Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus IPS kelas 7 semester 2 terbaru

Silabus IPS kelas 7 semester 2 terbaru
Foto oleh Nadine Wuchenauer dari Pexels

Silabus IPS kelas 7 semester 2 terbaru

Silabus IPS – salah satu administrasi yang harus kita miliki sebagai seorang guru adalah silabus. Silabus IPS ini harus kita susun di awal semester agar pembelajaran yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang kita inginkan.

Silabus ini sendiri akan kita jadikan salah satu patokan dalam mengajar, karena di dalam silabus telah tertera jenis – jenis kegiatan yang akan kita lakukan selama berada di dalam pembelajaran. Memang sih kita masih bisa mengajar tanpa menggunakan administrasi sebagai pegangan , tapi hasil yang kita dapatkan tidak akan semaksimal ketika kita menggunakan administrasi seperti silabus ini.

Dan hal tersebut tentu telah kita sadari akan hasilnya, tapi yang terjadi di lapangan adalah banyak dari kita yang tidak menggunakan administrasi seperti silabus IPS ini dalam mengajar. Jangankan untuk menggunakan administrasi ketika mengajar, kenyataannya administrasinya pun belum tentu kita miliki.

Sebagian besar dari kita lebih nyaman untuk mengajar tanpa menggunakan administrasi silabus IPS, kita lebih nyaman untuk menggunakan buku paket dan juga buku pendamping yang kita miliki. Hal ini bisa terjadi karena rasa malas yang kita miliki , dan kita telah menganggap materi – materi yang ada di kelas 7 ini telah kita kuasai sehingga tidak memerlukan administrasi – administrasi tersebut.

Kita lebih nyaman dengan kondisi seperti ini , dan kita lebih cenderung untuk menyelesaikan materi tersebut tanpa merencanakan sesuatu yang bisa lebih membantu anak didik kita di kelas. Pembelajaran seperti ini memang masih bisa berjalan , tapi efek sampingnya adalah pembelajaran yang kita laksanakan akan lebih cenderung asal – asalan.

Silabus IPS kelas 7 semester 2 

Yang pastinya terjadi adalah ketika menjelang akhir – akhir semester kita akan mengalami kekurangan waktu mengajar atau kelebihan waktu dalam mengajar. Tapi saya lebih cenderung ke kekurangan waktu ketika mengajar , karena kita tidak akan bisa memastikan kapan selesainya pembahasan suatu materi.

Materi – materi yang ada di akhir semester akan sangat rawan untuk tidak tersampaikan dengan maksimal, materi – materi tersebut akan lebih cenderung kita selesaikan dengan secepat kilat. Yang terjadi adalah kurangnya daya serap anak didik kita terhadap materi – materi tersebut, sehingga nantinya di akhir semester akan berimbas terhadap hasil penilaian yang anak – anak kita lakukan.

Hal ini tentu sangat tidak kita inginkan untuk terjadi, maka dari itu alangkah baiknya kita mempersiapkan suatu pembelajaran dengan semaksimal mungkin agar nantinya hasil penilaian yang anak anak kita ikuti bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita sebagai seorang guru.

Salah satu administrasi yang harus kita miliki adalah silabus ips ini, dengan adanya silabus ini kita akan lebih mudah dalam mengajar dan menyampaikan suatu materi. Maka dari itu saya sangat mengharapkan agar kita bisa meluangkan sedikit waktu kita untuk menyusun administrasi ini.

Silabus IPS ini sendiri tidak terlalu sulit untuk kita susun , karena kita telah terbiasa dalam menyusun administrasi ini. telah banyak pelatihan ataupun diklat yang kita ikuti untuk menyusun administrasi – administrasi seorang guru.

Dan saya juga yakin bapak dan ibu juga tidak akan mengalami kesulitan ketika menyusun silabus IPS ini. selain administrasi silabus ini, kita juga harus melengkapi administrasi – administrasi lainnya seperti prota dan promes, RPP, jurnal harian mengajar dan lain sebagainya.

Silabus semester 2 IPS kelas 7 

Untuk mempermudah kita dalam menyusun silabus ips ini, dunia guru 87 telah melampirkan berkas silabus di dalam artikel ini. harapannya adalah dengan adanya silabus ini , kita bisa lebih mudah lagi dalam melengkapi administrasi – administrasi yang menjadi tanggung jawab kita .

Sebagai seorang guru kita pasti mengharapkan hasil yang maksimal yang bisa di raih anak – anak kita di kelas. Kita akan melakukan segala daya upaya agar anak – anak kita ini bisa mendapatkan susuatu yang terbaik. 

Salah satunya yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan pembelajaran yang maksimal, seperti mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan. Media pembelajaran ini akan sangat membantu anak – anak kita dalam menyerap suatu materi , karena dengan adanya media pembelajaran akan mengarahkan anak didik kita lebih dalam lagi ke dalam suatu materi.

Selain itu dengan memanfaatkan media pembelajaran , kelas kita akan lebih cenderung kondusif karena konsentrasi anak – anak kita akan tertuju ke dalam materi yang tertuang di dalam media tersebut. 

Media yang sering saya gunakan di dalam mengajar adalah media berupa video , dan saya telah membuktikan sendiri efek positif dari penggunaan media berupa video ini. anak – anak kita akan lebih mudah dalam menyerap semua materi yang kita berikan , dan juga anak – anak kita akan lebih aktif lagi mengikuti pembelajaran yang kita lakukan.

Kelemahannya adalah kita akan sedikit lebih ribet untuk mempersiapkan sarana untuk bisa melaksanakan media ini. tapi hal tersebut pasti akan terbayarkan ketika kita melihat kebahagiaan anak – anak yang bisa menyerap apa yang kita berikan.

Download silabus IPS kelas 7 semester 2

Dibawah ini adalah link unduhan silabus ips yang bisa kita unduh dengan mengklik kata LINK di bawah ini.

Silabus IPS kelas 7 ( LINK )

Demikian pembahasan tentang artikel silabus IPS kelas 7 semester 2, semoga saja artikel ini bisa membantu kita dalam menjalankan tugas dan juga kewajiban di sekolah.