Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS IPS kelas 7 semester 1 lengkap terbaru

Soal PTS IPS kelas 7 semester 1 lengkap terbaru
Foto oleh Monstera dari Pexels

Soal PTS IPS kelas 7 semester 1 lengkap terbaru

Soal PTS – kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh anak – anak setiap semesternya adalah kegiatan penilaian. Salah satu kegiatan penilaian yang mesti di ikuti yaitu kegiatan penilaian soal PTS semester 1 . 

Kegiatan penilaian ini akan di peruntukan bagi anak – anak yang telah mengikuti pembelajaran dan telah menyelesaikan setengah materi di semester 1 ini. tujuan diadakannya kegiatan penilaian ini adalah untuk menilai kedalaman materi – materi yang telah di ajarkan.

Soal PTS ini sendiri wajib bisa merangkum semua materi – materi yang terdapat di setengah semester ke 1 ini, karena soal PTS yang akan kita bagikan akan berasal dari materi – materi tersebut. Jangan sampai kita menyusun soal yang tidak berkaitan dengan materi tersebut, karena akan mempersulit anak – anak kita dalam menjawab dan menyelesaikan soal yang kita berikan.

Selain itu untuk soal – soal yang menyimpang dari materi juga akan berakibat negatif terhadap anak – anak kita, karena kemungkinan besarnya adalah tidak tercapainya target yang kita tetapkan sebelumnya. Selain itu soal pts yang tidak sesuai dengan materi juga akan berimbas terhadap semangat belajar dari anak – anak kita di kelas.

Soal PTS IPS kelas 7 semester 1

Hal tersebut tentu akan kita hindari , karena kita sangat mengharapkan agar anak – anak kita bisa mencapai target yang telah kita tetapkan. Karena dengan tercapainya target yang kita tetapkan akan mengindikasikan bahwa kegiatan pembelajaran yang kita laksanakan telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Tapi apabila anak – anak kita belum mampu untuk mencapai target yang ada , kita harus mengadakan kegiatan penilaian ulang atau lebih di kenal dengan remidial. Kegiatan remidial ini sendiri sangatlah penting karena akan membantu anak – anak kita dalam mencapai target tersebut, sehingga nantinya nilai akhir semester dari anak – anak kita tidak jeblok.

Selain itu dengan diadakannya kegiatan remidial dari soal PTS ini juga akan menggambarkan bahwa kegiatan pembelajaran yang kita laksankanan belum bisa di kategorikan berhasil . pasti ada yang kurang dari kegiatan pembelajaran yang kita lakukan sehingga anak – anak kita kesulitan dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan yang kita berikan.

Bisa jadi model pembelajaran yang kita gunakan di kelas kurang sesuai dengan materi dan karakter anak – anak kita , sehingga anak – anak kita kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Saran saya adalah mengubah model pembelajaran tersebut dan menggantinya dengan model pembelajaran yang lebih sesuai , agar kedepannya persentase anak – anak yang harus mengikuti kegiatan remidial bisa menurun.

Soal PTS IPS kelas 7

Selain model pembelajaran , buku pelajaran juga memegang peran penting terhadap penyerapan suatu materi ajar. Jangan sampai kita tidak menyediakan buku paket pelajaran untuk anak – anak kita , karena hal tersebut akan memberatkan anak – anak kita dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

Kita juga bisa menyediakan buku – buku lain yang bisa menunjang materi ajar kita, hal ini sangat membantu anak – anak kita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan mempermudah mereka dalam menyerap materi , sehingga nantinya ketika mereka mengikuti kegiatan penilaian soal PTS hasilnya akan memuaskan dan sesuai dengan target.

Kita juga bisa memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di sekolah , untuk membantu kita dalam mentransfer materi ajar. Saya sangat merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berupa video , karena dengan adanya media pembelajaran ini akan meningkatkan konsentrasi anak – anak kita.

 Selain itu kelas kita juga akan semakin kondusif karena anak – anak akan lebih berffokus pada video pembelajaran di bandingkan hal lain yang bisa mengganggu pembelajaran. Yang paling penting adalah kita harus memiliki administrasi guru IPS sebelum memulai suatu pembelajaran , karena semua aktivitas kita akan lebih tertata dan teratur apabila kita memiliki administrasi guru.

Download soal PTS IPS kelas 7 semester 1

Soal PTS semester 1 ( LINK )

Demikianlah pembahasan tentang artikel tentang soal PTS IPS kelas 7 semester 1 , semoga saja artikel ini bisa membantu kita dalam kerja