Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Makanan Jitu untuk mengatasi Anemia – dunia guru 87

13 Makanan Jitu untuk mengatasi Anemia
Foto oleh Daniel Dan: https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-orang-orang-musim-panas-taman-7542754/


13 Makanan Jitu untuk mengatasi Anemia – dunia guru 87

Anemia – kita semua pasti pernah merasakan tubuh yang mudah lemas dan juga lelah, atau mungkin juga sering merasa pusing. Tanda – tanda ini merupakan gejala bahwa kita tengah mengalami kekurangan darah atau yang sering kita dengar dengan istilah anemia.

Seperti yang kita ketahui bahwa darah mempunyai peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Darah berfungsi unutk mengantar vitamin, nutrisi dan juga oksigen menuju ke organ tubuh sehingga tubuh kita bisa berfungsi seperti biasanya.tapi apabila hemoglobin yang ada di dalam tubuh tidak maksimal, akan mengakibatkan penyaluran vitamin, nutrisi dan oksigan akan terhambat.

Untuk mengatasi gejala anemia ini , kita bisa mengkonsumsi makanan penambah darah. Dan pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan membahas makanan – makanan yang bisa membantu tubuh kita untuk mengatasi kekurangan darah.

Makanan – Makanan Penambah darah 

Anemia adalah keadaan yang sangat tidak menyenangkan, karena akan sangat menggangu aktivitas kita. untuk mengatasi hal ini, dunia guru 87 sangat menyarankan untuk mengkonsumsi makanan – makanan yang ada di bawah ini

Jenis Makanan penambah darah yang sehat dan juga nikmat

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi opsi untuk penambah darah yang bisa kita konsumsi

1. Jambu biji

Selain rasanya yang nikmat, ternyata jambu biji bisa kita gunakan sebagai penambah darah. Jambu biji sering di gunakan sebagai obat tradisional untuk penderita DB atau demam berdarah karena fungsinya sebagai penambah darah.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan zat bezi yang tinggi dalam jambu biji yang akan sangat mengoptimalkan penyerapan zat bezi oleh tubuh.

2. Buah Naga

Buah yang satu ini sangat kaya akan manfaat dan akan sangat memaksimalkan produksi dari sel darah merah, zat zat yang ada dalam buah inilah yang menjadi penyebabnya yaitu zat besi, kalium, dan juga fosfor.

3. Brokoli

Jenis sayuran ini juga bisa kita gunakan sebagai penambah darah, sayuran brokoli ini kaya akan kandungan asam folat dan juga zat besi, selain zat tersebut brokoli juga kaya akan vitamin C yang akan sangat membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

4. Kacang Hijau

Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa kacang hijau ini memiliki banyak penggemar dari semua kalangan. Kacang hijau juga memiliki kandungan zat besi dan juga asam folat yang akan membantu kita untuk mencegah kekurangan darah.

5. Kismis 

Dalam 2/3 gram kismis terkandung 2 gram zat besi. Hal inilah yang menyebabkan buah kismis bisa kita masukan sebagai opsi makanan penambah darah.

6. Bayam

Sudah tidak dapat di pungkiri lagi salah satu manfaat dari bayam adalah untuk mengatasi penyakit anemia. Hal ini bisa terjadi karena bayam kaya akan zat besi yang sangat di butuhkan untuk membuat hemoglobin. Selain zat besi, bayam juga kaya akan asam folat yang akan berfungsi sebagai penambah jumlah dari sel darah merah kita.

7. Jeruk

Jenis buah ini sangat terkenal dengan vitamin C nya. Tapi yang perlu kita tahu buah jeruk ini juga sangat kaya dengan asam folat dan juga zat besinya. Makan dari itu buah jeruk bisa kita pakai sebagai salah satu opsi untuk mencegah anemia.

8. Oatmeal

Kita lebih mengenal oatmeal sebagai salah satu opsi menu sarapan sehat. Selain makanan ini termasuk makanan yang sehat, ternyata oatmeal juga sangat di rekomendasikan dalam peningkatan jumlah sel darah kita, karena kandungan dari oatmeal seperti zat besi, kalsium dan juga vitamin A yang sangat membantu pembentukan sel darah merah.

9. Daging Merah

Jenis daging dangingan merah adalah makanan yang sangat umum di gunakan sebagai penambah darah. Biasanya dalam 100 gram daging merah terkandung 2,7 mg zat besi, tapi konsumsi dari daging merah ini harus juga kita perhatikan karena biasanya terdapat lemak yang tidak baik untuk kesehatan.

10. Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu sumber zat besi dan juga protein yang bisa kita pergunakan sebagai penambah darah. Dengan mengkonsumsi 100 gram daging ayam, kita sudah memenuhi 13% kebutuhan zat besi harian kita.

11. Seafood

Siapa yang tidak doyan dengan makanan seafood, jenis makanan ini merupakan favorit bagi semua orang karena rasanya yang nikmat. Selain rasanya yang nikmat, seafood ini juga sangat kaya akan zat besi yang akan menjadi pemasok sel darah merah kita.

12. Kentang 

Seperti yang kita ketahui bahwa kentang adalah salah satu opsi pengganti nasi, karena kaya akan karbohidrat. Selain kaya akan karbohidrat kentang juga akan sangat kaya akan zat besi yang akan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

13. Kuning telur

Dalam rangka menjaga hemoglobin agat tetap ideal, kita juga bisa mengkonsumsi telur sebagai salah satu pemasoknya, terutama bagian kuning telurnya yang akan sangat di rekomendasikan.

Demikianlah pembahasan artikel tentang 13 Makanan Jitu untuk mengatasi Anemia yang bisa kita gunakan sehari hari, sehingga kita bisa terhindar dari anemia. Selain artikel tentang kesehatan, di dalam blog dunia guru 87 juga tersedia artikel – artikel tentang dunia pendidikan yang akan sangat dibutuhkan oleh guru – guru.