Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Manfaat dari ikan gabus yang perlu untuk kita ketahui

11 Manfaat dari ikan gabus yang perlu untuk kita ketahui
11 Manfaat dari ikan gabus yang perlu untuk kita ketahui

11 Manfaat dari ikan gabus yang perlu untuk kita ketahui

Ikan Gabus – ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar, yang sangat banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Ikan gabus ini sendiri memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan juga memiliki kandungan gizi yang melebihi ikan salmon. Hal inilah yang menyebabkan ikan gabus sangat di percaya dapat memberi kesehatan bagi tubuh kita.

Kandungan dari Ikan Gabus

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang ikan gabus, kita juga harus  mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam ikan gabus. Seperti yang kita ketahui, ikan gabus ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, 

Selain protein, ikan gabus ini juga terdapat kandungan albumin yang juga sangat tinggi. Albumin adalah kandungan protein yang di produksi di dalam hati.  Albumin ini sangatlah pentinng bagi tubuh kita, jika tubuh kita mengalami kekurangan albumin akan dapat menyebabkan berbagai masalah untuk tubuh kita.

Di dalam ikan gabus juga terkandung zat besi, fosfor, omega 3, vitamin A, kalsium,vitamin B1 dan juga air

Manfaat dari Ikan Gabus yang perlu untuk kita ketahui

Beberapa manfaat dari ikan gabus yang di rangkum oleh dunia guru 87 akan di jabarkan di bawah ini antara lain

1. Mengatasi kurang gizi

Salah satu manfaat dari ikan gabus adalah mampu mengatasi terjadinya kurang gizi. Kita mengetahui bahwa untuk mencapai keseimbangan dari gizi tidaklah mudah. Apalagi untuk anak – anak yang mengalami susah makan. Susahnya makan pada anak akan membuat mereka mengalami kekurangan gizi.

Hal ini tentu akan berimbas kepada pertumbuahan tubuh mereka. Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin akan dapat melengkapi kekurangan gizi tersebut. Hal ini bisa terjadi karena ikan gabus memiliki kandungan yang mampu melengkapi kebutuhan gizi harian kita.

2. Baik untuk ibu hamil

Bagi wanita yang tengah ada di dalam masa kehamilan, sangatlah disarankan untuk melengkapi kebutuhan protein hewani. Maka dari itu ikan gabus ini bisa kita pakai sebagai opsi untuk melengkapi kebutuhan protein hewani ini. Selain itu protein yang terkandung di dalam ikan patin ini dipercaya mampu untuk meningkatkan  pertumbuhan janin menjadi lebih baik.

3. Penyembuhan luka menjadi lebih cepat

Salah satu manfaat utama dari ikan gabus ini adalah mampu untuk menyembuhkan luka lebih cepat.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan albumin yang lumayan tinggi yang ada di dalam ikan gabus.

4. Menyeimbangkan cairan di dalam tubuh

Selain mencukupi kebutuhan protein kita, ikan gabus juga dapat menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh. Manfaat ini bisa di dapatkan karena adannya albumin

Keseimbangan cairan tubuh sangatlah penting bagi kita, karena dengan cairan tubuh yang seimbang dapat membuat tubuh kita bekerja dengan lebih baik. Apabila kita kekurangan cairan dapat membuat masalah bagi tubuh kita salah satunya adalah terhambatnya penyerapan dari protein.

5. Mampu memelihara otot

Manfaat lain dari ikan gabus adalah mampu memelihara otot tubuh kita. Kita pasti pernah mendengar bahwa protein merupakan hal yang sangat penting di dalam membentuk otot, maka dari itu ikan gabus  merupakan salah satu makanan yang baik untuk memelihara otot kita.

Perlu kita ketahui bahwa protein yang ada di dalam ikan gabus ini mengalahkan protein yang terdapat pada daging sapi, ayam, ikan air laut bahkan ikan air tawar.

6. Mampu menjaga kesehatan mata kita

Vitamin A adalah vitamin yang kita perlukan untuk membuat mata kita menjadi sehat. Perlu kita ketahui juga bahwa selain mengandung protein yang tinggi, ikan gabus ini juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yaitu 150g

7. Nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan

Ikan gabus merupakan salah satu makanan yang sangat baik di dalam memacu pertumbuhan. Ikan ini  sangatlah baik jika di konsumsi oleh anak anak, ibu hamil, dan juga ibu menyusui.

8. Sangat baik untuk pencernaan

Ternyata ikan gabus ini juga sangat baik untuk pencernaan kita. Kandungan protein yang tinggi pada ikan gabus ini sangatlah mudah untuk bisa di cerna oleh sistem pencernaan kita. Hal ini sangatlah baik karena makanan yang mudah di cerna tidak akan membuat sistem pencernaan kita bekerja dengan lebih keras, 

9. Salah  satu opsi penambah berat badan

Bagi teman teman yang ingin menambah berat badan, teman – teman bisa mengkonsumsi ikan gabus,  protein hewani yang ada di dalam ikan gabus ini mampu membantu kita untuk menambah  berat badan. Kombinasikanlah ikan gabus ini dengan karbohidrat agar lebih mempercepat proses penambahan berat badan.

10. Baik  untuk para penderita diabetes

Bagi para penderita diabetes tentu tau tentang pembatasan konsumsi nasi putih yang beresiko untuk menaikkan gula darah, maka dari itu untuk mencukupi kebutuhan kalori harian kita, kita bisa mengkonsumsi ikan gabus ini karena dengan mengkonsumsi ikan ini

11. Mampu mengatasi hipoalbuminemia

Masalah kesehatan tubuh akan mulai muncul apabila kita kekurangan albumin. Gejala dari hipoalbuminemian ini ditandai dengan kurangnya nafsu makan, mual,diare, penyakit kuning, dll.

Penyebab dari hipoalbuminemia ini antara lain diabetes, gagal jantung, sirosis hati, lupus ,dll

Demikianlah pembahasan tentang 11 manfaat dari ikan gabus, dunia guru 87 mengharapkan kita bisa memaksimalkan potensi dan juga kandungan dari ikan gabus ini, karena manfaat yang di dapat dari ikan ini tidak main – main. Kita sendiri juga telah mengetahui pentingnya kesehatan bagi diri kita.