Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 jenis Pantangan Asam Urat yang harus kita ketahui dan kita hindari

15 jenis Pantangan Asam Urat yang harus kita ketahui dan kita hindari
Foto oleh Kindel Media: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-kaki-sentuhan-rasa-sakit-7298678/


15 jenis Pantangan Asam Urat yang harus kita ketahui dan kita hindari

Asam Urat – penyakit ini biasa menyerang persendian dan akan menimbulkan rasa yang menyiksa dan sangat mengganggu pagi para penderitanya. Asam urat ini bisa terjadi kepada siapapun  dan mampu terjadi kapanpun tanpa kita sadari. Agar hal ini tidak terjadi kepada kita dan para penderita asam urat, sangat di sarankan untuk dapat menghindari pantangan – pantangan yang dapat memunculkan asam urat ini. Dan perlu kita ketahui bagi laki – laki yang mengalami kegemukan atau berat badan berlebih, akan sangat mudah untuk terkena asam  urat ini.

Untuk makanan penyebab asam urat ini, biasanya banyak terkandung purin. Purin ini sendiri banyak terdapat pada daging sapi, beberapa jenis ikan, dan hati kalkun. Selain daging dagingan, beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga dapat menjadi penyebab terjadinya atau munculnya asam urat

Asam urat ini akan menjadi Kristal dan berkumpul di daerah persendian, sehingga akan terjadi peradangan dan juga pembengkakan dan akan menjadi tanda munculnya asam urat

Makanan makanan penyebab dan menjadi pantangan  asam urat

Dibawah ini adalah beberapa pantangan yang harus kita hindari agar kita tidak terkena asam urat. Pantangan – pantangan tersebut antara lain :

1. Asparagus 

Seperti yang kita ketahui asparagus memiliki folat dan juga kalium yang tinggi yang bias di konsumsi panas maupun dingin. Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi pantangan bagi para penderita asam urat. Kandungan purin yang tinggi yang ada di dalam asparagus inilah yang menjadi penyebabnya.

2. Bayam

Sayuran lain yang menjadi pantangan bagi asam urat adalah bayam. Seperti yang kita ketahui bayam memiliki kandungan yang baik untuk tubuh sepeprti vitamin C, Zat Besi, luteins, Flavonoid, beta karroten. Tapi dari sekian banyak kandungan tersebut, ternyata bayam juga mengandung purin yang tinggi sekitar 57 gram untuk 100 gram  bayam.

3. Seafood

Purin merupakan penyebab terjadinya asam urat, dan yang perlu kita ketahui makanan laut mengandung kandungan tersebut. Maka dari itu bagi para penderita asam urat,  sangat tidak di anjurkan untuk mengkunsumsi makanan laut seperti kepiting,udang, tiram,dan cumi – cumi. 

4.Daging merah

Daging merah seperti daging kambing, daging sapi, dan juga babi  diangganp memiliki kandungan purin yang tinggi, maka dari itu sangat di anjurkan  untuk menghindari makanan – makanan jenis ini.

5. Jeroan

Sudah banyak yang tahu bahwa jeroan merupakan salah satu pemicu terjadinya asam urat. Kandungan purin sangat tinggi di dalam bagian organ hati,usus, jantung,otak, paru,limpa, ginjal dan bagian lainnya.

6. Kembang Kol 

Di luar dari rasanya yang nikmat ternyata Kembang kol juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Di dalam 100 gram kembang kol terdapat 51 gram purin

7. Nanas

Buah nanas ternyata masuk kedalam buah yang bisa menyebabkan  terjadinya asam urat. Hal ini bisa terjadi karena buah ini akan mengalami fermentasi di dalam pencernaan kita dan akan menjadi penyebab terjadinya asam  urat

8. Durian

Makanan yang wajib kita hindari adalah durian. Buah yang sangat tinggi akan kolesterol ini merupakan pantangan bagi penderita asam urat, karena dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi  seperti radang, stroke, penyakit  jantung, dan hipertensi.

9. Olahan kedelai

Tempe, tahu dan jenis makanan yang berbahan  baku  kedelai sangat tinggi akan protein,tapi selain tinggi akan protein, ternyata kedelai masuk kedalam  jenis makanan yang menjadi pemicu terjadinya asam urat. Maka dari itu para penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan makanan  olahan kedelai.

10. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan gula yang akan dapat membuat berat badan menjadi naik. Dengan naiknya berat badan akan menjadi salah satu factor pemicu terjadinya  asam urat.

11. Jamur

Di dalam 100 gram jamur terdapat 17 – 92 gram purin, hal inilah yang menyebabkan jamur masuk kedalam makanan pemicu terjadinya asam urat.

12. Minuman –minuman beralkohol

Alcohol sangat di hindari bagi para penderita asam urat karena dapat meningkatkan kadar asam urat. Akibat dari mengkonsumsi minuman beralkohol adalah munculnya rasa nyeri dan dehidrasi.

13. Nangka

Nangka juga memiliki kandungan purin yang tinggi, seperti yang kita ketahui bahwa purin merupakan salah satu penyebab utama terjadinya asam urat. Puri ini juga akan mengganggu fungsi dari ginjal. Dengan menumpuknya asam  urat ini akan dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.

14. Mangga

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik,  dengan mengkonsumsi manga yang berlebihan akan memperhambat penurunan dari kalori yang ada di dalam tubuh kita, hal ini akan berimbas terhadap naiknya berat badan. Dengan naiknya berat badan akan meningkatkan kemungkinan kita untuk terkena asam urat

15. Gula

Walaupun kita tahu kandungan purin yang ada di dalam gula sangat rendah, tapi mengkonsumsi gula yang berlebih mampu menimbulkan diabetes dan juga obesitas. Hal inilah yang akan membuat kondisi asam urat menjadi lebih buruk

Makanan untuk penderita asam urat

Jika ada makanan yang harus kita hindari, berarti ada makanan yang di rekomendasikan untuk para penderita asam urat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang di rekomendasikan untuk kita konsumsi antara lain :

• Mengkonsumsi makanan dengan kandungan potassium seperti yoghurt, kentang, dan juga pisang.
• Mengkonsumsi buah – buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi dan juga papaya.
• Buah buahan dan juga sayur sayuran seperti buah naga, wuluh, blimbing, jahe, sawi hijau, serai, tomat.
• Memperbanyak konsumsi karbohidrat yang kompleks sperti singkong, nasi,dan juga ubi.
• Mengurangi konsumsi karbohidrat yang sederhana seperti gula, arum manis, permen
• Menghindari meminum aspirin
• Menghindari kelelahan.

Makanan – makanan yang boleh di konsumsi 

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang boleh di konsumsi penderita asam urat tapi dalam jumlah yang terbatas

• Tempe,  tahu, daging kambing, ikan, daging ayam , dan daging sapi
• Jenis sayur – sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, toge, asparagus,papaya, kacang kacangan
• Makanan – makanan berlemak antara lain margarine, santan, gorengan, mentega