Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Bahasa Indonesia semester 2 kelas 7 kurikulum 13

RPP Bahasa Indonesia semester 2 kelas 7 kurikulum 13
Foto oleh Andy Barbour dari Pexels

RPP Bahasa Indonesia semester 2 kelas 7 kurikulum 13 

RPP Bahasa Indonesia – seperti yang kita ketahui bahwa seorang guru memerlukan RPP untuk membantu dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. RPP ini sangat membantu kita dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ingin di capai.

RPP Bahasa Indonesia ini akan kita susun di awal semester / sebelum kita melaksanakan pembelajaran materi tersebut. RPP ini sendiri merupakan salah satu bagian dari administrasi yang harus kita miliki sebaai seorang guru.

RPP bahasa Indonesia ini bisa kita susun setelah kita menyelesaikan penyusunan administrasi administrasi inti seperti PROTA dan PROMES, juga silabus. Dengan dibantu administrasi inilah kita bisa merangkai RPP, karena administrasi – administrasi ini telah terdapat waktu pelaksanaan untuk setiap materi.

Maka dari itu sebelum kita menyusun RPP Bahasa Indonesia Ini, kita harus menyusun administrasi – administrasi tersebut terlebih dahulu, karena administrasi tersebutlah yang menentukan pembelajan bisa terselesaikan tepat pada waktunya.

RPP Bahasa Indonesia semester 2 kelas 7

Sebagai seorang guru, kita harus peka terhadap perkembangan jaman, yakinlah semua perubahan yang di lakukan oleh pemerintah ini bertujuan untuk memajukan pendidikan yang ada di Indonesia. Seperti perubahan dalam bentuk RPP , RPP yang berlaku sekarang yaitu RPP 1 lembar.

Dengan adanya RPP 1 lembar ini, sangat memudahkan kegiatan kita dalam menyusun rencana pembelajaran. Waktu yang kita butuhkan dalam menyusun RPP ini sangatlah singat, dan kita bisa mengalokasikan sisa waktu kita untuk mempersiapkan hal yang lain – lain.

Dengan mengikuti penyusunan RPP 1 lembar ini, menandakan kita mendukung penuh semua program pemerintah yang ada. Selain itu , kita juga harus selalu up to date tentang perkembangan pembelajaran yang ada di Indonesia, tujuannya adalah untuk memperkaya pengetahuan dan skill kita dalam mengajar.

Dalam RPP Bahasa Indonesia ini terdapat 4 bab yang akan kita bahas, bab – bab tersebut diantaranya menjadi pembaca yang efektif ( bab 5 ), berkorespondensi dengan surat pribadi dan surat dinas ( bab 6 ), mewarisi nilai luhur dan mengkreasikan puisi rakyat ( bab 7 ), mengapresiasikan dan mengkreasikan fabel ( bab 8 )

Dalam Bab 5 yang membahas pembaca yang efektif ini akan mengarahkan peserta didik untuk dapat  mengetahui unsur – unsur, persamaan , perbedaan dari buku fiksi dan juga buku non fiksi. Hal ini sangatlah penting agar peserta didik mengetahui apa sih itu buku fiksi dan juga buku non fiksi.

RPP BI kelas 7

Selanjutnya adalah bab 6 yang akan membahas tentang korespondensi surat pribadi dan surat dinas, materi ini akan mengarahkan peserta didik untuk dapat mengetahui ciri surat pribadi dan juga surat dinas, selain itu perserta didik juga harus mengetahui tentang cara memperbaiki susunan surat yang salah baik itu surat pribadi dan juga surat dinas, dan peserta didik diharapkan untuk dapat menyusun surat pribadi dan juga surat dinas sendiri.

Bab 7 dalam materi bahasa Indonesia kelas 7 adalah mewarisi nilai luhur dan mengkreasikan puisi rakyat. Materi ini memiliki tujuan pembelajaran diantaranya adalah peserta didik diharapkan untuk dapat membaca puisi rakyat dengan baik, selain itu peserta didik juga harus mampu untuk memahami isi, menyimpulkan isi, mengetahui struktur dan menjelaskan apa itu pantun. Peserta didik juga diharapkan untuk dapat menyebutkan perbedaan dari setiap puisi rakyat mulai dari pantun, syair hingga gurindam.

Yang terakhir adalah bab 8 adalah mengapresiasikan dan mengkreasikan suatu fabel. Tujuan dari bab ini adalah agar peserta didik dapat memahami pengertian, ciri, jenis, tokoh dan alur dari setiap fabel.

RPP Bahasa Indonesia semester 2

Dibawah ini adalah LINK pengunduhan RPP Bahasa Indonesia kelas 7 yang bisa kita unduh, silahkan melakukan pengunduhan dengan mengklik kata LINK di bawah

RPP Bahasa Indonesia  bab 5 ( LINK )
RPP Bahasa Indonesia  bab 6 ( LINK )
RPP Bahasa Indonesia  bab 7 ( LINK )
RPP Bahasa Indonesia  bab 8 ( LINK )

Sekian pembahasan artikel RPP Bahasa Indonesia semester 2 kelas 7 kurikulum 13 yang dapat dunia guru 87 bagikan, semoga hari kita semakin indah.