Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat olahraga di pagi hari yang sangat perlu untuk kita ketahui

Manfaat olahraga di pagi hari yang sangat perlu untuk kita ketahui
Foto oleh Barbara Olsen : https://www.pexels.com/id-id/foto/dingin-sehat-pria-pedesaan-7869555/

Manfaat olahraga di pagi hari yang sangat perlu untuk kita ketahui

Olahraga -  olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang memang wajib untuk kita lakukan setiap harinya/ beberapa kali dalam seminggu. Dengan rutin melaksanakan kegiatan berolahraga, tubuh kita akan menjadi lebih fit dan juga lebih segar.

Manfaat dari olahraga di pagi hari

Olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, tapi tidak sedikit dari kita yang ogah ogahan untuk berolahraga. Biasanya hal ini bisa terjadi karena tubuh yang lelah atau memang rasa malas untuk melakukan olahraga. Untuk meminimalisir rasa malas, kita bisa melakukan olahraga di pagi hari, karena dengan berolahraga di pagi hari akan dapat menghilangkan rasa malas dan juga akan membawa manfaat lainya seperti :

1. Dapat meningkatkan energi tubuh kita

Dengan melakukan olahraga akan membuat tubuh kita mendapatkan oksigen yang cukup, hal ini akan berimbas pada maksimalnya nutrisi yang akan masuk kedalam jantung dan juga paru paru kita. hal ini akan mengakibatkan meningkatnya kinerja dari jantung dan juga paru paru , sehingga energi juga akan ikut meningkat.

2. Dapat mengontrol lapar

Lapar yang muncul secara berlebihan akan dapat kita cegah dengan  melakukan olahraga di pagi hari. Nafsu makan akan bisa kita kontrol sehingga akan dapat mencegah terjadinya obesitas, yang terjadi ketika kita malas melakukan olahraga di pagi hari adalah meningkatnya nafsu makan sehingga tubuh akan dapat mengalami over kalori

3. Mengontrol gula darah

Untuk penderita diabetes yang bertipe 1, menurunnya gula darah yang berlebihan akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemas. Dari beberapa penelitian yang telah di lakukan, di temukan bahwa dengan berolahraga di pagi hari akan dapat menjaga gula darah kita.

4. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Dari beberapa penelitian, bagi orang – orang yang melakukan olahraga di pagi hari akan menyebabkan orang tersebut lebih cenderung untuk mengkonsumsi makanan makanan yang sehat, karena terbiasa melakukan aktivitas yang sehat.

5. Dapat memperbaiki tidur kita

Perlu untuk kita ketahui bahwa dengan melakukan olahraga di pagi hari akan dapat memperbaiki gangguan tidur yang kita alami, dengan melakukan olahraga di pagi hari dan melakukan aktivitas seharian akan menyebabkan tubuh menjadi lelah dan akan mempermudah kita untuk tidur.

Rutinlah berolahraga setiap minggunya minimal 2 – 5 kali dalam seminggu, dengan melakukan olahraga dengan rutin akan menjauhkan kita dari insomnia.

6. Salah satu opsi diet

Olahraga yang kita lakukan di pagi hari akan dapat meningkatkan semangat kita apabila kita rutin melakukannya, manfaat yang kita dapatkan adalah berkurangnya lemak yang ada di dalam tubuh, dan jika kita menginginkan hasil yang lebih maksimal maka kita harus mengimbanginya dengan melakukan diet.

7. Meningkatkan fokus

Dengana rutin melakukan olahraga di pagi hari akan dapat meningkatkan fokus kita. fokus kita akan menjadi lebih baik sehingga ketika kita beraktivitas akan bisa menjadi lebih maksimal lagi.

8. Menormalkan tekanan darah

Manfaat lain dari berolahraga di pagi hari adalah dapat menstabilkan tekanan darah. Bagi orang orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa. Maka dari itu sangat di sarankan untuk melakukan olahraga di pagi hari agar kita bisa terhindar dari tekanan darah tinggi yang memicu masalah masalah kesehatan lainnya.

9. Mood menjadi lebih baik

Tak dapat kita pungkiri bahwa dengan melakukan olahraga di pagi hari dapat membuat pikiran kita menjadi segar. Dengan rutin berolahraga mood kita akan menjadi lebih baik sehingga semua aktivitas kita bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Tips – tips berolahraga di pagi hari

Berolahraga di pagi hari memang tak semudah apa yang kita pikirkan, terkadang rasa malas akan menjadi salah satu penghalang kita untuk melakukannya, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dunia guru 87 berikan untuk kita agar bisa berolahraga di pagi hari

• Usahakan untuk bisa beristirahat/ tidur yang cukup antara 7 – 9 jam setiap malamnya, karena dengan tidur yang cukup akan membuat tubuh kita menjadi segar pada pagi harinya. Hal ini akan memicu pikiran kita untuk mau berolahraga di pagi hari

• Jangan langsung melakukan olahraga ketika kita baru bangun tidur, tunggulah beberapa saat setelah bangun tidur agar tubuh kita menjadi lebih siap untuk berolahraga. 

• Mengkonsumsi makanan – makanan yang bergizi, jika kita bisa melakukannya maka tubuh kita akan memiliki energi lebih untuk melakukan olahraga di pagi hari

• Membuat target yang ingin di capai, seperti memiliki tubuh yang langsing, atau tubuh yang berotot. Karena dengan kita memiliki target, akan memicu tubuh dan pikiran kita untuk melakukan olahraga di pagi hari.

Demikianlah pembahasan dari artikel tentang manfaat olahraga di pagi hari, semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam menumbuhkan niat untuk rajin berolahraga. Karena di dalam tubuh yang sehat dan kuat terdapat jiwa yang kuat juga.