Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah meminum terlalu banyak air kelapa bisa menjadi salah satu penyebab serangan jantung ?

Apakah meminum terlalu banyak air kelapa bisa menjadi salah satu penyebab serangan jantung
Foto oleh NipananLifestyle.com: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-fokus-selektif-kelapa-1424457/


Apakah meminum terlalu banyak air kelapa bisa menjadi salah satu penyebab serangan jantung ?

Air kelapa -   air kelapa termasuk salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang segar dan mampu untuk menghilangkan dahaga yang akan membuat banyak orang ingin mengkonsumsinya. tapi akhir-akhir ini banyak yang beranggapan mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan serangan jantung Apakah hal ini benar?

Bahaya dari meminum air kelapa secara berlebihan

kita mengetahui bahwa air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, Ternyata kalium yang ada di dalam air kelapa bisa mencapai 10 kali  lipat lebih dibandingkan dengan minuman-minuman olahraga. masalahnya adalah  rasa  rasa air kelapa yang sangat enak dan menyegarkan bisa membuat kita meminumnya dalam jumlah yang sangat banyak

Hubungan antara air kelapa dengan serangan jantung

pada penelitian yang berjudul sirkulation ,  ditemukan fakta air kelapa dapat memicu asupan dari kalium dengan sangat berlebihan atau sering dikenal dengan hyperkalemia di dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa kasus kematian laki-laki yang berumur 42 tahun akibat terlalu banyak mengkonsumsi air kelapa baru

laki-laki yang diketahui dalam keadaan sehat ini baru selesai berolahraga tenis dan menghilangkan dahaganya Dengan meminum air kelapa sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2,6 liter. air kelapa sebanyak ini terkandung sekitar 700 MG kalium. alhasil laki-laki ini pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. 

setelah dilakukan pemeriksaan diketahui bahwa di dalam tubuhnya terdapat 5500 mg kalium dan sangat jauh dari kata normal yaitu 4700 MG saja. seandainya kita mengalami kelebihan kalium, tubuh kita akan  mengalami gejala-gejala seperti nyeri pada perut gangguan pernapasan, keringat dingin yang mulai muncul, kepala yang terasa pusing, sehingga rasa tidak nyaman pada dada dan juga lengan.

Hal ini bisa terjadi karena kalium akan mempengaruhi otot dan juga otot jantung. Hal inilah yang dapat mengganggu kinerja dari jantung dan akhirnya dapat meningkatkan risiko kita untuk terkena penyakit serangan jantung. 

Kandungan yang ada di dalam air kelapa yang sebaiknya tidak kita konsumsi dalam jumlah banyak

selain kalium yang sudah kita bahas tadi yang tidak boleh kita konsumsi dalam jumlah yang sangat berlebihan,  beberapa pakar kesehatan menyebutkan ada kandungan lain yang memang tidak boleh kita konsumsi dalam jumlah banyak di bawah ini adalah kandungan-kandungan dalam air kelapa yang tidak boleh kita konsumsi secara berlebihan antara lain

1.sodium

sodium merupakan kandungan yang biasa kita temukan di dalam garam. walaupun garam ini mampu membuat makanan dan minuman menjadi lebih gurih, Dengan mengkonsumsi terlalu banyak kandungan sodium akan dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk mengalami peningkatan tekanan darah.  padahal kita tahu tekanan darah akan memiliki hubungan dengan masalah jantung dan juga stroke.

di dalam  segelas air kelapa Terdapat 252 miligram sodium, ini sudah merupakan 17% batas harian tubuh kita. Bisa kita bayangkan jika kita mengkonsumsinya lebih dari segelas untuk satu harinya.

2. gula

Di dalam air kelapa yang alami biasanya terdapat 6 gram gula di dalam satu gelas , yang menjadi permasalahnya adalah kita kerap mendapatkan produk - produk air kelapa yang telah di tambahkan dengan gula lagi, salah satu contohnya adalah pedagang kaki lima yang menjual es kelapa muda. Pedagang ini akan menambahkan gula atau juga sirup agar rasanya menjadi lebih nikmat lagi.

Dengan di tambahkannya gula kedalam air kelapa, akan meningkatkan kalori yang akan masuk kedalam tubuh kita, sehingga akan meningkatkan kemungkinan kita untuk obesitas. Selain itu mengkonsumsi gula secara berlebihan akan dapat meningkatkan kemungkinan untuk terkena diabetes.

Maka dari itu sangat tidak di sarankan untuk menambahkan gula atau sirup kedalam air kelapa, karena akan dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita.