Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit tiroid mulai dari penyebab hingga cara mengobatinya yang sangat perlu untuk kita ketahui

Penyakit tiroid mulai dari penyebab hingga cara mengobatinya yang sangat perlu untuk kita ketahui
Foto oleh Picas Joe: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-sentuhan-rasa-sakit-leher-11352535/


Penyakit tiroid mulai dari penyebab hingga cara mengobatinya yang sangat perlu untuk kita ketahui

Penyakit tiroid – penyakit ini merupakan gangguan yang terjadi pada bagian kelenjar tiroid kita. gangguan ini dapat menyebabkan peningkatan dari hipertiroid dan juga penurunan dari hipertiroid dari kadar hormon tiroid kita. kelenjar yang letaknya di bawah jakun ini akan berfungsi untuk mengelola berbagai sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh kita.

Apakah itu kelenjar tiroid ?

Tiroid merupakan kelenjar kecil yang berbentuk mirip kupu – kupu yang terdapat di bawah jakun/ pangkal tenggorokan kita. kelenjar ini memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita karena kelenjar ini akan memproduksi hormon triiodothyronine dan juga hormon thyroxine.

Kedua hormon ini akan menyebar melalui perantara darah menuju seluruh tubuh. Fungsi dari kedua hormon ini adalah memberitahu sel tubuh kita di dalam mengontrol penggunaan energi untuk metabolisme tubuh, serta produksi dari protein.

Kelenjar tiroid ini juga akan memproduksi hormon kalsitonin, yang akan berfungsi untuk mengatur kadar dari kalsium di dalam darah kita. caranya adalah dengan menghambat kerusakan yang terjadi pada tulang kita dan akan meningkatkan proses eliminasi kalsium melalui ginjal.

Penyebab dari penyakit kelenjar tiroid

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya penyakit tiroid

• Terjadinya kerusakan yang terjadi pada kelenjar yang ada di otak kita, hormon ini berperan dalam mengatur keluarnya hormon tiroid itu sendiri.

• Terpapar radiasi dari rontgen atau ct scan yang akan mengakibatkan kerusakan dari kelenjar tiroid itu sendiri.

• Bekar dari tindakan operasi pengangkatan kelenjar tiroid

• Berlebihannya kadar dari iodin yang ada di dalam tubuh

• Pasien yang sedang mengikuti pengobatan lithium

Jenis – jenis penyakit tiroid

Di bawah ini adalah beberapa penyakit tiroid yang perlu untuk kita ketahui antara lain

• Gondok

Penyakit ini bisa terjadi karena terjadinya pembesaran pada kelenjar tiroid kita dan akan berbentuk benjolan pada bagian leher. Keadaan ini bisa terjadi karena tubuh mengalami kekurangan yodium. Pembengkakan yang di sebabkan oleh gondok ini akan menekan struktur dari leher kita, termasuk juga trakea  dan juga kerongkongan. Hal ini akan berimbas kepada kesulitan bernafas dan juga kesulitan menelan.

• Nodul tiroid

Nodul tiroid ini adalah benjolan kecil yang terdapat pada kelenjar tiroid kita  yang akan berbentuk bulat dan juga berisi cairan seperti kista. Pada beberapa kasus nodul tiroid ini bisa berubah menjadi kanker dan harus mendapatkan penanganan medis.

• Hipotiroid

Hipotiroid adalah penurunan dari kadar tiroid kita, sehingga akan mengakibatkan penurunan dari metabolisme tubuh. Pada umumnya akan di tandai dengan kenaikan berat badan, mulut kering, terjadinya sembelit, kulit yang menjadi bengkak, tambut yang menjadi rontok,  tidak teraturnya masa menstruasi pada wanita.

Penyakit hipotiroid yang berat dan tidak kita obati, akan menjadi miksedema, yang memiliki gejala antara lain, gejala gagal jantung, kejang dan juga koma. Jika hipertiroid ini terjadi pada anak anak akan mengakibatkan tertundanya perkembangan seksual mereka, dan dapat menghambat pertumbuhan.

• Tiroiditis

Tioriditis ini merupakan peradangan pada tiroid yang akan berhubungan dengan hipotiroidisme. Inflamasi ini bisa di sebabkan oleh adanya kelainan pada autoimun, dan bisa juga terjadi karena paparan dari bahan kimia atau yang bersifat idiopatik.

• Hipertiroid

Ini merupakan kebalikan dari hipotiroid, yaitu keadaan dimana meningkatkatnya kadar tiroid dalam jumlah yang banyak yang ada di dalam tubuh.

Gejala – gejalanya antara lain meningkatnya detak jantung, rasa gelisah, menurunnya berat badan, kesulitan untuk tidur, tremor, mudah lelah dan juga diare. Terkadang juga akan di temukan pembengkakan pada mata, mata akan kering dan juga iritasi. Bagi orang orang yang terjangkit penyakit ini akan mengalami sensitivitas pada cahaya dan juga gangguan visual.

Hal ini bisa di sebabkan karena mata yang akan bergerak dengan tidak normal, sehingga terlihat seperti sedang terbelalak atau menatap tajam.

Diagnosis dari penyakit tiroid

Biasanya dokter akan memulai dengan melakukan sesi tanya jawab seputar keluhan yang di rasakan, kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan pada leher si penderita. Setelah itu baru dokter akan melakukan pemerikssaan yang lebih dalam seperti :

• Pemeriksaan laboratorium

• USG

• BIOPSI

• Dan CT SCAN

Pengobatan untuk penyakit tiroid

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada penyebab kelenjar tiroid tersebut, parahnya gejala tiroid, dan tingkat produksi dari hormon.

Terapi bagi gangguan yang bisa menyebabkan hipertiroidisme mungkin bisa mengikutsertakan iodine radioaktif untuk bisa menghancurkan setengah atau seluruh kelenjar tiroid untuk bisa menghentikan produksi yang berlebihan. 

Perawatan untuk semua jenis jenis dan juga penyebab dari hipotiroidisme biasanya akan melibatkan terapi unutk mengganti hormon tiroid.

Sedangkan untuk perawatan orang yang terkena kanker tiroid,  akan tergantung kepada jenis kankernya dan seberapa jauhkah kanker itu menyebat. Kanker tiroid pada umumnya membutuhkan pengangkatan sebagian atau seluruh tiroid yang akan mengkikutsertakan pengobatan seperti iodine radioaktif dan juga pengobatan dengan hormon tiroid

Demikanlah pembahasa tentang penyakit tiroid, semoga saja artikel ini bisa menambah pengetahuan tentang apa itu penyakit tiroid dan bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mengobati penyakit ini. 

Besar harapan dunia guru 87 agar kita bisa menjaga kesehatan kita, termasuk menjaga pola makan yang sehat. Kita harus bisa menyaring makanan – makanan seperti apa saja yang akan masuk kedalam tubuh, sehingga  kita bisa meminimalisi kemungkinan kita untuk bisa terjangkit suatu penyakit yang sangat tidak kita inginkan.