Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Manfaat dari tidur memakai selimut yang perlu kita ketahui

8 Manfaat dari tidur memakai selimut yang perlu kita ketahui
Foto oleh Ketut Subiyanto: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-malam-tempat-tidur-kamar-tidur-4546117/


8 Manfaat dari tidur memakai selimut yang perlu kita ketahui

Selimut – beberapa dari kita mungkin saja ketika tidur sangat membutuhkan selimut untuk menghangatkan diri atau sekedar untuk membuat kita merasa nyaman, Apalagi bagi beberapa orang yang tidur di dalam kamar yang ber AC. Pelu kita ketahui bahwa kita sangat di anjurkan untuk menggunakan selimut ketika tidur, karena akan membawa beberapa manfaat bagi tubuh kita.

Manfaat – manfaat memakai selimut saat tidur untuk kesehatan kita

Selimut tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh ketika dingin saja, tapi manfaat dari selimut juga dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari memakai selimut saat tidur yang bisa duni guru 87 rangkum

1. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan kondisi dimana kita akan mengalami kesulitan untuk tidur, hal ini tentu tidak akan baik untuk kesehatan kita dan juga akan mengganggu produktivitas kita di dalam bekerja.

Ada beberapa penyebab bisa terjadinya insomnia, salah satunya adalah setres. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara menggunakan selimut ketika tidur.

DPTS yang dihasilkan oleh selimut dapat membawa sensasi tenang untuk tubuh kita, dan akan dapat mempercepat kita untuk bisa terlelap. Jadi jika kita mengalami masalah insomnia, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan selimut ketika tidur.

2. Dapat memperbaiki Mood kita

Ketika kita sedang merasa rasa cemas, kita bisa mengistirahatkan sebentar tubuh kita dan menggunakan selimut yang akan dapat mengurangi rasa cemas yang tengah melanda. Cara ini sering digunakan oleh tenaga medis ketika menenangkan diri pasien.

Dengan menggunakan selimut ketika tidur akan dapat merangsang produksi dari serotonin yang ada di dalam otak yang memiliki fungsi meningkatkan mood kita dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Menenangkan pikiran

Dengan aktivitas harian kita yang padat, tentunya akan membuat tubuh kita menjadi lelah. Selain tubuh, pikiran kita pun akan lelah. Dengan menggunakan selimut ketika tidur akan membuat pikiran kita menjadi tenang dari semua yang kita pikirkan mulai dari kerjaan, sekolah hingga permasalahan lainnya.

Bagi teman – teman yang memang pengguna selimut tentu sudah tidak akan ragu dengan manfaat selimut ini. dan yang belum pernah mencoba, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan selimut ketika tidur dan bisa merasakan manfaatnya.

4. Tubuh lebih segar waktu bangun

Dengan menggunakan selimut tebal akan dapat membuat tubuh kita menjadi lebih segar lagi ketika bangun pagi, daripada tidur tanpa menggunakan selimut.

Hal ini bisa terjadi karena tubuh mendapatkan kehangatan dan juga kelembutan ketika tidur menggunakan selimut akan dapat membuat relax otot dan juga saraf tubuh kita yang akan membawa efek positif bagi tubuh dan juga psikis kita

5. Menghilangkan setres

Study dari occupational teraphy of mental healt di 2008 mengemukakan manfaat selimut untuk memberikan efek rileks bagi yang menggunakannya, selain itu juga dapat meminimalisir dan juga  bisa menghilangkan setres yang melanda

Rasa rileks ini diperoleh dari DPTS . DPTS ini sendiri adalah keadaan dimana tubuh kita merasakan belaian, pijatan bahkan di peluk. Hal  ini tentu akan berimbas kepada tubuh sehingga tubuh akan menjadi rileks.

6. Kesehatan kulit

Jika teman teman memiliki kamar yang memiliki AC atau pendingin ruangan, selimut yang tebal bisa menjadi salah satu opsi yang bisa di pakai agar tubuh tetap terasa hangat, selain itu juga untuk menjaga kesehatan kulit.

Selimut akan menjadi penghalang dari penguapan lapisan dari kulit kita. jika kita tidur tanpa menggunakan selimut di dalam kamar yang berpendingin ruangan, akan menyebabkan kelembapan kulit kita berkurang dan menjadi kering.

7. Terapi untuk autisme

Bagi para penderita autisme, sudah tentu tidak asing lagi dengan penggunaan  selimut sebagat alat terapis. Kadang kala penderita autisme sering merasa cemas dan juga depresi, dengan menggunakan selimut akan dapat memberikan efek ketenangan ketika rasa rasa itu muncul, hal ini tentu sangat penting pada saat terapi.

8. Suhu tubuh

Ada penelitian yang telah mengungkapkan bahwa 1-1,5 jam sebelum kita tidur tubuh kita akan mengalami penurunan suhu dari tubuh. Hal ini akan dapat menyebabkan berkurangnya rasa waspada di dalam diri.

Maka dari itu beberapa peneliti menyarankan untuk menggunakan selimut ketika kita tidur, agar kita bisa mengembalikan suhu tubuh yang hilang.

Memilih selimut yang tepat untuk kita

Jika kita memilih selimut yang pas agar kita bisa mendapatkan manfaatnya ,maka kita harus menyesuaikannya juga dengan yang akan menggunakan selimut itu, apakah anak atau orang yang sudah dewasa.

Biasanya selimut untuk orang dewasa memiliki ukuran 5 hingga 10 % dari berat tubuh, sedangkan untuk anak – anak biasanya memiliki berat sekitar 10 % dari berat badan anak. Selain itu memang ada selimut yang khusus di buat untuk terapi kesehatan.

Demikianlah informasi tentang manfaat dari selimut yang perlu kita ketahui. Semoga saja artikel ini bisa membantu kita agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Akhir kata sampai jumpa di artikel berikutnya.