Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 jenis Makanan yang harus di hindari jika kita ingin tidur nyenyak

Foto oleh Ivan Oboleninov : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-tidur-935777/


6 jenis Makanan yang harus di hindari jika kita ingin tidur nyenyak

Tidur nyenyak – semua orang pasti mengingkan tidur yang lelap atau nyenyak, dengan tidur yang lelap akan membuat tubuh kita menyadi nyaman, selain itu dengan tidur yang nyenyak juga akan membuat tubuh kita menjadi bugar dan tidak akan mudah untuk terserang penyakit. Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan tidur yang nyenyak adalah dengan mengatur makan malam yang baik dan membantu kita untuk bisa tidur dengan lelap.

Jenis – jenis makanan yang harus di hindari agar kita bisa tidur dengan nyenyak

Banyak pakar kesehatan telah menyebutkan beberapa jenis makanan yang harus kita hindari karena akan menggangu kualitas dari tidur dan bahkan bisa menjadi pemicu mimpi yang buruk. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kita makan dari itu alangkah baiknya makanan – makanan ini harus kita hindari .

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang harus kita hindari jika ingin mendapatkan tidur yang nyenyak

1. Kopi

Jenis minuman ini merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia, dan sudah kita ketahui bahwa kopi bisa mengganggu waktu tidur kita. meskipun sudah mengetahuinya masyarakat kita masih tetap mengkonsumsi minuman ini di malam hari. Memang sih, tidak semua orang mengalami efek negatif dari mengkonsumsi kopi di malam hari. Tapi alangkah baiknya kita bisa menghindari konsumsi kopi di malam hari agar kita bisa mendapatkan tidur nyenyak

2. Cokelat

Cokelat merupakan cemilan yang sangat nikmat yang bisa di konsumsi setiap saat. Tidak sedikit orang mengkonsumsi coklat di malam hari agar mendapatkan rasa nyaman dan bisa menyamankan hati setelah seharian berkutit dengan aktifitas harian. Tapi yang perlu kita ketahui, di dalam coklat yang kita konsumsi terdapat kafein dengan kadar yang sangat tinggi sehingga akan berimbas pada pola tidur kita.

Di dalam 1 ons coklat sudah terdapat 23mg kafein, maka semakin banyak cokelat yang kita konsumsi semakin banyak pula cofein yang akan masuk kedalam tubuh kita.

3. Makanan yang pedas 

Tak dapat kita pungkiri masyarakat Indonesia adalah penikmat makanan – makanan yang pedas, dengan jenis makanan ini kita akan lebih bersemangat ketika makan karena akan menimbulkan sensasi segar dan juga mantap. 

Tapi setelah kita mengkonsumsi makanan – makanan yang pedas, akan memicu timbulnya iritasi lambung/ mulas.

Apabila hal ini sampai terjadi, tentu akan mengganggu tidur kita, tidur kita tidak akan menjadi nyenyak

4. Gorengan

Makanan yang paling sering kita jumpai adalah gorengan, rasanya yang renyak dan juga nikmat akan menjadi pendamping kita ketika makan, ngopi dan aktivitas – aktivitas lainnya. Yang menjadi permasalahannya adalah makanan ini mengandung lemak yang sangat tinggi sehingga akan menggangu pencernaan kita karena Pencernaan kita akan berjalan lebih lambat

Pada saat kita tidur, pencernaan kita akan berkerja lebih keras, sehingga akan mengakibatkan tidur kita menjadi terganggu.

5. Minuman yang beralkohol

Tidak sedikit orang yang meminum minuman beralkohol di malam hari karena ingin menghangatkan tubuh atau pengaruh dari pergaulan. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi minuman – minuman yang beralkohol akan lebih mempermudah kita untuk bisa tidur nyenyak

Sayangnya hal tersebut tidaklah benar, dengan mengkonsumsi alkohol kita akan mengalami gangguan tidur yang cukup parah, karena efek dari mengkonsumsi alkohol seperti pusing, rasa kebingungan, selain itu ketika kita bangun tidur tubuh juga akan cenderung terasa lemas.

6. Minum – minuman bersoda

Jenis minuman ini juga memiliki banyak penggemar karena sensasi segar yang di dapatkan ketika meminumnya. Yang perlu kita ketahui bahwa minuman yang  bersoda ini juga memiliki kandungan kafein, selain itu jenis minuman ini juga dapat meningkatkan kadar dari asam lambung kita sehingga perut kita menjadi tidak nyaman, yang tentunya juga akan mengganggu kualitas tidur.

Demikianlah pembahasan artikel tentang makanan dan minuman yang harus kita hindari agar kita bisa mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak. Semoga saja dengan terbitnya artikel ini akan membantu kita dalam mempersiapkan tidur yang nyenyak.