Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS IPS semester 2 kelas 7 disertai kunci jawaban yang terbaru

Soal PTS IPS semester 2 kelas 7 disertai kunci jawaban yang terbaru
Foto oleh Skylar Kang dari Pexels

Soal PTS IPS semester 2 kelas 7 disertai kunci jawaban yang terbaru

Soal PTS – penyusunan soal – soal adalah salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan sebagai seorang guru. Terdapat banyak jenis soal yang kita susun setiap semesternya mulai dari soal harian , soal pts, soal semester hingga soal akhir tahun.

Semua soal – soal ini kita rangkai dan kita laksanakan untuk mengecek dan juga menganalisa perkembangan belajar anak didik kita di dalam kelas. Salah satu soal yang kita susun adalah soal PTS ini , soal pts ini akan kita adakan di pertengahan semester 1 dan juga semester 2.

Tujuannya adalah untuk mengecek sejauh mana anak didik kita bisa menyerap materi – materi yang telah kita berikan di kelas, tentu saja harapan kita adalah agar anak – anak bisa mencapai target yang telah kita tetapkan dalam soal pts ini.

Apabila anak – anak kita telah mencapai target yang telah kita tetapkan dalam soal PTS ini , kita harus mengadakan kegiatan pengayaan agar materi – materi yang telah lewat ini bisa lebih diserap oleh peserta didik kita.

Tapi jika anak - anak kita tidak mencapai semua target yang telah kita tetapkan , kita harus melaksanakan kegiatan remidial . kegiatan remidial ini bertujuan untuk mengejar ketertinggalan dari anak – anak kita yang tidak mencapai target yang telah di tetapkan.

Selain itu kita juga harus selalu memotivasi anak – anak kita yang mengikuti remidial , agar semangat belajar mereka tidak menurun . hal ini sangat penting karena bagi anak – anak yang mengikuti remidial akan mengalami penurunan semangat karena tidak mencapai nilai yang mereka inginkan.

Soal PTS IPS semester 2 kelas 7

Harapan kita adalah agar anak – anak kita tidak harus mengikuti kegiatan remidial ini, karena dengan di adakannya kegiatan remidial berarti ada yang kurang selama kita melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. 

Salah satunya adalah penyampaian materi , kebiasaan kita adalah hanya membawa buku paket saja ketika mengajar . hal ini bisa terjadi karena sebagian besar dari kita menganggap materi yang ada di kelas 7 ini telah kita kuasai , tanpa memperhatikan daya serap anak – anak kita.

Seharusnya sebelum kita memulai suatu pembelajaran, kita harus mempersiapkan administrasi yang akan mendukung kita ketika melaksanakan suatu pembelajaran . salah satunya adalah media pembelajaran, media pembelajaran ini sangatlah penting bagi anak didik karena akan mempermudah anak didik kita dalam menyerap materi – materi yang kita ajarkan.

Media yang biasa saya gunakan adalah media berupa gambar dan video pembelajaran. Untuk media pembelajaran berupa gambar , saya biasanya mencari di google . di google sudah banyak tersedia gambar – gambar yang menarik yang bisa mendukung kita dalam mengajar.

Selain media berupa gambar , saya juga sering menggunakan media berupa video yang berkaitan dengan materi . dengan menggunakan media berupa video , kelas kita akan lebih kondusif . hal ini bisa terjadi karena konsentrasi peserta didik akan terfokus terhadap materi di dalam video.

Soal PTS IPS kelas 7

Selain media pembelajaran , kita juga harus menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik . dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, materi – materi IPS yang kita ajarkan akan lebih mudah untuk di terima oleh anak – anak kita.

Sehingga nantinya ketika anak – anak kita mengikuti kegiatan penilaian soal PTS ini, anak – anak kita akan mendapatkan nilai yang memenuhi standart yang di tetapkan.  Selain media pembelajaran dan juga model pembelajaran , keberhasilan suatu pembelajaran juga di tentukan oleh kondisi kelas kita sendiri.

Kita harus bisa mengelola kelas kita dengan sebaik – baiknya agar kelas yang kita kelola bisa berjalan dengan baik. Kita harus bisa menyedikan kelas yang mendukung untuk di adakannya suatu pembelajaran.

Download soal PTS IPS kelas 7 semester 2

Soal PTS semester 2 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang soal PTS IPS  kelas 7 semester 2 kali ini , sampai jumpa di artikel – artikel selanjutnya.