Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Cara ampuh mengatasi bibir kering ala dunia guru 87

 12 Cara ampuh mengatasi bibir kering ala dunia guru 87

Bibir kering – semua orang pasti pernah mengalami bibir kering. Keadaan bibir kering ini tentu saja akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman, selain itu bibir kering juga akan mengurangi keindahan bibir, sehingga akan dapat mempengaruhi kepercayaan diri kita.lalu apasih yang bisa menyebabkan terjadinya bibir kering?dan bagaimana cara kita agar bisa mengatasi bibir kering ini?

12 Cara ampuh mengatasi bibir kering ala dunia guru 87
Photo by Angela Roma : https://www.pexels.com/photo/face-of-anonymous-woman-in-room-7479983/


Penyebab terjadinya bibir kering

Seperti yang kita ketahui, bibir kita tidak memiliki kelenjar minyak,sehingga bibir kita tidak akan mampu melakukan pelumasan. Hal inilah yang membuat bibir kita akan rentang untuk kering dan juga pecah pecah.penyebab terjadinya bibir pecah ini adalah karena kurangnya kelembapan pada bibir yang terpengaruh oleh udara,cairan yang kurang, atau kondisi tubuh yang tidak fit. Selain yang telah di sebutkan tadi, bibir kering juga bisa terjadi karena terpapar sinar matahari.

Cara mengobati atau mengatasi bibir kering

Bibir kering ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang ringan. Meskipun ringan, keadaan ini pasti akan sangat mengganggu entah itu kenyamanan maupun tampilan dari bibir itu sendiri. Apalagi bibir yang kering ini sudah menjadi pecah – pecah, yang akan memungkinkan untuk terjadinya bibir berdarah.

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi bibir kering yang bisa dunia guru 87 rangkum antara lain :

1. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya sangatlah kaya akan kandungan yang alami yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan juga mengobati masalah – masalah kesehatan, termasuk juga masalah seperti bibir kering.

Gel dari lidah buaya bisa kita gunakan untuk mengobati bibir kering secara alami. Kita bisa mengoleskan lidah buaya ini pada bibir sebelum kita tidur. Lakukanlah secara rutin agar kita bisa melihat hasilnya.

2. Madu

Sudah sangat lama madu juga dipercaya mampu mengatasi dan mengobati masalah kesehatan, tak terkecuali masalah bibir kering. Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai pelembab bibir, agar bibir kita tetap lembab sehingga terhindar dari bibir kering dan juga pecah – pecah.

Selain itu di dalam madu juga terdapat anti bakteri yang akan dapat melindungi bibir kita dari bakteri – bakteri jahat yang bisa merugikan mulut kita.

3. Lip balm

Fungsi dari lip balm adalah untuk melembabkan bibir kita. tidak salah jika kita memanfaatkan lip balm ini sebagai pelembab bibir, karena lip balm ini akan dapat melindungi bibir kita dari sinar matahari, udara yang panas dan juga kering.

4. Mentimun

Mentimun juga bisa kita pakai sebagai salah satu opsi untuk mengatasi bibir kering, hal ini bisa terjadi karena di dalam mentimun terdapat nutrisi dan juga vitamin salah satunya adalah vitamin c. 

Caranya adalah dengan mengiris tipis mentimun, lalu irisan tersebut kita oles ke bagian bibir. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkanlah dengan menggunakan air bersih. Kita bisa melakukannya 2 kali sehati agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Lemon

Lemon sangat kaya akan vitamin C, dan sangat bagus untuk mengatasi bibir yang kering dan juga pecah – pecah. Kita bisa mencampur lemon dengan madu dan mengoles ke bibir 2 sampai 3 kali sehari

6. Tomat

Buah tomat kaya akan vitamin C , vitamin A, likopen, dan juga nutrisi – nutrisi lain yang juga penting. Maka dari itu tomat bisa kita manfaatkan untuk mengatasi bibir kering dan juga pecah – pecah

Kita bisa memmotong tomat dalam irisan – irisan kecil, irisan inilah yang kita oleskan ke bibir, diamkan kurang lebih 15 menit baru di cuci dengan air bersih

7. Minyak Zaitun

Tak asing lagi di telinga kita tentang manfaat dari minyak zaitun. Minyak ini terbuat dari buah zaitun yang bisa kita gunakan untuk mengobati bibir yang kering.

Asam lemak yang terdapat di dalam  minyak zaitun ini  sangat bagus untuk mengobati bibir yang kering dan juga pecah – pecah. Minyak  zaitun ini akan membuat bibir kita selalu lembut dan memiliki kekenyalan yang ideal

Kita bisa mengoleskan minyak ini dua sampai tiga kali  sehari, diamkan 15 menitan lalu bilas  dengan air bersih.

8. Memenuhi kebutuhan asupan cairan

Salah satu penyebab bibir kering adalah kurangnya asupan cairan untuk tubuh kita. Hal ini akan mengakibatkan tubuh kita dehidrasi dan akan berimbas pula pada keadaan bibir kita.

Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, kita harus bisa mencukupi kebutuhan harian cairan kita. Kita bisa meminum 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya

9.  Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Cara lain untuk mengatasi bibir kering adalah dengan mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi seperti buah dan juga sayuran yang kaya akan vitamin C dan juga serat.

10. Menghindari kegiatan menggigit bibir

Menghindari kegiatan menggigit bibir adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari bibir pecah. Kegiatan menggigit bibit dapat berakibat rusaknya lapisan yang melindungi bibir sehinggaakan rentan mengalami kering dan juga pecah

11. Menghindari pemicu – pemicu alergi

Bagi orang – orang yang memiliki Riwayat alergi, baik itu alergi makanan dan lainnya, menghindari pemicu alergi ini bisa membuat bibir kita tidak kering. Tapi jika kita tidak kita hindari pemicu ini, akan berimbas pada bibir kita yang akan menjadi kering dan juga pecah – pecah.

12. Bernafas tidaak melalui mulut

Cara lain yang tidak kalah pentingnya adalah kitab bisa mencegahnya dengan tidak bernafas dengan mulut. Kegiatan beranafas dengan mulut akan membuat bibir kita lebih cepat kering. Maka dari itu kita wajib menggunakan hidung untuk menghindari terjadinya bibir kering.