Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus IPS kelas 7 semester 1 terbaru

Silabus IPS kelas 7 semester 1 terbaru
Foto oleh Liudmyla Honcharova dari Pexels

Silabus IPS kelas 7 semester 1 terbaru

Silabus IPS -  kita tentu sangat menginginkan pembelajaran yang kita adakan bisa diterima oleh anak dengan sebaik baiknya, dan di serap dengan semaksimal mungkin. Segala cara akan kita lakukan agar hal tersebut bisa terwujud.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan silabus ips ini sebagai pegangan ketika kita mengajar. Dengan menggunakan silabus sebagai pegangan kita dalam mengajar, tentunya akan mempermudah kita dalam menyampaikan suatu materi.

Hal ini bisa terjadi karena di dalam silabus ips telah tertera dengan jelas kegiatan – kegiatan yang akan kita lakukan selama pembelajaran berlangsung. Efeknya adalah pembelajaran yang kita lakukan akan lebih tertata dan meminimalisir kemungkinan kita untuk melenceng dari pembahasan materi ajar.

Seperti yang kita ketahui bahwa silabus ips ini akan kita susun di awal semester , berbarengan dengan administrasi – administrasi lainnya . administrasi – administrasi ini sendiri sangatlah penting untuk kita miliki karena akan sangat mempermudah kita dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita di kelas.

Seperti contohnya silabus ips ini , kita sangat terbantukan dengan adanya silabus ini. tapi tidak sedikit dari kita yang tidak memiliki silabus ips dalam mengajar , maka dari itu pada kesempatan kali ini dunia guru 87 telah melampirkan silabus di bawah ini yang bisa membantu kita dalam mengajar.

Silabus IPS kelas 7 semester 1

Selain silabus IPS, kita juga harus melengkapi administrasi lainnya seperti Prota dan promes. Tapi sebelum kita menyusun prota dan promes , kita harus memiliki kalender pendidikan terlebih dahulu. Karena di dalam kalender pendidikan telah tertera waktu efektif dalam belajar yang kita bisa gunakan.

Setelah kita memiliki kalender pendidikan yang di bagikan oleh dinas yang terkait, kita baru bisa menyusun prota dan juga promes. Prota dan juga promes ini merupakan kepala dari administrasi – administrasi lainnya , karena kita tidak bisa menyusun administrasi lainnya  termasuk silabus ips jika kita belum memiliki prota dan juga promes ini.

Setelah kita memiliki prota dan promes, baru kita bisa menyusun silabus ips , dengan menggunakan prota dan promes sebagai pegangan. Untuk susunan Silabus ini sendiri , masih sama dengan silabus – silabus yang telah kita susun sebelumnya.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan kita dalam menyusun silabus ips, karena kita telah menguasai cara untuk menyusun silabus . saya bisa mengatakan seperti itu karena kita telah terbiasa menyusun silabus ini setiap semester .

Maka dari itu tidak tidak ada alasan bagi kita untuk mengatakan tidak bisa menyusun silabus ips, alasan ini bisa muncul karena rasa malas yang kita miliki. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kita lakukan , apalagi bagi kita yang berprofesi sebagai seorang guru.

Silabus kelas 7 IPS semester 1

Format dari silabus ips ini akan di mulai dari kop dari silabus yang akan berisi satuan pendidikan , satuan pendidikan ini akan kita isi dengan tempat kita bertugas. Selanjutnya ada mata pelajaran yang akan kita isi dengan mata pelajaran IPS.

Di bawahnya terdapat kelas dan juga semester yang akan kita isi dengan kelas VII semester 1, selanjutnya juga akan terdapat tahun, tahun disini akan kita isi dengan tahun berlakunya silabus yang kita susun di awal semester .

Setelah kita menyelesaikan kop dari silabus ips , kita akan beranjak ke kompetensi inti dari silabus. Kompetensi inti akan berisi tujuan dari penyusunan silabus ini. kompetensi inti ini akan kita upayakan untuk tercapai ketika melaksanakan pembelajaran di kelas.

Selanjutnya kita akan masuk kedalam tabel dari silabus yang akan berisikan kompetensi dasar, materi pelajaran , indikator , kegiatan pembelajaran , alokasi waktu , sumber belajar , dan juga penilaian.

Yang terakhir adalah identitas dari si penyusun silabus IPS beserta identitas kepala sekolah. Setelah kita menyelesaikan penyusunan silabus ini ,kita akan menyerahkan silabus ini ke pada kepala sekolah untuk di periksa. Apabila telah di acc oleh kepala sekolah , baru kita akan mendapatkan tanda tangan dari kepala sekolah.

Download  silabus IPS kelas 7 semester 1

Silabus semester 1 ( LINK )

Demikianlah pembahasan dari silabus ips kelas 7 semester 1, yang akan sangat membantu kita dalam bekerja sebagai seorang guru.