Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Efek Negatif dari hobi makan saus – dunia guru 87

5 Efek Negatif dari hobi makan saus – dunia guru 87
Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-pria-orang-tangan-4676397/


5 Efek Negatif dari hobi makan saus – dunia guru 87

Saus – salah satu pendamping makanan yang paling sering kita gunakan adalah saus, biasanya penggunaan saus ini bisa kita jumpai pada tempat makan siap saji seperti ayam goreng, pizza, dan lain sebagainya.

Efek negatif dari saus untuk kesehatan kita

Terdapat beragam jenis saus yang kita jumpai di pasaran, tapi yang paling sering di konsumsi adalah saus pedas, dan saus tomat baik itu botolan maupun sachetan. Kombinasi rasa yang pas membuat makanan yang kita makan menjadi lebih nikmat untuk di konsumsi. Tapi tahukah kalian mengkonsumsi saus sangat beresiko terhadap kesehatan tubuh kita. di bawah ini adalah beberapa efek negatif yang di timbulkan oleh saus antara lain

1.Tinggi MSG

Agar bisa mendapatkan rasa yang nikmat dan pas, tidak sedikit produsen saus yang dengan sengaja menambahkan MSG dalam jumlah yang sangat tinggi. Yang menjadi permasalahannya adalah dengan MSG ini akan meningkatkan kadar natrium yang ada di dalam saus, sehingga akan dapat meningkatkan risiko hipertensi.

2.Tinggi pengawet

Ada banyak bahan kimia yang ada  di dalam saus, termasuk juga bahan pengawet / pengental yang bertujuan agar saus tersebut bisa bertahan lebih lama. Masalahnya adalah semua bahan bahan ini mampu untuk merugikan kesehatan kita apabila di konsumsi terus terusan.

3.Gula yang berlebihan

Tapa kita sadari baik itu di dalam saus pedas ataupun saus tomat telah tersedia kandungan gula yang sangat tinggi. Kita ambilkan contoh dalam satu sendok makan saus , kita akan mendapatkan 4 gram gula. Ini bukanlah jumlah yang sedikit, karena kita hanya boleh mengkonsumsi gula 50gram saja perharinya. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko kita untuk mengatasi diabetes.

4.kandungan garam yang sangat tinggi

Apapun jenis saus yang kita beli, saus tersebut telah memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Contohnya adalah dalam 100gram saus botol , kita telah mendapatkan 1,2 gram natrium. Sedangkan kandungan garam yang baik itu masuk ke dalam 0,5 -o,6 gram setiap gramnya.

Hal ini tentu akan berimbas kepada kesehatan kita dan kita akan mudah untuk terjangkit penyakit seperti jantung, stroke , dan hipertensi

Jika kita mengonsumsi saus lebih dari lima sendok makan setiap hari, dikhawatirkan akan membuat asupan garam melebihi batas aman. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko berbagai macam masalah kesehatan seperti hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke.

4.Tidak memiliki kandungan nutrisi yang sehat.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa saus tomat lebih sehat di bandingkan dengan saus sambal. Anggapan ini bisa muncul karena terdapat tomat di dalam saus tomat yang biasa kita kenal sebagai sayuran yang sehat. Yang perlu kita ketahui adalah saus tomat ini telah megalami proses pengolahan yang sangat lama dan dengan suhu yang juga tinggi. Sehingga kemungkinan rusaknya nutrisi yang ada di dalam tomat sangat besar, walaupun rasa dari saus tomat masih sama dengan rasa tomat kita tidak akan bisa mendapatkan nutrisi yang berarti dari saus tomat ini.

Selain itu dalam beberapa kasus, saus tomat sama sekali tidak menggunakan tomat sebagai bahanya, tapi menggunakan bahan lainnya termasuk juga bahan kimia yang akan sangat tidak menyehatkan apabila kita konsumsi terus terusan.

Demikianlah pembahasan artikel tentang bahaya saus apabila kita konsumsi secara terus menerus. Semoga saja dari artikel ini kita bisa menerapkan gaya hidup yang sehat sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.