Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 penyebab Perut Kembung dan cara mengatasinya – Dunia guru 87

9 penyebab Perut Kembung dan cara mengatasinya – Dunia guru 87
Foto oleh Towfiqu barbhuiya: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-perut-bengkak-sembelit-11773868/


9 penyebab Perut Kembung dan cara mengatasinya – Dunia guru 87

Perut Kembung – semua orang pasti pernah merasakan perut kembung, gejala dari perut kembung ini antara lain perut yang terasa penuh, terasa mual, dan muncul keinginan untuk buang angin. Gangguan ini lebih identik dengan masalah pencernaan, untuk lebih jelasnya mari kita simak isi artikel ini bersama – sama

Penyebab Munculnya perut kembung

Sebelum kita lanjut kepembahasan, kita harus tahu dulu apa sih itu perut kembung, perut kembung adalah kondisi ketika saluran pencernaan kita terisi oleh gas atau udara dengan jumlah yang melebihi angka normal. Lalu apa saja sih penyebab hal tersebut bisa terjadi, di bawah ini adalah beberapa penyebab munculnya perut kembung yang perlu kita ketahui

1.Sembelit

Salah satu penyebab munculnya perut kembung adalah sembelit, sembelit adalah keadaan saat tubuh mengalami kesulitan dalam BAB ( buang air besar )/ kesulitan membuang fases. Ada banyak penyebab terjadinya sembelit seperti salah makan, kurangnya konsumsi serat, hingga setres.

2.Intoleransi laktosa

Penyebab lain munculnya perut kembung adalah jenis makanan yang kita konsumsi yang sulit untuk di cerna oleh pencernaan. Keadaan ini lebih di kenal dengan istilah intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa sendiri di sebabkan oleh tidak mampunya tubuh kita untuk memproduksi enzim laktosa. Dan apabila kita mengalami keadaan perut kembung setelah mengkonsumsi susu dan sejenisnya, makan kita tengah mengalami intoleransi laktosa.

3.IBS

IBS atau Irritable bowel syndrome adalah penyakit iritasi yang terjadi pada usus besar, yang akan menyebabkan usus besar kita tidak mampu menjalankan perannya untuk mendorong fases keluar

IBS ini memiliki beberapa tanda tanda seperti perut yang terasa keram, perut terasa nyeri, munculnya rasa mual, kentut secara terus menedrus, dan badan yang lemas. Perlu kita ketahui IBS ini bisa menyerang siapa saja, tapi risiko lebih besar akan muncul pada perempuan yang telah dewasa.

4.Makanan

Terdapat beberapa makanan yang menjadi penyebab munculnya perut kembung, hal ini bisa terjadi karena setelah kita mengkonsumsi beberapa makanan tersebut, akan muncul gejala – gejala perut kembung. Makanan – makanan penyebab munculnya perut kembung antara lain Apel, kacang polong, plum, kubis, brokoli, makanan yang mengandung fruktosa, dan makanan yang mengandung sarbitol.

5.celiac

Celiac merupakan salah satu penyebab perut kembung yang serius. Penyakit celiac ini akan mengakibatkan kita tidak mampu untuk menyerap nutrisi dari makanan secara sempurna.bagi penderita celiac akan merasakan beberapa gejala seperti perut yang terasa sakit, diare, ruam, gatal-gatal , turunnya berat badan, fases yang berubah warna.

6.GERD 

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab munculnya perut kembung dan juga mual. Seperti namanya GERD ini akan menyerang organ lambung kita. munculnya penyakit ini karena disebabkan oleh asam lambung yang sangat berlebihan. 

Selain perut kembung penyakit GERD ini juga memiliki gejala gejala seperti nyeri pada dada, rasa pahit pada mulut, nyeri ulu hati, cegukan, tenggorokan yang sakit

7.Cara Makan salah

Tidak semua orang mengetahui bahwa cara makan yang salah merupakan salah satu penyebab munculnya perut kembung. Kesalahan cara makan yang di maksud antara lain makan yang terlalu cepat, minum air di sela makan, makan terlalu banyak, makan sambil berbicara.

8.Masuk angin

Aerofagia atau masuk angin merupakan keadaan udara masuk kedalam tubuh entah itu ketika kita sedang berbicara, menelan makanan/ minuman, atau tertawa terlalu berlebihan. Gejala dari masuk angin ini antara lain sering bersendawa, kembung, dan kentut.

9.Setres

Semua orang pasti pernah mengalami keadaan ini, yang mungkin saja di picu oleh berbagai faktor seperti pekerjaan, asmara, keluarga, dll. Perut kembung sangat normal terjadi apabila kita sedang mengalami setres, hal ini juga akan berkaitan dengan asam lambung yang ada di dalam tubuh saat kita tengah dalam kondisi cemas, setres atau gelisah.

Cara mengatasi perut kembung

Perut kembung masih tergolong kondisi yang ringan, dan masih memungkinkan kita untuk mengatasinya dengan cara cara yang sederhana. Cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi perut kembung antara lain 

- Minum sebelum kita makan
- Minum air putih yang banyak
- Mengkonsumsi minuman probiotik
- Menggunakan pakaian longgar
- olahraga

Demikianlah pembahasan artikel tentang perut kembung, semoga saja artikel ini bisa memberi manfaat bagi kita semua.