Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Penyebab gampang lapar padahal baru saja makan

6 Penyebab gampang lapar padahal baru saja makan
Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-semangka-memegang-tank-top-abu-abu-768454/


6 Penyebab gampang lapar padahal baru saja makan

Lapar – salah satu tujuan dari makan adalah agar kita tidak merasakan lapar. Selain itu dengan makan kita akan bisa mendapatkan energi untuk dapat melakukan rutinitas harian. Yang menjadi masalahnya adalah rasa lapar yang bisa datang dengan cepat, padahal kita baru saja makan, apa sih yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi ?

Penyebab gampang lapar setelah kita makan

Walaupun perut kita telah terisi oleh makanan, tapi terkadang kita masih berkeinginan untuk makan lagi atau paling tidak ngamik atau ngemil. Menurut beberapa pakar kesehatan rasa lapar ini bisa terjadi karena  beberapa hal antara lain

1. Kurangnya asupan dari lemak

Tidak sedikit dari kita yang menghindari konsumsi lemak, karena takut akan menyebabkan kenaikan berat badan, padahal lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. salah satu fungsi lemak ini adalah dapat menahan lapar. Hal ini bisa terjadi karena lemak ini akan dapat memperlambat kemampuan dari pencernaan kita.

Kita bisa mencoba mengkonsumsi lemak antara 20 hingga 30 persen dari kebutuhan klori kita. sangat di sarankan untuk mengkonsumsi lemak sehat bukan lemak trans atau lemak jahat.

2. Kurangnya istirahat / tidur

Tak dapat kita pungkiri bahwa kurang tidur atau kurang istirahat dapat menimbulkan rasa lapar, hal ini bisa terjadi karena naiknya produksi dari hormon ghrelin. Hormon ini akan membuat tubuh kita gampang merasakan lapar dan muncul rasa ingin terus makan. Dengan kita kurang tidur akan membuat hormon leptin kita menurun dengan drastis. Hormon inilah yang sangat kita butuhkan untuk membuat tubuh kita merasakan rasa kenyang setelah kita selesai makan.

Karena hal inilah yang menjadi penyebab orang orang yang doyan begadang sangat suka aktivitas ngemil sehingga sangat mudah untuk mengalami obesitas

3. Mengalami dehidrasi

Dehidrasi atau lebih kita kenal dengan kurangnya asupan cairan ternyata dapat membuat kita lapar, walaupun kita telah selesai makan sebelumnya. Hal ini telah diterangkan oleh alisa rumsey dari american academy of nutrition and dietetics. Jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan, otak kita akan memberikan sinyal ke tubuh untuk makan lagi ( sensasi  lapar ). Hal ini akan membuat kita ingin mengkonsumsi makanan dan bukan rasa ingin minum air.

Oleh karena itulah  yang menyebabkan kita bisa merasakan lapar walaupun kita telah atau baru saja makan. Untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi air putih setelah makan, seandainya jika dalam 15 menit tubuh kita tidak merasakan rasa lapar lagi, maka kita bisa katakan penyebab dari rasa ini adalah dehidrasi.

4. Setres

Tanpa kita sadari setres juga akan mempengaruhi kebiasaan dari makan kita. hal ini bisa terjadi karena  otak kita akan bekerja lebih keras lagi sehingga kita akan memutuhkan energi yang lebih banyak. Otak akan memberi sinyal agar tubuh kita mencari energi seperti mengeluarkan rasa lapar.

Hormon serotonin juga akan mengalami penurunan ketika kita mengalami setres. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih mudah lapar.selain itu saat kita mengalami setres, biasanya kita akan mencari pelampiasan agar bisa memperbaiki suasana hati. Salah satu yang bisa kita ambil adalah makan dan ngemil.

5. tidak ngemil

ngemil di sela sela waktu makan memang di butuhkan oleh tubuh kita, karena akan menjaga perut kita terisi dan tetap lebih berenergi. Tapi biasanya bagi orang orang yang sibuk, akan dapat melewatkan waktu ngemil sehingga akan lebih mudah untuk merasakan lapar.

Kita bisa mencoba mengkonsumsi camilan – camilan sehat yang akan tinggi akan serat seperti olahan dari gandum, buah buahan, kacang di antara waktu makan kita yang 3 kali sehari agar dapat menunda rasa lapar dan dapat mencegah terjadinya kegemukan.

6. efek dari obat

perlu kita ketahui bahwa beberapa obat uang di pergunakan untuk mengatasi depresi dapat mempengaruhi keseimbangan hormon kita dan akan berimbas terhadap mudahnya kita untuk merasakan lapar padahal baru selesai makan.