Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 jenis makanan yang mampu meningkatkan resiko terjadinya Asam Urat

7 jenis makanan yang mampu meningkatkan resiko terjadinya Asam Urat
Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/traditional-jewish-bread-4038118/


7 jenis makanan yang mampu meningkatkan resiko terjadinya Asam Urat

Asam Urat – jika kita membahas tentang asam urat,  biasanya kita akan langsung membayangkan jeroan dan mananan laut yang menjadi penyebabnya. Kandungan purin yang tinggi dari kedua makanan ini akan dapat menyebabkan kita lebih mudah untuk terkena penyakit ini yaitu penyakit asam urat. Tapi selain makanan jenis ini, beberapa pakar Kesehatan telah mengemukakan bahwa ada beberapa makanan lain yang bisa menjadi pemicu dari asam urat.

Makanan – makanan pemicu Asam Urat

Seoerti yang telah di jelaskan tadi, beberapa pakar Kesehatan telah memaparkan beberapa  jenis makanan yang tidak kita sadari juga dapat meningkatkan resiko terjangkitnya asam urat

Dibawah ini adalah beberapa  jenis makanan yang wajib untuk kita hindari, karena dapat menjadi pemicu  terjadinya asam urat. Makanan – makanan tersebut antara lain :

1. Hati Ayam

Hati ayam termasuk juga di dalam kategori jeroan. Seperti yang kita ketahui jeroan merupakan penyebab utama terjadinya asam urat. Selain menjadi penyebab terjadinya asam urat, hati ayam ini jika diolah  dengan tidak tepat seperti di santan dan di  goreng, akan  dapat meningkatkan resiko terjadinya kolesterol yang tinggi.

2. Kacang Mete

Kacang mete ini merupakan salah satu cemilan yang paling banyak orang gemari oleh semua kalangan. Rasanya yang nikmat bisa membuat kita untuk terus mengkonsumsinya, ttapi yang perlu kita ketahui adalah kacang mete ini adalah  salah satu makanan yang mampu untuk meningkatkan resiko terjadinya penyakit Asam Urat.

Di dalam kacang mete, selain  terkandung purin dalam level  yang sedang. Juga terdapat kandungan lain yang tidak kalah bahayanya. Apabila kita mengolah kacang mete ini dengan cara  di goreng, akan muncul  kandungan lemak jahat dan juga garam dari kacang mete ini. Hal inilah yang akan dapat membuat kita gampang terkena peradangan dan juga asam urat.

3. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang baik untuk Kesehatan kita. Di dalam kacang hijau terdapat protein yang tinggi, dan juga serat yang tidak kalah tingginya. Tapi bagi orang – orang yang sudah lanjut usia/ orang orang yang sudah menderita asam urat,  sangat – sangat tidak di rekomendasikan untuk mengkonsumsi  makanan ini.

Kacang hijau memang memiliki kandungan purin yang sedang. Tapi karena rasa kacang hijau ini yang nikmat, tentu saja kita tidak akan cukup hanya dengan 1 mangkok saja. Hal  inilah yang menyebabkan kandungan purin menjadi bertumpuk di dalam tubuh dan akan dapat menyebabkan penyakit asam urat.

4. Melinjo

Kita sering menemukan  sayur asem atau sup yang terdapat biji melinjo. Melinjo ini juga paling sering kita temukan dalam bentuk keripikl/ emping. Rasanya yang cenderung pahit dan nikmat ini, akan mengakibatkan kita mampu untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak sedikit.

Yang menjadi permasalahannya adalah di dalam 100 gram melinjo terdapat 100-150 mg purin. Jumlah ini tidak bisa kita katakana rendah, karena dalam jumlah segitu akan sangat mampu untuk menyebabkan terjadinya asam urat didalam tubuh kita. Semakin sering kita mengkonsumsi olahan dari melinjo ini, semakin tinggi pula kemungkinan kita untuk terkena asam urat.

5. Roti Manis

Tidak dapat kita pungkiri bahwa orang orang lebih menyukai roti manis daripada roti gandum yang tentunya akan lebih sehat. Tapi yang perlu kita tahu bahwa roti manis ini mengandung kalori dan juga gula yang tinggi. 

Selain itu roti manis ini juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Semakin sering kita mengkonsumsi roti manis, semakin besar pula kemungkinan kita untuk terkena asam urat.

6. Udang

Dengan ukurannya yang mini, ternyata udang memiliki kandungan purin yang tidak main – main tingginya. Mengkonsumsi udang terlalu sering akan dapat meningkatkan kita untuk terkena penyakit asam urat.  Selain itu udang juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga selain asam urat, kita juga akan rawan untuk terkena penyakit jantung.

7. Cumi

Cumi merupakan salah satu hewan laut yang memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga sangat tidak di rekomendasikan untuk di konsumsi terlalu sering. Agar kita terhindar dari asam urat.

Meskipun cumi merupakan makanan yang rasanya enak. Kita sangat di anjurkan untuk membatasi konsumsi makanan ini untuk mencegah terjadinya asam urat.

Demikianlah pembahasan 7 makanan yang dapat meningkatkan kita untuk terkena asam urat. Harapan dunia guru 87 adalah agar kita bisa menjaga Kesehatan kita dan terhindar dari yang Namanya  asam urat.