Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudah menghapal dengan 10 cara jitu yang perlu kita ketahui

Mudah menghapal dengan 10 cara jitu yang perlu kita ketahui
Foto oleh Anna Nekrashevich: https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-pria-orang-meja-tulis-6802047/


Mudah menghapal dengan 10 cara jitu yang perlu kita ketahui

Menghapal – kemampuan untuk menghapal yang baik tentu merupakan impian dari semua orang. Karena hapalan sangat dibutuhkan dalam beberapa aspek kehidupan, entah itu dalam urusan pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya. Akan tetapi seringkali kita mengalami kesulitan untuk menghapal atau mengingat sesuatu. Lalu bagaimana cara agar kita bisa menghapal dnegan mudah dan cepat?

Menghapal dengan mudah dan cepat

Menghapal adalah salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Hal ini sangat penting untuk dapat meningkatkan produktivitas kita. dan bagi siswa atau pelajar jika kita bisa menghapal dengan cepat akan mampu mendongkrak belajar dengan maksimal, sedangkan bagi orang orang yang sudah bekerja, kemampuan ini akan sangat memaksimalkan aktivitas kita di tempat kerja.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita bsia menghapal dengan mudah dan juga cepat.

1. Menghapal Bersama – sama

Jika kita masih mengalami kesulitan untuk menghapal, kita bisa membentuk kelompok untuk belajar dan diskusi dengan teman, hal ini akan menjadi salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan untuk bisa menghapal sesuatu.

Dengan suasana yang menyenangkan dengna teman kita akan menjadi salah satu alasan kita bisa menghapal dengan lebih cepat. Selain itu kita juga bisa berdiskusi tentang materi sehingga bisa lebih mudah untuk di pahami.

2. Melakukan tanya jawab

Kita bisa meminta bantuan dari keluarga terdekat atau teman untuk menyusun beberapa pertanyaan seputar materi yang kita hapalkan, hal ini merupakan salah satu cara cepat yang bisa kita lakukan untuk menghapal suatu materi.

3. Jembatan keledai

Jembatan keledai merupakan salah satu teknik menghapal yang cepat. Tekhnik ini sangat menyenangkan sehingga orang yang melakukannya akan lebih mudah unutk mengingat sesuatu.

4. Fokus pada 1 materi dulu

Fokuslah pada satu materi terlebih dahulu, setelah kita yakin bahwa materi tersebut telah kita kuasai baru kita beranjak ke materi berikutnya. Hal ini akan melatih konsentrasi kita dan dapat menjaga mod kita.

5. Buat cerita

Ini adalah salah satu cara menghapal yang membutuhkan kreativitas kita, tapi dengan cara ini hapalan akan lebih lama melekat pada memori kita.

6. Membaca berulan ulang

Setelah kita membuat catatan tentang apa yang ingin kita hapalkan, kita bisa membacanya berulang ulang. Agar cara ini bisa efektif, kita bisa mencari tempat yang tenang, dan nyaman karena dengan tempat yang tenang dan nyaman akan membuat kita lebih mudah untuk berkonsentrasi.

7. Kata kunci dan poin penting

Salah satu cara menghapal adalah dengan mencatat kata kunci dan poin penting dari apa yang akan kita hapalkan. Kita bisa mencatat kata kunci dan point penting ini pada smartphone kita atau kertas yang bisa dengan mudah kita bawa kemana  saja.

8. Visualisasi

Tak dapat kita pungkiri otak kita akan lebih mudah untuk mengingat sesuatu yang berbentuk visual, maka dari itu kita bisa menerapkannya agar kita bisa lebih mudah untuk menghapal.

Contohnya jika kita ingin menghapal nama – nama buah, kita bisa memulainya dengan mencetak gambar dari buah buahan tersebut. Lakukan hal ini secara kontinu agar kita bisa cepat mendapatkan hasilnya.

9. Makanan yang bergizi

Tak dapat dipungkiri kemampuan seseorang untuk menghapal sangat berkaitan dengan kesehatan dari otak. Maka dari itu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi akan dapat meningkatkan kemampuan otak kita

Buah buahan dan juga jenis sayuran akan menjadi salah satu menu wajib yang harus kita konsumsi, karena di dalam buah buahan dan juga sayuran terdapat nutrisi dan juga vitamin yang akan memaksimalkan fungsi dari otak kita.

10. Istirahat

Hal terakhir yang bisa kita lakukan adalah istirahat yang teratur dan juga cukup. Otak kita membutuhkan istirahat agar fungsi dari otak itu bisa tetap optimal.

Istirahat yang cukup akan dapat menjaga kesehatan dari otak kita, selain itu istirahat juga akan menjauhkan kita dari rasa lelah dan juga setres. Kedua hal inilah yang akan menjadi penyebab kita mengalami kesulitan ketika menghapal

Demikianlah pembahasan dari cara cepat dalam menghapal yang perlu kita ketahui, semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam kegiatan harian yang kita kerjakan.