Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 Kurikulum 13 – dunia guru 87

RPP Bahasa Indonesia kelas 7  semester 1 Kurikulum 13 – dunia guru 87
Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels

RPP Bahasa Indonesia kelas 7  semester 1 Kurikulum 13 – dunia guru 87

RPP Bahasa Indonesia – kita membutuhkan rencana pembelajaran untuk membantu kita dalam melaksanakan tugas, Termasuk juga Mata pelajaran Bahasa Indonesia ini. kita harus membuatkan RPP agar semua kegiatan pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan juga lancar.

RPP Bahasa Indonesia ini akan kita susun di awal semester dan di pergunakan selama satu semester penuh. Dengan adanya RPP ini, kita akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran karena semua kegiatan kita telah tertata dengan rapi di dalam RPP.

Selain itu kemungkinan untuk kita kekurangan waktu dalam membahas suatu materi tidak akan terjadi, karena di dalam RPP sudah terdapat tanggal pelaksanaan dari RPP itu sendiri. Hal inilah yang membuat kita dapat meminimalisir terjadinya kekurangan waktu mengajar.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7 Semester 1

Saya memang tidak meragukan kemampuan kita dalam mengajar, karena selama mengikuti pendidikan keguruan kita telah di tanamkan semua yang berhubungan dengan dunia kependidikan. Tapi jika kita melaksanakan tugas tanpa berpatokan pada RPP bahasa Indonesia, akan memperbesar kemungkinan kita melenceng dari tujuan yang harusnya kita tuju.

Tapi dengan adanya RPP Bahasa Indonesia, hal tersebut tidak akan terjadi karena di dalam RPP telah tertera dengan jelas tujuan pembelajaran yang ingin di capai oleh kita sebagai guru bahasa Indonesia. Tujuan pembelajaran ini sendiri merupakan salah satu pokok dari RPP yang kita susun ini.

Yang menjadi permasalahan kita ketika kita menyusun RPP Bahasa Indonesia yaitu  perasaan malas dan perasaan ingin menunda. Tidak dapat di pungkiri , bahwa sebagian besar dari kita terbiasa mengajar tanpa berpatokan pada RPP . Karena menganggap RPP tersebut hanya akan di pergunakan ketika sekolah mengikuti kegiatan akreditasi.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7 bab 1

Pada Bab I ini peserta didik akan menemukan materi tentang belajar mendeskripsikan. Pada materi belajar mendeskripsikan ini , peserta didik sangat di harapkan untuk dapat mengenali ciri yang umum dari segi topik dan juga aspek kebahasaanya.

Selain itu peserta didik juga harus mengetahui pengertian, ciri, identifikasi, isi , struktur, bahasa, sinonim, dan lain sebagainya  dari teks deskripsi. Peserta didik juga harus mampu mengerti tentang kalimat perincian untuk pengkongkritan.

Diluar dari hal itu peserta didik peserta didik juga di harapkan untuk mampu menggunakan kata – kata yang bervariasi. Dan di tutup dengan peserta didik di harapkan untuk mampu menunjukkan sikap yang disiplin, pecaya diri dan juga mampu bertanggung jawab.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7 bab 2 

Pada Bab 2 ini peserta didik akan di ajak untuk mempelajari materi tentang memahami dan mencipta cerita fantasi. Pada materi ini peserta didik juga akan di harapkan dapat mencapai target seperti peserta didik mampu untuk menguraikan ciridari tokoh, juga latar, dan tema pada cerita yang bertema fantasi

Selain itu peserta didik di harapkan untuk dapat menetukan jenis, struktur, kebahasaan, ciri - ciri  dari cerita fantasi . peserta didik juga diharapkan untuk dapat mengerti dan juga menciptakan cerita fantasi sendiri, mengembangkan dan juga menulis cerita fantasi  secara sederhana. Tujuan inilah yang akan kita input kedalam RPP bahasa Indonesia kelas 7 bab 2.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7 bab 3

RPP bab 3 ini akan membahas materi mewariskan teks budaya dengan cara teks prosedur. Pada RPP Bahasa Indonesia bab 3 ini sangat mengharapkan peserta didik untuk dapat mentukan ciri ciri, jenis, struktur, mengurutkan, menulis, membuat dan juga merevisi teks prosedur sesuai dengan aturan – aturan yang berlaku,

Agar tujuan tersebut dapat tercapai, kita harus bisa menyusun dan merangkai RPP Bahasa Indonesia ini dengan baik, agar semua yang menjadi harapan dari bab 3 ini bisa tercapai dengan baik dan sesuai rencana.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7 bab 4

Sedangkan untuk bab 4 ini akan membahas materi tentang menyibak ilmu dalam laporan hasil observasi. Pada bab ini pun sama seperti ketiga bab di atas, memiliki tujuan yang ingin di capai. Tujuan tujuan tersebut antara lain peserta didik diharapkan untuk mampu menguraikan ciri dan tujuan dari teksi observasi.

Selain itu peserta didik juga diharapkan untuk dapat menuliskan, menyajikan, memahami, menentukan, hasil observasi. Demikianlah 4 Bab yang ada di semester 1 kelas 7 yang harus kita susunkan RPP Bahasa Indonesia, dalam rangka memudahkan tugas dan kewajibab kita di sekolah.

Download RPP Bahasa Indonesia kelas 7 

Bab 1  ( LINK )
Bab 2 ( LINK )
Bab 3 ( LINK )
Bab 4 ( LINK )

Terimakasih karena telah mengunjungi blog duniaguru87.com , semoga hari kita semua semakin berwarna.