Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 cara jitu untuk menangkal rasa kantuk yang perlu kita ketahui selain mengkonsumsi kopi

10 cara jitu untuk menangkal rasa kantuk yang perlu kita ketahui selain mengkonsumsi kopi
Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/ wanita-berkemeja-merah-lengan-panjang-duduk-di-kursi-sambil-bersandar-laptop-3791134/


10 cara jitu untuk menangkal rasa kantuk yang perlu kita ketahui selain mengkonsumsi kopi

Rasa  kantuk -  rasa kantuk adalah rasa yang sangat wajar terjadi karena reaksi ilmiah dari tubuh dan juga sinyal dari tubuh yang menandakan bahwa Tubuh memerlukan istirahat. tapi yang menjadi permasalahannya adalah ketika rasa kantuk muncul  saat kita beraktivitas ,Hal ini tentu sangat tidak kita inginkan karena akan mengganggu kegiatan kita dan mengganggu produktivitas kita lalu Bagaimanakah cara kita agar bisa menahan kantuk yang menyerang secara tiba-tiba? 

minum kopi merupakan salah satu cara yang paling terkenal untuk menahan ngantuk

sudah sejak lama kopi Dianggap sebagai salah satu minuman yang bisa menahan rasa ngantuk ketika beraktivitas. dan tak dapat dipungkiri bahwa kopi adalah salah satu obat penahan kantuk paling mujarab. hal ini bisa terjadi karena di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang akan memacu tubuh kita untuk lebih aktif dan juga energik .

Beberapa cara menahan kantuk selain meminum kopi 

mengkonsumsi kopi merupakan salah satu cara menahan rasa kantuk yang paling efektif tapi yang perlu kita ketahui kopi ini akan membawa efek samping yang akan mengganggu kesehatan tubuh kita  seperti, mudahnya merasa emosi detak jantung yang akan meningkat , rasa cemas dan gelisah, dan insomnia.

Maka dari itu, kita tidak bisa hanya bergantung pada kopi untuk bisa menahan rasa kantuk. di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menahan rasa kantuk antara lain 

1. Meminum air putih

Siapa yang menyangka bahwa air putih merupakan salah satu minuman penahan rasa kantuk yang bisa kita gunakan sebagai pengganti dari kopi salah satu penyebab dari munculnya rasa  kantuk adalah Jumlah cairan yang kurang yang di dalam tubuh kita atau dengan kata lain dehidrasi.

ketiga tubuh kita mengalami yang namanya dehidrasi jantung kita akan bekerja dengan lebih keras untuk memompa darah Selain itu oksigen yang akan menuju ke otak pun akan menjadi terhambat. Hal ini tentu berimbas kepada tubuh kita seperti munculnya rasa lelah dan juga rasa kantuk. oleh karena itu kita bisa mengkonsumsi air putih untuk menahan kantuk.

2. wajib sarapan

Salah satu penyebab munculnya rasa kantuk adalah ketika kita melewatkan waktu untuk sarapan sarapan sangatlah penting untuk tubuh kita karena akan membuat tubuh kita menjadi segar dan juga lepas dari rasa kantuk yang akan menyerang.

dengan kata lain sarapan  berfungsi sebagai pemasok energi untuk tubuh kita ketika melakukan aktivitas harian. maka dari itu sebelum kita berangkat ke sekolah ataupun kantor alangkah baiknya kita bisa meluangkan sedikit waktu untuk bisa sarapan. 

3. mencuci muka

 jika rasa kantuk menyerang kita di siang atau di sore hari, kita bisa menahannya dengan cara mencuci muka pada studi  journal of personality and social psikologi ditemukan bahwa air mampu untuk meningkatkan mood kita dan juga dapat menghilangkan rasa ngantuk.

4. olahraga

cara lain untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan cara berolahraga. kita tidak perlu melakukan olahraga yang berat cukup melakukan olahraga ringan ringan saja seperti jogging ataupun push up

jika rasa kantuk menyerang kita ketika beraktivitas sangat disarankan untuk meluangkan sekitar 15-20 menit untuk berolahraga ringan Selain itu sangat disarankan juga untuk meminum air putih dan mencuci muka agar kita bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal 

5. menyediakan camilan

Terkadang rasa kantuk yang menyerang disebabkan oleh energi yang habis. maka dari itu sangat dianjurkan untuk memastikan tubuh kita tidak kekurangan energi yang bisa kita lakukan adalah mencari sumber energi baik itu dari makanan ataupun minuman.

tapi kita juga tidak boleh mengkonsumsi makanan yang berat setiap jamnya apalagi bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet. solusi yang bisa dikemukakan oleh dunia guru 87 adalah dengan mengkonsumsi cemilan-cemilan yang bisa menghindari kita dari rasa kantuk.

usahakan untuk memilih camilan yang sehat seperti yogurt buah segar ataupun jus buah , cemilan ini selain bisa menahan rasa kantuk juga juga  tidak akan membuat kita kegemukan. 

 6. istirahat sejenak 

Bagi orang-orang yang bekerja di depan komputer, biasanya akan merasakan  rasa ngantuk  di siang hari maupun di sore hari. salah satu yang bisa kita lakukan adalah beristirahat sejenak dan mencari udara yang segar. Kita juga bisa melakukan aktivitas aktivitas yang menyenangkan seperti bermain game browsing internet dan lain sebagainya. hal ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengusir rasa kantuk yang menyerang kita. 

7. tidur siang

seandainya rasa kantuk yang menyerang sudah tidak bisa kita tahan lagi, kita bisa mencoba untuk mengistirahatkan tubuh kita dengan cara tidur siang. tapi sangat tidak direkomendasikan untuk tidur siang yang berlebih-lebihan karena akan membuat tubuh kita menjadi lelah pusing dan juga pegal-pegal.

8.  Musik

Untuk cara yang satu ini, kita pasti sangat setuju karena sangat ampuh untuk mengusir rasa kantuk dan dapat mengembalikan suasana hati ketika bekerja. Pilihlah lagu atau musik yang memiliki irama semangat, sehingga bisa memotivasi kita di dalam beraktivitas

9. melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitar

melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitar kita merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa kita coba,  Buatlah topik Interaksi yang menarik dan juga bermanfaat yang akan bisa mengalihkan perhatian kita dari rasa kantuk yang menyerang. selain mengusir rasa kantuk interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitar kita akan bisa meningkatkan keakraban satu sama lainnya

10. aroma terapi

dengan menghirup aroma terapi kita akan bisa menahan rasa kantuk yang menyerang karena akan meningkatkan mulut kita menjadi lebih baik lagi. kita bisa memilih aroma terapi yang memiliki aroma kuat seperti aroma lavender, buah-buahan, Peppermint.

Demikianlah pembahasan dari cara-cara untuk menahan rasa kantuk, Semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam menahan rasa kantuk sehingga kita bisa beraktivitas dengan maksimal. selain menyediakan artikel tentang kesehatan, dunia guru 87 juga menyediakan artikel-artikel tentang dunia kependidikan yang mungkin saja kita butuhkan.