Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komedo hilang dengan 15 cara mudah dan alami yang perlu untuk kita ketahui

Komedo hilang dengan 15 cara mudah dan alami yang perlu untuk kita ketahui
Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/fotografi-close-up-wanita-yang-mengenakan-lipstik-merah-46249/

Komedo hilang dengan 15 cara mudah dan alami yang perlu untuk kita ketahui

Komedo – Komedo merupakan kotoran yang menumpuk pada bagian pori pori kulit. Biasanya bagian yang terserang komedo antara hidung dan juga areal sekitar mata. Tidak sedikit orang yang mencari tahu berbagai cara untuk menghilangkan dan mengobati komedo ini, tapi sebelum teman – teman menggunakan obat  - obatan, teman teman wajib mengetahui  dulu cara alami yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan komedo.

Cara ampuh menghilangkan komedo dengan  alami

1. Masker dari tanah liat 

Cara alami dalam rangka menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan masker tanah liat. Untuk orang orang yang memiliki kulit yang berminyak sering menganggap bahwa masker ini sangatlah cocok.  Masker tanah liat ini memiliki fungsi antara lain menyingkirkan minyak, kotoran, dan juga elemen yang lain dari pori pori kita.

2. Susu dan pala

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan komedo adalah dengan mencampurkan sesendok susu  dengan beberapa butir kecil pala. Oleskanlah campuran ini kewajah agar kita bias mengangkat kulit matidan  juga kotoran, setelahitu baru kita membasuhnya dengan air yang hangat.

3. Masker dari putih telur

Putih telur merupakan bahan yang alami yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan komedo yang ada di hidung kita caranya sangat mudah karena kita hanya membutuhkan putih telurnya saja.

Kocoklah putih telur hingga berbusa, kemudian oleskan pada hidung kita. Kita bisa menutupnya dengan tisu setelah mengoles putih telur ini, diamkan sekitar 30 menitan, lalu cuci dengan air bersih dan rasakan perbedaanya.

4. Yoghurt dan oatmeal

Yoghurt dan oatmeal bisa kita pergunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok yoghurt yang tanpa rasa dengan dua sendok oatmeal, kita juga bisa menambahkanya dengan sedikit minyak zaitun dan beberapa tetes lemon.

Campur semua bahan tersebut dan aplikasikan ke wajah kita, kita bias mendiamkannya selama 10 menitan, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat.

5. Baking soda

Kita bias mencampur sedikit baking soda dengan air hingga berubah menjadi pasta. Campuran tersebut kita oles ke wajah , lalu diamkan beberapa menit kemudian di bilas. Tapi jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena dapat membuat kulit kita menjadi kering

6. Lidah buaya

Biasanya gel lidah buaya kita pergunakan untuk perawatan rambut, ternyata selain untuk rambut gel lidah buaya juga bias kita pergunakan untuk menghilangkan komedo yang ada di  wajah kita.

Kita bisa mengoleskan gel lidah buaya ini ke wajab dan mendiamkannya di wajah selama beberapa menit, lalu bilaslah dengan menggunakan air hangat.

7. Minyak kelapa dan kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita pergunakan  untuk menghilangkan komedo, tapi jika kita terlalu banyak menggunakan kunyit akan memberi efek warna kuning di wajah.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa mengakalinya dengan menggunakan serbuk atau bubuk kunyit dan kita campurkan dengan minyak kelapa, campur hingga bentuknya menjadi pasta. Balurkan ke bagian wajah yang terkena komedo. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih

8. Minyak pohon the

Minyak pohon teh sangat di percaya mampu membuat komedo kita hilang. Caranya sangat gampang, kita cukup mengoleskan minyak ini pada bagian  wajah yang terkena komedo. Minyak ini akan membunuh dan juga menghilangkan kotoran yang menyebabkan terjadinya komedo

Perlu kita ketahui bahwa minyak pohon teh ini telah banyak terkandung di dalam beberapa produk produk kecantikan dan perawatan kulit yang tersebar di pasaran

9. Lemon dan juga garam

Cara menghilangkan komedo berikutnya adalah dengan menggunakan campuran dari garam dan juga lemon. Satu sendok  garam, sesendok teh yogurt, sedikit madu dan perasan jeruk lemon kita aduk semua hingga semua bercampur.

Oleskan  pada wajah dan kita bisa mendiamkannya beberapa menit sebelum membasuhnya dengan air hangat

10. Kayu manis dan juga madu

Kita bisa mencampur 1 sendok madu dengan ½ sendok teh kayu manis, campuran ini kita oles ke bagian wajah yang berketombe sembari di pijat. Diamkan beberapa menit kemudian di bilas menggunakan air hangat.

Perlu kita ketahui bahwa madu mempunyai sifat anti  bakteri yang alami, yang mampu membunuh bakteri – bakteri yang ada di kulit.

11. Lemon gula pasir dan juga madu

Untuk bahan bahanya antaralain perasan lemon, satu sendok gula pasir dan satu sendok madu. Campur semua bahan tersebut menjadi satu, kemudian oleskan  ke bagian wajah  yang terdampak komedo, kita juga bisa sambil memijat mijatnya dengan halus.

Diamkan  beberapa saat  lalu basuh dengan kain yang basah. Ulangi kegiatan ini  sekali hingga dua kali dalam seminggu.

12. Pasta gigi

Odol atau pasta gigi ternyata adalah salah satu cara efektif untuk  kita bisa pakai dalam rangka menghilangkan komedo, karena di dalam pasta gigi terkandung flouride dan juga mineral.

Kandungan inilah yang dipercaya dapat menghilangkan  komedo dan juga mampu untuk menghaluskan wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian komedo, diamkan sekitar 30 menitan baru kita bilas menggunakan air yang bersih.

13. Bubuk kopi dan gula

Campurkanlah bubuk kopi dengan sedikit air, kemudian tambahkan juga 1 sendok gula pasir,aduk hingga rata lalu  gosokkanlah pada wajah  kita yang sudah kita bersihkan terlebih dahulu. Gosokanlah kewajah sekitar 1 – 3 menit lalu bilas dengan air bersih.

14. Uap garam

Caranya adalah kita bisa melarutkan 3 sendok garam kedalam air yang kita didihkan ( 1- 1,5 liter ). Setelah larut pindahkan ke sebuah wadah yang agak besar, setelah itu kita harus bisa memposisikan wajah kita tepat berada di atas wadah tersebut.

Hal ini di lakukan agar wajah kita agar wajah kita terkena uap dari campuran tersebut. Lakukanlah sekitar 5 hingga 10 menit 

15. Es Batu  dari jeruk nipis.

Didihkanlah air jeruk nipis, kemudian simpan di lemari es, hingga berbentuk es. Cara menggunakannya adalah bersihkan terlebih dahulu wajah kita, setelah bersih,kita bisa mengoleskan es batu ini pada wajah selama beberapa menit.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan komedo pada wajah, semoga saja artikel ini bisa membantu kita dalam merawat kulit wajah.