Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 manfaat buah pisang yang perlu kita ketahui dan kita maksimalkan

 

7 manfaat buah pisang yang perlu kita ketahui dan kita maksimalkan
Foto oleh Kio: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-fokus-selektif-tandan-pisang-di-permukaan-hitam-1093038/

7 manfaat buah pisang yang perlu kita ketahui dan kita maksimalkan

Pisang – seperti yang kita ketahui, buah pisang ini sangatlah mudah untuk kita temui di Indonesia. Ada banyak juga jenis dan varian dari buah pisang ini di Indonesia. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa buah yang tinggi akan kandungan serat hanya berguna untuk kesehatan pencernaan saja. Menurut keterangan dari para pakar kesehatan, terdapat banyak sekali manfaat dari buah pisang ini bagi kesehatan kita apabila kita bisa mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita

Di dalam buah pisang terdapat kandungan kalium, protein,mineral, serat dan juga nutrisi – nutrisi yang sehat lainnya. Semua kandungan ini bisa kita maksimalkan apabila kita bisa mengkonsumsi buah pisang iin dengan baik dan tidak berlebih lebihan.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari buah pisang yang telah di rangkum oleh dunia guru 87 yang perlu untuk kita ketahui. Beberapa manfaat tersebut antara lain 

1. Mengatasi Anemia

Dalam penelitian yang di lakukan di otonom Queretaro University yang ada di meksiko, mendapatkan sebuah fakta yaitu kandungan zat besi yang lumayan tinggi di dalam buah pisang mampu mengatasi anemia. Kandungan tembaga yang ada di dalam buah pisang ini juga akan dapat membantu di dalam pembentukan dari sel darah merah. Hal ini tentu akan berimbas kepada meningkatnya sirkulasi darah kita.

2. Mampu menurunkan tekanan darah

Seandainya kita sedang membicarakan tentang bagaimana cara kita untuk bisa menurunkan tekanan darah, yang pertama akan terlintas di benak kita tentu adalah timun atau mentimun. Tapi yang perlu kita ketahui, ternyata buah pisang memiliki manfaat yang sama.

Penelitian yang di lakukan oleh para ahli dari institut hypertantion yang ada di amerika serikat, menemukan bahwa kalium yang ada di dalam buah pisang dapat membuat tekanan darah kita menjadi seimbang. Hal ini bisa terjadi karena kalium ini dapat membuat ketegangan yang ada di pembuluh darah kita menjadi turun, selain  itu kalium ini juga bermanfaat di dalam peningkatan dari sirkulasi darah, dan  mampu untuk meningkatkan  asupan dari oksiken ke seluruh tubuh kita.

Di dalam penelitian ini juga di temukan bahwa  buah pisang mampu mencegah terjadinya stroke, serangan jantung dan mencegah terjadinya kolesterol yang tinggi.

3. Baik untuk tulang kita

Dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, akan membuat tubuh kita lebih mudah untuk menyerap kalsium. Hal ini akan membuat tulang kita menjadi lebih sehat dan mampu meminimalisir kita untuk terkena osteoporosis.

4. Mampu meningkatkan fungsi memori kita

Pada penelitian yang di lakukan pada tahun 2015, menemukan bahwa buah pisang  mengandung asam amino triptofan yang berfungsi seperti dopamine. Hormon yang akan berfungsi sebagai penenang suasana hati dan mampu untuk meningkatkan kemampuan daya ingat kita. Di dalam buah pisang juga terdapat magnesium yang tinggi dan akan berfungsi sebagai pembantu agar otot tubbuh kita menjadi rileks.

Vitamin B6 ternyata juga ada di dalam buah pisang, yang akan membuat kita lebih mudah untuk tidur nyenyak sehingga baik fisik dan mental kita akan menjadi lebih sehat.

5. Mampu mengatasi masalah menstruasi

Ternyata selain buahnya, jantung pisang pun memiliki manfaat. Seperti yang kita ketahui, jantung pisang biasa kita gunakan sebagai obat tradisional ketika sedang menstruasi. Manfaatnya antara lain untuk mengurangi terjadinya keram pada perut, mengurangi terjadinya pendarahan yang berlebihan, sampai mampu untuk mengurangi rasa nyeri. Tidak sedikit wanita yang merasa lebih baik setelah mengkonsumsi jantung pisang ini.

6. Baik untuk menjaga kesehatan mata kita

Pisang memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan dan juga karotenoid. Dua  kandungan inilah yang akan menjaga kesehatan mata kita. Selain itu kandungan mineral yang ada di dalam buah pisang akan mampu menghindari kita untuk terkena masalah masalah mata seperti katarak, glukoma, dan degenerasi mokula.

7. Mencegah terjadinya penuaan dini

Penuaan merupakan hal yang akan terjadi ke semua orang, tapi apabila kita tidak bisa menerapkan gaya hidup yang sehat, proses penuaan ini akan datang lebih cepat dari harusnya. Tanda – tanda dari terjadinya penuaan dini ini adalah kulit kita yang akan terlihat lebih kusam, munculnya keriput pada wajah, kulit yang akan mengendor.

Untuk mencegah agar semua hal tersebut tidak terjadi pada kita, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin karena di dalam buah pisang terkandung  vitamin C dan  juga vitamin B6.

Demikianlah pembahasan dari manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita yang bisa di rangkum oleh dunia guru 87, semoga saja artikel ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kita tentang buah pisang yang banyak beredar di sekitar kita.