Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 bahaya kurang tidur yang perlu kita ketahui dan kita waspadai

13 bahaya kurang tidur yang perlu kita ketahui dan kita waspadai
Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-pria-tidur-3771069/


13 bahaya kurang tidur yang perlu kita ketahui dan kita waspadai

Kurang tidur – normalnya orang dewasa memerlukan jam tidur sebanyak tujuh hingga 8 jam setiap harinya. Dengan waktu tidur yang cukup dan juga berkualitas akan mampu membuat kita lebih siap dan juga segar untuk beraktivitas. Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, mungkin karena aktivitas kerja maupun aktivitas sosialnya.  Lalu apa sih efek samping kurang tidur bagi kesehatan tubuh kita ?

Pengaruh kurang tidur bagi kesehatan

Menurut dr. raghu reddy ( sleep medicine university of arkansas ) menjelaskan bahwa waktu tidur yang hilang selama 5 jam setiap minggunya dapat terganti dengan istirahat di akhir pekan.  Tapi jika waktu tidur yang hilang hingga 20 jam, akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga emosional kita.

Di bawah ini adalah efek samping dari kurang tidur yang mungkin terjadi pada tubuh kita antara lain :

1. Gangguan jantung

Bagi orang – orang yang terbiasa tidur larut akan sangat beresiko terhadap penyakit yang satu ini. kurang tidur akan menyebabkan penurunan metabolisme dan akan dapat meningkatkan tekanan darah kita. hal ini akan berimbas kepadaa kerja jantung yang akan terganggu.

2. Tekanan darah tinggi

Salah satu efek negatif dari kurang tidur adalah meningkatnya tekanan darah sistolik yang akan mengganggu kegiatan harian kita. hal inilah yang akan menjadi pemicu terjadinya tekanan darah tinggi

3. Kemampuan otak yang terganggu

Jika kita mengalami kurang tidur dalam waktu yang lama akan dapat mengganggu kemampuan berpikir kita dan kemampuan untuk menerima suatu  informasi, hal ini akan mengakibatkan terganggunya fokus seseorang ketika melakukan aktivitas.

4. Stroke

Efek negatif dari kurang tidur berikutnya adalah kemungkinan kita untuk terkena stroke. jika kita mengalami kurang tidur akan berimbas kepada performa jantung yang akan menurun. Dengan penurunan performa jantung ini, akan menghambat aliran darah menuju otak sehingga memicu terjadinya stroke.

5. Depresi

Neurotransmiter akan menurunkan apabila kita mengalami kekurangan waktu tidur. Suasana hati akan terpengaruh oleh kebiasaan kita kurang tidur yang akan menimbulkan munculnya depresi. Selain itu kurang tidur juga akan meningkatkan perasaan cemas kita.

6. Diabetes

Efek yang satu ini sering kali kita kesampingkan. Kurang tidur akan memicu respon stress tubuh yang akan berimbas kepada lepasnya hormon kortisol dan juga norepenepherine. Keadaan inilah yang akan mempengaruhihormon yang mengontrol nafsu makan kita.

7. Pola makan yang berubah

Seperti yang kita ketahui kurang tidur sangat mempengaruhi nafsu makan. Kurang tidur akan memacu terjadinya penurunan leptin yaitu sinyal – sinyal rasa kenyang ke otak kita dan akan meningkatkan ghrelin yaitu hormon yang akan merangsang nafsu makan kita. hal inilah yang akan mengakibatkan pola makan kita yang tidak teratur sehingga akan memungkinkaan meningkatnya risiko terjadinya penyakit lain

8. Kanker payudara

Hormon melatonin yang merupakan hormon anti kanker akan mengalami penurunan ketika kita kurang tidur. Kurang tidur akan dapat meningkatkan kadar dari hormon estrogen yang akan menjadi pemicu terjadinya kanker payudara.

9. Berat badan yang akan naik

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa bagi orang – orang yang mengalami kurang tidur setiap harinya, akan lebih cenderung untuk mengalami kegemukan dibandingkan dengan orang – orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

Hal ini bisa terjadi karena ketika kita mengalami kurang tidur akan meningkatkan nafsu makan dan rasa lapar. Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, sangat tidak disarangkan untuk mengalami kurang tidur.

10. Kulit kita akan terlihat lebih tua

Efek lain dari kurang tudur adalah kulit akan menjadi lebih tua dari seharusnya. Hal ini bisa terjadi karena hormon kortisol akan mengalami pelepasan yang lebih banyak saat kita begadang. Hormon  ini akan memecah kolagen yang berfungsi sebagai penghalus dan elastis pada kulit. 

Selain itu kurang tidur juga akan menyebabkan mata menjadi bengkak dan kulit akan menjadi lebih pucat. Apabila kebiasaan kurang tidur ini berlanjut akan berimbas kepada munculnya garis penuaan pada wajah kita dan kulit kita pun akan terlihat lebih kusam.

Mata panda juga akan terjadi pada orang – orang yang mengalami masalah kurang tidur. Mata panda ini merupakan lingkaran yang gelap pada areal mata yang terjadi karena pelebaran pembuluh darah di balik kulit mata

11. Performa seks yang menurun

Seperti yang kita ketahui hasrat seksual akan sangat menurun bagi kita yang mengalami kurang tidur. Hal ini bisa terjadi karena  rasa lelah, ngantuk, dan juga rasa setres yang timbul karena kurang tidur.

12. Mudah sakit

Sistem kekebalan tubuh kita akan menghasilkan protein sitokin. Sitokin ini sangatlah kita butuhkan karena akan melawan terjadinya infeksi, radang, dan juga setres. Ketika kita mengalami kurang tidur juga akan berimbas kepada berkurangnya produksi dari sitokin

Kurang tidur akan mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh, hal ini tentu akan berimbas kepada kekuatan kekebalan tubuh di dalam melawan infeksi dan  juga kecepatan pada proses kesembuhan.

13. Mudah lupa 

Akibat dari jika kita mengalami kurang tidur adalah munculnya rasa kantuk, kondisi ini merupakan salah satu penyebab orang orang mudah menjadi lupa. Jika kebiasaan kurang tidur ini terus kita lakukan akan berimbas kepada melemahnya daya ingat kita terhadap sesuatu.

Demikianlah pembahasan dari efek samping dari kurang tidur, semoga saja artikel ini bisa membantu dan memicu kita untuk bisa hidup lebih sehat lagi.