Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Batuk Kronis dan cara mengobatinya

Penyebab Batuk Kronis dan cara mengobatinya
Foto oleh Yaroslav Shuraev: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-tempat-tidur-dewasa-rambut-abu-abu-8088593/


Penyebab Batuk Kronis dan cara mengobatinya 

Batuk Kronis – batuk kronis merupakan batuk yang telah berlangsung lama sekitar 2 bulan lebih untuk orang dewasa / 1 bulanan lebih pada anak. Walaupun kadang di anggap sepele, batuk kronis ini akan sangat menggangu waktu istirahat kita dan akan membuat kita kelelahan. Batuk kronis ini bisa sembuh apabila penyebab dari batuk ini bisa kita atasi. 

Penyebab dari batuk kronis

Batuk kronis ini bisa menyerang semua umur, perlu untuk kita ketahui batuk kronis pada orang dewasa bisa terjadi karena TBC atau aktivitas merokok. Sementara untuk anak – anak bisa terjadi karena asma.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya batuk kronis yang bisa dunia guru 87 kumpulkan antara lain

1. Infeksi

Bronkhitis mampu menyebabkan terjadinya batuk kronis. Infeksinya bisa di sebabkan karena adanya virus, bakteri dan juga jamur

Pada pasien asma, batuk akut, dan juga kronis, infeksi virus pada pernafasan atas bisa mengakibatkan munculnya batuk yang cukup lama bahkan setelah infeksiya telah hilang.

2. Obat – obatan

ACE inhibitor merupakan salah satu obat untuk penderita gagal jantung. Pada beberapa orang akan mengalami batuk kronis setelah mengkonsumsi obat ini.

Walaupun demikian, kita harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang efek dari obat ini terhadap batuk kronis yang kita alami.

3. Pertusis

Pertusis ini merupakan penyakit yang bisa terjadi karena bakteri dengan gejala seperti pilek, sedikit terasa demam, dan juga batuk yang menggangu pernafasan. Lebih dikenal dengan istilah batuk rejan. Tidak sedikit orang yang pada tahap awalnya tidak akan merasakan demam, tapi akan mengalami batuk yang kronis selama beberapa minggu.

4. Sinus

Apabila kita memiliki masalah tentang sinus dan belum mendapatkan penanganan yang baik, akan dapat menyebabkan penumpukan lendir dan sulit untuk di keluarkan. Lendir inilah yang akan memacu utnuk terjadinya batuk. Hal ini lebih kita kenal dengan UACS atau upper airway cough syndrome

5. GERD 

GERD ini merupakan penyakit yang terjadi dari kerongkongan dan juga lambung, ketika asam lambung kita naik ke kerongkongan karena penurunan dari fungsi katup. Gejala gejala dari GERD ini adalah nyeri pada dada, mules, dan mengi. GERD ini juga merupakan salah satu penyebab dari batuk kronis.

6. PPOK

Penyebab lain dari batuk kronis adalah penyakit PPOK. Penyakit ini biasanya akan terjadi karena kerusakan kantung udara dan saluran udara pada paru paru. Keadaan ini biasa terjadi pada orang yang telah berumur di atas 45 tahunan dan juga mempunyai kebiasaan merokok

Para penderita PPOK, paru parunya akan menghasilkan lendir secara berlebihan, yang akan di respon oleh tubuh dalam bentuk batuk.

7. Merokok

Bagi orang – orang yang memiliki kebiasaan merokok merupakan salah satu penyebab munculnya batuk kronis. Bahkan bagi perokok pasif pun juga memiliki kemungkinan besar untuk menderita batuk kronis. Bronkhitis kronis memiliki ciri batuk kronis yang akan berlangsung sangat lama.

8. Asma

Salah satu penyebab munculnya batuk kronis adalah penyakit asma. Penyakit asma merupakan penyakit paru – paru yang kronis yang membuat paru paru akan lebih mudah untuk inflamasi dan membengkak. Pemicu dari asma ini berbeda beda setiap orangnya.

Ada yang terpicu karena udara, rokok, pilek, makanan, bahkan ada yang terpacu karena olahraga. Bagi penderita asma yang memiliki batuk kronis sebagai gejalanya, biasanya terjadi karena udara dingin, polusi, dan aroma wangi – wangian.

Gejala – gejala dari batuk kronis

Batuk kronis biasanya akan berlangsung lama tergantung oleh penyebabnya. Gejala dari batuk kronis ini antara lain 

Sesak nafas
Pahit pada mulut
Nyeri ulu hati
Serak
Sakit tenggorokan
• Tenggorokan berdahak
Pilek

Dan jika batuk kronis yang kita alami memiliki gejala di bawah ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter , gejala tersebut antara lain

Berat badan yang menurun
Berkeringat pada malam hari
Nyeri dada
Demam
Batuk darah

Obat untuk batuk kronis

Pada umumnya untuk penderita batuk kronis akan di obati berdasarkan penyebab nya.

Pasien mungkin saja juag akan diberikan simpotamik dari dari obat batuk yang mengandung dextromethorphan atau guaifenesin, di anjurkan untuk meminum air yang banyak, menghirup uap panas, dan mungkin saja dokter akan meresepkan codeine.

Di bawah ini merupakan cara mengobati batuk kronis sesuai dengan penyebabnya :

1. GERD

Perawatannya antara lain dengan menghindari makanan yang dapat meningkatkan reflux, menghindari makan sebelum kita berbaring, posisi kepala lebih tinggi, mengkonsumsi obat pepcid, tagamet, atau zantac yang akan mengurangi asam lambung. 

2. Asma

Steroid steroid yang di hirup akan di berikan oleh dokter agar bisa mengurangi masalah peradangan dari saluran udara. Pada kasus kasus tertentu steroid oral yang berjangka pendek bisa saja akan di resepkan.

3. Infeksi

Perawatan bagi infeksi biasanya akan berupa antibiotik seperti azithromycin, cepholosporins. Dan analgesik akan di berikan apabila pneumonia dekat di dinding dada peradangan dari permukaan paru paru, yang akan menyebabkan munculnya rasa nyeri.

4. Sinus dan juga tetesan postnasal

Penggunaan dari decongestants atau antihistamines akan dapat memperbaiki tetesan postnasal. Steroid – steroid yang di hirup akan efektif untuk merawat alergi yang merupakan penyebab dari batuk.

Untuk tambahannya adalah, inhaler hidung seperti atrovent bisa membebaskan tetesan postnasal. Selain itu anti biotik pun bisa saja di berikan jika penyebabnya sinusitis.

5. Mengkonsumsi obat – obatan

Pada beberapa orang biasanya menggunakan obat batuk yang mengandung guaifenesin untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Terkadang sulit untuk membedakan antara bronkitis bakteri dan bronkitis virus dan anti biotik yang akan di resepkan

Selain itu, obat obatan seperti ACE inhibitor bisa di gunakan sebagai alternatig yang akan memiliki potensi lebih kecil untuk dapat menyebabkan batuk yang kronis.

Mencegah batuk kronis

Beberapa cara atau langkah di bawah ini dapat mencegah atau meredakan gejala dari batuk kronis antara lain

Mengkonsultasikan penggunaan ACE inhibitor dengan dokter.
Sebisa mungkin untuk menghindari alergen/ bahan – bahan yang dapat menjadi pemicu alergi tubuh
Menghindari rokok, baik itu rokok aktif ataupun pasif
Konsultasi dengan dokter tentang cara mengendalikan asma
Menjaga jarak dengan pasien bronkitis/ pneumonia
Mengkonsumsi buah – buahan
Memperbanyak minum air putih

Demikianlah pembahasan tentang penyebab batuk kronis dan cara mengobatinya , semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam mengatasi batuk yang kronis.