mempersering mengkonsumsi buah ini.

9. Menjaga kesehatan kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terhindar dari penuaan dini adalah impian dari semua orang, salah satu cara agar kita bisa mendapatkannya adalah dengan mengkonsumsi buah cermai. Seperti yang kita ketahui buah cermai ini kaya akan vitamin C dan banyak senyawa lainnya yang akan bersifat antioksidan. 

10. Dapat menjaga kesehatan rambut

Sudah sejak dahulu masyarakat india mempercayai buah cermai menjadi tonik rambut yang alami dan juga efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Buah cermai sering di olah menjadi minyak rambut yang akan di pergunakan untuk merawat rambut dan utnuk mengatasi masalah uang kerap menyerang rambut kita.

Kandungan yang ada di dalam buah cermai dapat memperlancar aliran darah yang akan menuju rambut, yang akan berimbas terpenuhinya asupan oksigen dan juga nutrisi agar rambut kita bisa terpenuhi.

Demikianlah manfaat dari buah cermai yang bisa dunia guru 87 rangkum pada kesempatan kali ini. semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman dan bisa membuat kehidupan kita bisa lebih baik lagi kedepannya. Bagi teman – teman yang berprofesi sebagai seorang guru, di dalam blog dunia guru 87 ini juga telah di sediakan administrasi administrasi yang kita butuhkan di dalam mengajar, selain itu juga di selipkan beberapa artikel yang di butuhkan di dalam dunia pendidikan.